Curug Bellasora

Lokasi, Harga Tiket Masuk ke Curug Bellarosa Bandung

Curug Bellarosa adalah salah satu curug yang ada di Bandung. Seperti telah diketahui bahwa Jawa Barat terkenal memiliki banyak curug. Hampir disetiap daerahnya bisa kita temui berbagai macam curug dengan keindahannya masing-masing. Curug yang berada di Bandung Barat ini semakin menambah keberagaman curug yang ada di Jawa Barat.

Curug Bellarosa menjadi curug yang baru terkuak keindahannya. Curug ini berada di tengah hutan belantara sehingga keberadaannya sempat tak dipedulikan. Namun semenjak kawasan itu dikelola oleh perhutani dan atas peran serta masyarakat, curug ini mulai dikenal khalayak umum.

Pada awalnya curug ini bernama curug keraton. Lalu untuk memberdayakan curug ini akhirnya namanya pun berubah menjadi curug Bellarosa. Selain itu berbagai fasilitas pun dibuat di curug ini. Tentunya agar membuat pengunjung nyaman saat berlibur ke curug ini. Keindahan alam dan kekuatan sosial media membuat nama curug ini semakin terkenal.

Lokasi Curug Bellarosa Bandung

Taman di Curug Bellasora

Lokasi curug ini terletak di jalan Maribaya Timur desa Suntenjaya, Cibodas, Lembang, Bandung Barat. Posisi curug ini dekat dengan kawasan wisata Kampung Pasir Angling. Bandung barat memang terkenal dengan berbagai macam objek wisata baru yang terus berkembang. Curug Bellarosa ini menjadi salah satu objek wisata yang sedang dikembangkan.

Lihat juga Wisata Tafso Barn Bandung

Curug ini bisa dikunjungi 24 jam setiap harinya. Jika ada yang ingin bermalam di sekitaran curug ini pun bisa. Karena fasilitas penunjang telah disiapkan oleh pihak pengelola curug. Sehingga pengunjung tidak perlu khawatir lagi.

Harga Tiket Masuk Curug Bellarosa

Untuk bisa menikmati keindahan curug ini dikenakan harga tiket masuk bagi setiap pengunjungnya. Harga yang dipatok untuk masuk objek wisata ini sebesar Rp. 5.000 per orang. Harga tersebut tentu belum termasuk dengan biaya parkirnya. Harga yang sangat terjangkau sekali bukan.

Dengan biaya semurah itu pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang terpampang nyata di curug ini. Selain itu di area curug ini juga pengunjung bisa menikmati berbagai macam fasilitas yang ada. Fasilitas penunjang yang tersedia semakin membuat nyaman pengunjung yang datang.

Fasilitas Curug Bellarosa

Curug Bellasora Bandung

Salah satu hal yang dilakukan Perhutani dalam mengelola curug ini adalah dengan menyediakan berbagai fasilitas pendukung. Fasilitas-fasilitas itu bertujuan untuk memberi kemudahan dan kenyamanan bagi pengunjung yang datang. Beberapa fasilitas tersebut antara lain :

  • Saung

Saung yang berada di curug ini sangat unik. Bentuknya menyerupai sebuah jamur. Maka tak heran siapapun yang melihatnya akan menyebutnya sebagai saung jamur.

Saung ini digunakan sebagai tempat istirahat bagi pengunjung yang kelelahan. Selain itu karena keunikan bentuknya ini pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang saung ini. Hasil fotonya tersebut tentu akan mempercantik tampilan sosial media pengunjung.

  • Area Pemancingan

Jika ada yang hobi memancing maka curug ini bisa dijadikan salah satu tujuan berkunjung. Hal ini karena di sekitaran curug dibangun area pemancingan. Sehingga bagi bapak-bapak yang ingin mengantarkan keluarganya liburan sambil bisa me-time. Maka tempat ini adalah pilihannya. Tentunya sangat jarang ditemui ada area pemancingan di sebuah curug bukan?.

  • Tempat Api Unggun

Api unggun menjadi salah satu hal yang pasti dilakukan saat bermalam di hutan. Di tempat ini disediakan tempat api unggun bagi pengunjung yang ingin menikmati malam di curug ini. Kesyahduan bisa langsung terasa, jilatan api yang bercahaya di atas tempat api unggun ditambah gemericik suara air terjun dan dinginnya malam yang menusuk kulit.

  • Warung Makanan dan Minuman

Tak lengkap rasanya jika suatu objek wisata tanpa warung-warung makanan dan minuman. Pengunjung yang lapar dan haus bisa memenuhi dahaganya sejenak di warung-warung ini. Warung yang tersedia merupakan warung-warung yang dikelola oleh masyarakat setempat. Ekonomi masyarakat sekitar pun terbantu dengan keberadaan curug ini.

  • Area Jungkat Jungkit

Fasilitas lain yang tersedia adalah area bermain jungkat jungkit. Area bermain ini bisa dipakai pengunjung yang mulai bosan bermain air. Namun enggan pergi meninggalkan keindahan alam yang tergambar jelas di depan mata mereka.

Keunggulan

Curug ini terkenal selain karena baru dipublikasikan juga karena memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki curug-curug lainnya di kawasan Bandung Barat. Curug ini merupakan sebuah curug berundak yang menjadi jalan air mengalir dari atas hingga ke bawah. Curug ini memiliki tinggi 5 meter dan masih belum terjamah.

Keasrian curug ini ditambah lagi dengan segarnya udara pegunungan di kaki gunung Bukit Tunggul ini. Serta yang tak kalah menakjubkannya adalah untuk sampai ke tempat ini pengunjung harus membelah hutan pinus yang menjulang tinggi. Letak curug ini memang berada di tengah hutan belantara. Sehingga terbayangkan betapa serunya perjalanan menuju tempat ini.

Selain itu berbagai fasilitas yang beda dari biasanya juga tersedia ditempat ini. Seperti keberadaan area memancing yang dekat dengan curug ataupun keunikan saung yang dibangunnya. Hal tersebut menjadi salah satu kelebihan curug ini daripada curug lainnya.

Curug Bellarosa menjadi tujuan wisata baru yang ada di Bandung Barat. Ketika musim liburan tiba curug ini juga menjadi salah satu objek wisata favorit yang dikunjungi. Letaknya yang berada di kawasan wisata Lembang merupakan keuntungan tersendiri. Karena menjadikan curug ini satu kesatuan tujuan wisata bagi para pengunjung.

Lihat juga Rafting Seru di Sungai Palayangan

Peningkatan sektor wisata di kawasan Bandung memang sedang gencar-gencarnya. Karena tak dipungkiri Bandung masih memiliki berbagai macam hal yang bisa di-explore untuk meningkatkan sektor pariwisata. Peningkatan sektor pariwisata ini tentunya juga akan ikut serta meningkatkan sektor ekonomi masyarakat sekitar.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *