Bukit Senyum Bandung

Pesona Bukit Senyum Tempat Wisata Alam Baru di Bandung

Bukit senyum atau senyum hills adalah area perkebunan warga yang dimanfaatkan sebagai tempat wisata. Wisata alam tersebut menyajikan wisata alam pegunungan dengan view yang cukup eksotis. Selain itu pengunjung juga dapat merasakan sensasi serasa berada di puncak dunia.

Lokasi Bukit Senyum

senyum hills berlokasi di Ganjarsari, Cikalong Wetan, Ganjarsari, Kec Cikalong Wetan, Kab Bandung. Lokasi tersebut sangat terpencil dan tersembunyi. Karena itulah senyum hills mendapat julukan sebagai surga tersembunyi di Bandung. Kompleks wisata tersebut adalah hutan pinus yang menyediakan berbagai macam fasilitas dan wahana tempat wisata pada umumnya.

Untuk menuju ke destinasi, sebaiknya hindari penggunaan alat transportasi umum. Karena dengan lokasi yang sangat tersembunyi akan membuat jalur perjalanan menjadi lebih lama dan sulit untuk menemukan angkot pulang atau pergi.

Lihat juga Kampung Dago Pojok Bandung

Rute jalan menuju ke destinasi dapat memanfaatkan Google map. Selain itu juga dapat mengikuti petunjuk jalan ataupun petunjuk arah dari warga sekitar.

Harga Tiket Masuk Bukit Senyum

Lokasi Bukit Senyum

Tarif kontribusi tiket masuk senyum hills sebesar 10.000 IDR per orang. Sedangkan untuk tarif parkir motor sebesar 3.000 IDR. Sementara untuk tarif parkir mobil sebesar 5.000 IDR.

Waktu operasional dari senyum hills selama 24 jam. Pada siang hari, pengunjung dapat mengeksplorasi setiap sudut bukit yang sangat eksotis. Sedangkan pada malam hari, dimanfaatkan untuk camping.

Asal Mula Bukit Senyum

Tempat wisata ini merupakan tempat wisata terbaru di Bandung. Pertama kali senyum hills diresmikan pada 19 April 2017.

Mulanya area yang menjadi lokasi senyum hills merupakan perkebunan kopi jenis arabika. Pengelola dari perkebunan kopi adalah penduduk setempat yang berprofesi sebagai petani. Para petani tersebut bergabung dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan.

Sayangnya hasil panen dari perkebunan tersebut kurang produktif. Faktor utamanya adalah tumbuhan kopi tidak mendapat sinar matahari cukup. Sebab di area perkebunan tersebut dipenuhi dengan pepohonan pinus yang menjadi penghalang utama sinar matahari.

Dengan hasil panen yang minim, penduduk pun juga menuntut kesejahteraan ekonomi yang lebih layak. Kemudian area perkebunan kopi pun dialih fungsikan sebagai tempat wisata alam yang bernama senyum hills.

Walaupun area tersebut merupakan bekas perkebunan kopi, jadi sering dijumpai berbagai tumbuhan kopi yang telah layu yang. Sejak dialih fungsikan sebagai tempat wisata, tumbuhan kopi di area tersebut sama sekali tidak dijaga dan diperhatikan. Karena itulah lama – lama tumbuhan kopi layu dan hanya terlihat beberapa batang kopi kering yang berserakan di tanah.

Fasilitas di Bukit Senyum

Tiket Masuk Bukit Senyum

Walaupun hanya sekitar ±2 tahun beroperasi, fasilitas yang tersedia di bukit senyum cukup memadai. Dengan fasilitas tersebut dapat membuat para pengunjung menjadi lebih nyaman dan leluasa untuk beraktivitas. Fasilitas yang tersedia di senyum hills antara lain sebagai berikut ini :

  1. Gardu pandang

Spot utama di senyum hills adalah gardu pandang. Di tempat wisata tersebut tersedia beberapa gardu pandang dengan berbagai macam bentuk. Di gardu pandang tersebut, pengunjung dapat menyaksikan hamparan pegunungan yang sangat luas. Selain itu juga dapat dijadikan sebagai spot foto yang eksotis.

  1. Hutan pinus

Hutan pinus juga menjadi spot sekaligus sebagai hal utama dalam senyum hills. Di tempat tersebut terdapat ribuan pohon pinus yang menjulang tinggi. Dengan adanya pohon pinus area tersebut menjadi sangat asri dan sejuk. Selain itu dapat juga dijadikan sebagai spot foto dengan background hutan.

Di pohon pinus juga tersedia berbagai macam hammock atau tempat tidur gantung. Hammock pun dapat dimanfaatkan untuk bersantai ataupun tiduran. Bahkan dapat juga dijadikan sebagai tempat camping di senyum hills bagi yang tidak membawa perlengkapan perkemahan.

Ada hal yang perlu diwaspadai ketika sedang berbaring di hammock. Hal tersebut adalah resiko hujan. Sebagai area pegunungan, senyum hills mempunyai curah hujan yang cukup tinggi.

  1. Area perkebunan teh

Sebagai tempat wisata yang masih berada di dalam satu kompleks dengan tanah priangan, senyum hills juga terdapat perkebunan teh. Hamparan perkebunan teh yang cukup luas menjadi spot foto yang eksotis.

View yang cukup bagus dalam menikmati pemandangan perkebunan teh adalah di gardu pandang. Hamparan kebun teh yang cukup luas menjadi landscape yang menarik ketika hunting foto di atas gardu pandang.

  1. Wahana outbound

Di senyum hills juga tersedia aneka macam wahana outbound yang cukup menarik. Wahana tersebut mempunyai tingkat keamanan yang tinggi, jadi tidak berbahaya. Jenis wahana outbound yang tersedia meliputi flying fox, archery war battle, paintball dan lain – lain.

Dengan adanya wahana outbound, pengunjung pun tidak akan merasa bosan dan suasana liburan di senyum hills terasa menyenangkan.

  1. Camping area

Senyum hills juga dapat dijadikan sebagai area perkemahan. Suasana bukit yang dipenuhi dengan jajaran hutan pinus, akan melengkapi suasana camping. Selain itu, juga dapat menjadi lebih dekat dengan alam. Selain itu, batang dari pohon pinus yang berjatuhan dapat dijadikan untuk pembuatan api unggun.

  1. Fasilitas umum

Di area senyum hills telah tersedia beberapa fasilitas pendukung yang berupa fasilitas umum seperti toilet dan musollah. Hal itu merupakan fasilitas umum sebagai penunjang untuk tempat wisata. Sehingga pengunjung pun merasa cukup nyaman dan lebih leluasa. Khususnya bagi muslim yang hendak beribadah.

  1. Warung makan

Tempat wisata senyum hills juga terdapat beberapa warung makan kecil dan gazebo sebagai tempat makan. Walaupun sangat sederhana dan menyediakan menu seadanya, dapat membantu pengunjung untuk mengurangi rasa lapar. Gazebonya sangat unik dan sederhana, menyerupai rumah gubug.

Lihat juga Forest Walk Babakan Siliwangi

Itulah fasilitas dan sekaligus pesona dari bukit senyum. Kabarnya, tempat wisata tersebut juga akan lebih dikembangkan dengan beberapa spot foto kekinian.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *