Bandros City Tour

Bandros City Tour adalah salah satu moda transportasi yang digunakan untuk berkeliling Kota Bandung. Kita tahulah, Bandung merupakan salah satu kota tujuan wisata yang destinasi wisatanya tidak kalah menarik dengan Jogja atau kota-kota besar lainnya. Bandung kemudian menjadi salah satu tujuan wisata baik lokal maupun mancanegara.

Sayangnya, problem kota-kota besar seperti kemacetan juga tidak bisa dielakkan di sini. Karena itu, banyak yang kemudian mengurungkan niat untuk berkeliling Bandung. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Pemerintah Kota Bandung mencoba untuk menyelesaikan permasalahan kemacetan dengan meluncurkan kendaraan bus berdesain unik untuk bisa digunakan berkeliling Bandung.

Mobil tersebut disebut dengan BANDROS (Bandung Tour On Bus). Bus ini diberi tema art deco dengan cat berbagai warna agar tampak lebih menarik. Siapapun bisa menaiki BANDROS dengan membayar Rp 10-15 ribu untuk satu orang dalam sekali perjalanan atau Rp 25-50 ribu per orang untuk perjalanan sepuasnya. Untuk waktunya, BANDROS ini beroperasi mulai pukul 08.00-16.00 WIB.

Rute dan Warna-warni BANDROS

Bandros Bandung

Agar nampak lebih menarik, pemerintah mengeluarkan BANDROS dengan berbagai warna. Selain untuk memudahkan rute tujuan warna-warni BANDROS ini juga agar nampak lebih menarik. Lalu apa saja rute yang disediakan oleh Bandros City Tour ini?

Untuk BANDROS warna biru, beroperasi untuk melayani berbagai lokasi diantaranya Alun-alun Bandung, Cibaduyut dan Alun-alun Regol. Selain itu, rute lainnya yakni Taman Leuwi Panjang, Museum Sri Baduga, dan Kawasan Buah Batu.

Lihat juga Situ Cileunca Pangalengan Bandung

Untuk BANDROS warna kuning menyediakan bus untuk melayani berbagai rute diantaranya  Lapangan Gasibu, Taman Superhero, dan Taman Cibeunying. Selain itu juga melewati rute Taman Foto gedung Merdeka, Alun-alun bandung dan Braga.

Untuk Warna Ungu, melayani tour Gasibu, Taman Cikapayang, alun-alun, Ujung Berung serta Museum Geologi dan Pusdai. Dan untuk BANDROS warna Hijau, rute yang dilalui yakni Chinatown, Alun-alun Cicenda, Karang Setra, UPI, Pasar Kaliki, dan Gor Padjajaran.

BANDROS untuk warna Pink akan melalui rute Gasibu, Taman Pasupati, Teras Cikpayang dan hingga Taman Budaya. Terakhir untuk BANDROS warna hitam spesial untuk tamu VIP yang datang ke kota Bandung.

Jika Anda datang ke Bandung dan hendak menikmati BANDROS, Anda bisa datang ke titik-titik tertentu atau Shelter Bandros seperti Alun-alun, Balai Kota (Taman Dewi Sartika), Gasibu, serta Gedung Sate.

Selain dimanjakan dengan adanya BANDROS, wisatawan lokal maupun internasional yang hendak berkeliling Bandung, juga disediakan pemandu wisata yang akan menjelaskan sejarah Kota Bandung. Untuk satu rute Bandros, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan harga tiket Rp 10 ribu untuk single trip.

pembayaran BANDROS juga sangat mudah, yakni dengan pembayaran cash saat hendak menaiki bus. Namun meski demikian, sebaiknya Anda menyiapkan uang pas untuk menghindari kesulitan atau antrian pembayaran. Sementara itu, untuk multi trip atau sepuasnya Anda cukup bayar dua kali lipatnya yakni Rp 25-50 ribu saja. Harga tiket tersebut merupakan harga tiket terbaru. Sebelumnya harga tiket untuk single trip sebesar Rp 20 ribu dan untuk untuk multitrip yakni Rp 40 ribu.

Jam Operasi BANDROS City Tour

Bus Bandros Bandung

Seluruh rute Bandros akan beroperasi setiap hari mulai pukul 08.00WIB hingga 16.00 WIB dengan total armada sekitar 10-12 BANDROS. Sayangnya night trip disini belum berlaku jadi wisatawan masih belum bisa menikmati Kota Bandung di malam hari dengan menggunakan BANDROS City Tour.

Selain BANDROS, pemerintah kota Bandung juga sekaligus meresmikan Bike On The Street Everybody Happy (Boseh). Dua transportasi untuk berkeliling kota Bandung ini diciptakan untuk mengajak wisatawan agar tidak menggunakan motor atau mobil sehingga bisa mengurangi kemacetan Bandung.

Bus ini merupakan salah satu program wisata di masa pemerintahan Ridwan Kamil yang diresmikan pada tahun 2014. Penyediaan BANDROS sendiri merupakan salah satu program Corporate Social responsibility (CSR) dari Telkomsel. Namun saat ini bus BANDROS disediakan dengan menggunakan dana APBD kota Bandung senilai Rp12,4 milyar.

Untuk pengelolaannya sendiri saat ini berada dibawah Dinas Perhubungan Kota Bandung. Namun kedepannya proses lelang tersebut yang akan menentukan pihak mana yang berhak untuk mengelola BANDROS secara profesional.

Informasi Bus BANDROS City Tour

Jika informasi yang kami tulis di atas masih kurang cukup, atau Anda hendak memastikan lebih detail. Anda bisa mendapatkan informasi tersebut dengan menghubungi contact center Bus BANDROS di nomor 0899 022 3030 dan 0899 022 3131. Mudah kan?

Atau, Anda juga bisa langsung menghubunginya melalui Whatsapp, SMS atau telepon langsung. Anda juga bisa menanyakan atau mengetahui tau memesan tiket langsung melalui nomor tersebut.Sementara itu, untuk alamat kantor reservasi untuk perorangan atau kelompok, Anda bisa datang langsung ke Jalan Indramayu nomor 66, Antapani Bandung. Bisa juga menghubungi nomornya di  022 – 721 3805 atau 0877 3608 1998.

Nampaknya BANDROS City Tour ini memang menarik banyak wisatawan. Dengan adanya BANDROS Anda bisa membawa anak-anak atau berwisata dengan kerabat atau teman terdekat dengan menikmati kota Bandung. Simple, unik, dan tentunya instagrammable. Selain anak-anak yang dimanjakan, BANDROS juga sangat dinikmati oleh mereka para remaja Bandung, termasuk anak-anak sekolahan.

Lihat juga Goa Pawon Bandung

Bus BANDROS memang dirancang dengan konsep terbuka. hal ini bertujuan agar wisatawan bisa lebih menikmati pemandangan kota Bandung dari dalam bus. Jadi bus BANDROS city tour ini memang sudah dirancang sedemikian rupa untuk membuat wisatawan nyaman dan menikmati berwisata di kota Bandung.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *