Pemandangan Caringin Tilu

Kawasan Wisata Caringin Tilu Bandung

Kawasan wisata Caringin Tilu adalah salah satu tempat wisata yang berada di lantai dua Bandung. Lantai dua? Lokasinya yang berada di daerah atas kota Bandung, dimana kamu harus naik seperti tangga yang cukup tinggi. Sehingga sangat cocok disebut sebagai lantai duanya Bandung.

Sama seperti bukit bintang atau puncak Pengger di Yogyakarta, kamu bisa melihat indahnya kota Bandung, baik di siang hari maupun malam hari. Namun, kebanyakan wisatawan berkunjung pada malam hari. Karena indahnya lampu kota Bandung tercipta seperti bintang-bintang yang bertaburan di langit.

Caftil adalah sebutan pendek untuk Caringin Tilu. Sedangkan nama Caringin Tilu sendiri diambil dari bahasa Sunda, yang berarti Tiga Beringin. Terdapat tiga pohon beringin di sekitar tempat wisata, yang sekaligus menjadi ciri dari objek wisata ini.

Sebagai tempat wisata yang tergolong baru dan belum banyak diketahui masyarakat luas, tempat ini masih sangat asri. Namun, jangan khawatir, sudah banyak spot foto kekinian yang sengaja dibuat untuk latar foto pengunjung. Sehingga, tidak hanya pemandangan pegunungan dan riuhnya kota Bandung, kamu juga bersantai di pendopo yang telah disediakan, atau hanya duduk santai sambil menyantap makanan yang ada di warung sekitar lokasi.

Lihat juga Curug Batu Templek Bandung

Yang masih sangat hangat dan baru di bangun adalah Bukit Saung Bambu. Penginapan serta cafe ini sengaja dibuat menggunakan bahan bangunan bambu, agar lebih berkesan sunda nya. Disini, kamu juga bisa menikmati pemandangan menakjubkan kota Bandung di malam hari sama seperti di kawasan Caringin Tilu. Fasilitas yang tersedia juga cukup menarik, selain cafe dengan makanan lezatnya, terdapat juga ruang baca dengan berbagai jenis buku.

Lokasi Kawasan Wisata Caringin Tilu

Caringin Tilu Bandung

Tempat wisata ini bisa dibilang sangat dekat dengan kota Bandung. Hanya berjarak kurang lebih 9 KM dari pusat kota, dan dapat ditempuh dalam waktu satu jam saja (jika jalanan lancar). Alamat Cartil yaitu di jalan Terusan Padasuka, kampung Cisayur, Desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Bandung bagian Timur. Lokasi sangat mudah di temukan di google map.

Kamu bisa datang kapan saja di tempat wisata ini, karena buka 24 jam. Namun, waktu yang paling cocok untuk datang adalah di malam hari. Terutama ketika malam pergantian tahun. Banyak dari masyarakat yang berbondong-bondong datang di malam tahun baru. Kamu harus datang lebih awal, karena sudah dipastikan akan terjadi kepadatan kendaraan dan macet.

Rute Menuju Kawasan Wisata Caringin Tilu

Karena jaraknya yang tidak jauh dari kota Bandung, banyak jalan menuju kawasan ini. Kamu bisa melalui terminal Cicaheum Kota Bandung menuju jalan Padasuka, atau dari terminal langsung saja belok kiri dan ikuti jalan Padasuka. Kamu bakal menemukan jalan yang berkelok dan menanjak yang yang dikelilingi pemandangan mengademkan mata.

Jika kamu berangkat dari stasiun kota Bandung, ambil arah jalan Aceh yang kemudian belok menuju jalan Lombok hingga bertemu jalan Citarum. Dari Citarum menuju jalan Surapati hingga bertemu jalan PH.H Mustofa dan belok ke jalan Padasuka. Ikuti saja jalan tersebut hingga bertemu deretan warung Cartil.

Warung yang biasanya ramai dikunjungi pengunjung adalah Dapur Caringin Tilu. Lokasinya luas cocok untuk nongkrong dan berkumpul dengan teman-teman. Selain itu, dekorasi cafe juga tidak membosankan. Namun, jika kamu hanya sekedar ingin menikmati malam romantis bersama pasangan, kamu bisa mencoba warung lain yang lebih cocok di kantong kamu.

Harga Tiket Kawasan Wisata Caringin Tilu

Kuliner Caringin Tilu

Baik wisata malam atau siang, kawasan ini bebas tiket masuk. Kamu hanya butuh duduk dan membeli makanan di warung yang kamu singgahi. Seperti tempat wisata lain, kamu tetap akan dikenakan biaya parkir seperti umumnya.

Banyak warung di sekitar Caringin Tilu, jika kamu pergi bersama rombongan, pilih warung yang memiliki parkir luas dan spot yang tepat dapat melihat pemandangan gemerlap lampu kota Bandung. Lokasi yang cukup dapat semua view kota Bandung berada di bagian agak keatas Cartil.

Fasilitas di Kawasan Wisata Caringin Tilu

Cartil memang sudah menjadi tempat wisata sejak dulu, namun baru terkenal akhir-akhir ini. Salah satunya yaitu Musisi Darso yang turut andil dalam memperkenalkan kawasan ini. Ia pernah berkunjung dan mengabadikan momen keindahan dan eksotisnya malam di Caringin Tilu.

Fasilitas di sekitar kawasan wisata Caringin Tilu semakin berkembang dan menjadi kekinian. Banyak cafe, restoran, warung makan yang semakin dipadati pengunjung. Bahkan saat ini sudah banyak dibangun penginapan yang recommended untuk kalian, tentunya dengan harga yang terjangkau.

Salah-satunya penginapan Bukit Saung Bambu yang telah di ulas diawal tulisan. Lokasinya tidak jauh dari kawasan wisata Cartil, kurang lebih 5 KM ke atas komplek wisawa. Di Bukit Saung Bambu ini kamu bisa menikmati makanan tradisional dan makanan khas kota Bandung. Tidak hanya cocok untuk wisatawan luar Bandung, wisatawan lokal juga banyak yang tertarik untuk datang di penginapan dengan gaya baru ini.

Kawasan Wisata Caringin Tilu merupakan salah satu tempat wisata malam Bandung yang cukup ramai dikunjungi, terutama para remaja. Dengan adanya wisata malam, kota Kembang ini sering kali dijuluki sebagai kota tak pernah tidur.

Lihat juga Curug Cinulang Bandung

Selain Caringin Tilu, terdapat beberapa tempat wisata yang sudah terkenal lebih dahulu. Seperti bukit Moko, Puncak Bintang, dan Warung Daweung. Semua tempat wisata tersebut berada di jalan Padasuka. Jadi, kamu bisa berkunjung ke beberapa tempat dalam sekali jalan. Jangan lupa membawa jas hujan jika pergi di musim hujan, dan tetap berhati-hati dijalan. Sebagian besar jalan Padasuka berkelok-kelok dan menanjak.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *