Bumi Perkemahan Ranca Upas Bandung, Tempat Camping Yang Seru

Bandung merupakan salah satu destinasi yang cocok bagi wisatawan yang menyukai kegiatan outdoor. Salah satu tempat camping favorit di Bandung adalah Bumi Perkemahan Ranca Upas Bandung. Wisatawan dapat merasakan sensasi alam bebas yang sangat sejuk dan menyenangkan.

Suhu di Bumi Perkemahan ini mencapai 18-23 derajat celcius. Karena lokasi dari tempat ini berada di ketinggian 1700 meter di atas permukaan laut. Sensasi dingin pastinya akan terasa ditempat ini, maka disarankan untuk membawa jaket.

Lokasi Bumi Perkemahan Ranca Upas Bandung

Lokasi perkemahan Ranca Upas Bandung ini berada di Jalan Raya Ciwidey-Patengan No.KM.11, Patengan, Rancabali, Bandung. Untuk masuk ke perkemahan, wisatawan harus membayar tiket yang terbilang sangat murah. Untuk tiket masuk, wisatawan cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 10.000/orang. Sedangkan untuk parkir kendaraan mobil adalah Rp. 5000 dan motor Rp. 2.000.

Ranca Upas selalu menjadi pilihan terbaik untuk dijadikan wisata alam dan camping. Hal ini disebabkan daya tarik yang ditawarkan oleh tempat wisata di Bandung Selatan ini sangat lengkap dan mengagumkan. Berikut alasan Ranca Upas menjadi tempat wisata alam favorit bagi wisatawan.

Alasan Bumi Perkemahan Ranca Upas Bandung Sangat Menarik

Banyak sekali alasan yang menjadi daya tarik wisata alam ini. Sehingga Ranca Upas menjadi tempat wisata yang sangat populer dan dikunjungi oleh banyak wisatawan. Khususnya ketika libur akhir pekan dan musim liburan. Berikut beberapa alasan mengapa Bumi Perkemahan Ranca Upas Bandung menjadi tempat yang asyik.

1. Keindahan Alam Yang Mempesona

Berada di ketinggian 1700 mdpl menjadikan keindahan alam di Bumi Perkemahan Ranca Upas Bandung tidak dapat diragukan lagi. Kawasan wisata ini memiliki udara yang sangat sejuk dengan keindahan alam yang sangat mempesona.

Ketika siang hari suhu udara di kawasan ini mencapai 16 hingga 19 derajat celcius. Dan ketika malam hari suhu terendah dapat mencapai di bawah 0 derajat. Sehingga Ranca Upas ini menjadi tempat wisata yang cocok dikunjungi oleh semua orang terutama mereka yang tinggal di kota.

2. Tempat Vegetasi Flora Dan Fauna Terbaik

Objek wisata ini masih termasuk dalam kawasan wisata hutan lindung di Bandung Selatan. Sehingga Ranca Upas menjadi pusat konservasi flora dan fauna langka. Di Ranca Upas banyak sekali tumbuhan yang tumbuh subur dan dijaga kelestariannya. Seperti huru, ki hujan, ki tambang, jamuju, puspa dan yang lainnya.

Lihat juga objek wisata alam lainnya: Bandung Treetop

Tidak hanya tanaman saja, di Bumi Perkemahan Ranca Upas Bandung juga dilestarikan berbagai jenis fauna langka. Seperti berbagai satwa burung, babi hutan, monyet hingga rusa.

3. Menjadi Tempat Wisata Anak Dan Keluarga Terbaik

Mencari tempat wisata anak dan keluarga di Bandung tidaklah sulit. Salah satunya adalah dengan mengunjungi Ranca Upas ini. Tempat ini menyuguhkan tempat hiburan dan rekreasi yang sangat menarik. Karena pengunjung dapat liburan sekaligus relaksasi di tengah alam pegunungan yang sangat asri dan bebas polusi.

Selain memiliki alam yang indah, Bumi Perkemahan Ranca Upas juga menawarkan berbagai macam fasilitas hingga akomodasi. Sehingga akan menambah kenyamanan wisatawan yang mengunjungi tempat ini.

Fasilitas Ranca Upas Bandung

Bumi Perkemahan Ranca Upas Bandung merupakan salah satu rekomendasi tempat wisata anak dan keluarga yang wajib untuk dikunjungi. Bagaimana tidak, tempat wisata alam ini dibuat dengan konsep yang sangat mengagumkan. Dimana dalam pengelolaannya sudah dilengkapi dengan adanya berbagai macam fasilitas hingga akomodasi wisata yang memanjakan wisatawan. Berikut ini beberapa fasilitas yang ditawarkan di Ranca Upas Bandung:

1. Ranca Upas Smart Camp Adventure

Saat ini banyak sekali tempat wisata camping yang dapat ditemui dengan mudah, dan salah satu yang populer adalah yang berada di Ciwidey. Ranca Upas Smart Camp Adventure merupakan salah satu fasilitas yang ditawarkan oleh perkemahan Ranca Upas. Area camping yang disediakan sangat luas, bahkan dapat menampung pengunjung hingga 10.000 orang.

Area ini sering dijadikan sebagai lokasi kegiatan pramuka jambore tingkat nasional, kegiatan komunitas, kegiatan anak sekolah hingga acara kampus. Dan untuk berkemah di tempat ini, wisatawan tidak perlu membawa peralatan camping dari rumah. Karena di tempat camping sudah disediakan layanan sewa tenda dan perlengkapan lainnya.

2. Penangkaran Rusa Ranca Upas

Fasilitas wisata lain yang ada di Bumi Perkemahan Ranca Upas Bandung adalah penangkaran rusa. Di tempat ini wisatawan dapat menyaksikan rusa dari dekat. Tidak hanya itu, wisatawan juga dapat berinteraksi secara langsung dengan rusa yaitu dengan turun langsung ke habitat hidupnya.

Jumlah rusa yang ditangkarkan di Ranca Upas mencapai ratusan. Dan dibiarkan hidup secara bebas serta berkembang biak secara alami di habitatnya. Wisatawan dapat memberi makan kepada rusa-rusa yang ada hingga mengusap bulu rusa dan berfoto. Sehingga akan menjadi pengalaman yang sangat menarik untuk anak dan keluarga.

3. Waterboom Ranca Upas

Di Bumi Perkemahan Ranca Upas tidak hanya menawarkan keindahan alam yang asri saja, melainkan terdapat pula wahana permainan waterboom yang terkenal. Wisatawan dapat bermain air dan mencoba beberapa wahana waterboom lainnya. Seperti ember tumpah, slidding dan permainan air lainnya.

Permainan air yang seru bisa didapatkan juga di: Curug Maribaya Bandung

4. Pemandian Air Panas Di Kampung Cai Ranca Upas

Jika berkunjung ke Ranca Upas, pastikan untuk tidak melewatkan pemandian air panas yang sangat terkenal di kawasan ini. Pemandian air panas di Kampung Cai sangat menarik dan seruk. Karena berada di tengah kawasan wisata alam dataran tinggi pegunungan. Sehingga suasana asri dan hawa dingin akan menambah sensasi yang luar biasa.

5. Fun Adventure, Games Dan Outbound

Di kawasan wisata alam Ranca Upas terdapat fasilitas wisata adventure dan outbound yang sangat menarik dan lengkap. Berbagai jenis permainan ada di kawasan ini. Seperti Flying Fox, Burma V, Jembatan Goyang, jembatan Elvis Bridge, permainan perang-perangan Paintbal, sepeda gunung, Archery War dan lain sebagainya.

Oleh-Oleh Khas Ranca Upas Yang Ditawarkan

Tidak hanya menawarkan wisata alam dan fasilitas yang sangat mengagumkan. Bumi Perkemahan Ranca Upas Bandung juga menawarkan oleh-oleh khas Ranca Upas yang sangat beragam. Berikut beberapa oleh-oleh khas Ranca Upas yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan:

1. Dodol Strawberry

Di dekat tempat wisata terdapat kawasan pertanian kebun strawberry yang dikelola oleh warga sekitar. Tidak hanya dijual saja, petani mengolah strawberry tersebut menjadi makanan khas yang enak yaitu dodol strawberry. Biasanya makanan ini dijual secara berkeliling maupun di kios oleh-oleh.

2. Bandrek Dan Bajigur

Selain dodol strawberry, di Ciwidey juga menjual minuman khas yang enak dan menghangatkan yaitu bandrek dan bajigur. Minuman ini biasanya dijual dalam kemasan botol. Harga yang ditawarkan sangat bervariasi, yaitu mulai dari Rp. 10.000 hingga Rp. 25.000 saja.

3. Kerupuk Anclom

Kerupuk anclom merupakan kerupuk khas Ciwidey yang berwarna kuning. Untuk kerupuk ini tidak digoreng menggunakan minyak namun menggunakan pasir. Kerupuk anclom memiliki rasa terasi atau bawang putih. Untuk menikmatinya, wisatawan dapat memasukkan kerupuk anclom ke dalam air cabe merah dan daun bawang.

Itulah beberapa alasan mengapa Bumi Perkemahan Ranca Upas Bandung selalu ramai oleh pengunjung. Jika mengunjungi tempat wisata ini pastikan untuk mengenakan jaket, terutama di malam hari. Karena suhu di kawasan dapat mencapai 0 derajat celcius. Dan pastikan membawa beberapa pakaian ganti. Menarik kan? Jangan lupa juga yang kunjungi destinasi lainnya, lebih mudah dengan paket wisata 4 hari 3 malam yang dimiliki tourbandung.id.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *