Curug Citambur Bandung, Asal Usul, Harga Tiket Dan Lokasi Objek Wisata

Mendengar kata ‘curug’ mungkin yang terlintas dipikiran banyak orang adalah berhubungan dengan Bandung. Dikarenakan di Bandung, air terjun lebih banyak dinamai dengan curug. Salah satunya adalah Curug Citambur Bandung. Air terjun ini mulai dikenal oleh banyak orang dikarenakan terkenal akan asal usul dan keindahannya.

Penasaran seperti apa kira-kira Curug Citambur Bandung, dan bagaimana sebenarnya fakta-fakta dari Curug Citambur Bandung? Mari simak ulasan berikut:

Asal Usul Nama Curug Citambur Bandung

Mengenai asal usul nama curug ini, banyak orang yang menghubungkan dengan adanya cerita rakyat yang berkembang di masyarakat. Adalah sebuah kerajaan yang bernama Tanjung Anginan. Berlokasikan di Pasirkuda atau sekarang ini lebih dikenal sebagai Desa Simpang. Kerajaan tersebut dipimpin oleh seorang raja bernama Prabu Tanjung Anginan.

Lihat juga wisata bukit moko bandung yang indah

Raja tersebut seringkali mandi dan melakukan ritual pertapaan di Curug Citambur tersebut. Pada saat sang raja mandi, Para pengawalnya biasa mengiringi ritual sang raja dengan memainkan alat musik yang dinamakan tambur. Bunyi permainan alat music tambur tersebut kadang sampai terdengar di seluruh desa. Oleh karenanya, hal itu membuat warga memberikan nama Curug Citambur sebagai nama air terjun tersebut.

Akan tetapi, ada satu anggapan lain yang mengatakan kalau penamaan Curug Citambur Bandung ini ditimbulkan akibat bunyi dari air terjun tersebut.  Pada zaman dahulu, ketika curah air dari Curug ini begitu banyak, bunyi yang ditimbulkan semacam gendang yang sedang di tabuh.

Bunyi tersebut membuat para warga menamainya dengan Citambur. ‘Ci’ di sini berarti air sedangkan ‘tambur’ berarti alat musik yang serupa gendang tadi. Sehingga, bisa dikatakan, alat music tambur adalah alasan dibalik penamaan Curug Citambur Bandung.

Lokasi Dan Rute Ke Curug Citambur Bandung

Untuk lokasi, Curug satu ini berada di Cianjur Selatan. Lebih jelasnya berlokasikan di Desa Karangjaya, Kecamatan Pagelaran. Menuju ke Curug Citambur Bandung, para pengunjung bisa mengambil dua rute. Rute tersebut bisa melalui Kota Cianjur ataupun Ciwidey. Berikut penjelasan mengenai rute ke Curug Citambur Bandung:

1. Melalui Kota Cianjur

Pada rute yang pertama, para pengunjung yang melalui kota Cianjur mengambil jalan menuju ke perintis kemerdekaan, lalu belok kiri ke arah Cilaku. Setelah itu, melewati daerah Cibeber, Campaka, Sukanegara, hingga Pagelaran Sukanegara. Kemudian, belok ke arah kiri di Simpang Sinagar dan menempuh 40 menit jalanan kecil berbatu dan berbelok ke wilayah Pasir kuda.

2. Melalui Ciwidey

Pada rute yang kedua, rute bisa diambil dari arah Bandung ke Soreang lalu terus hingga ke daerah Pasir Jambu sampai ke Ciwidey. Setelah itu, tinggal mengambil rute ke arah Wisata Alam Situ Patengan. Akan tetapi, sebelum sampai ke wisata tersebut, akan ada pertigaan di dekat kantor Kecamatan Rancabali.

Pada pertigaan tersebut, beloklah ke arah kanan ke arah Perkebunan The Sinumbra. Dengan durasi sekitar satu setengah jam, akan ditemui Desa Karangjaya. Bila sudah sampai di Kantor Desa Karangjaya, maka sudah masuk ke pintu masuk Curug Citambur Bandung.

Bingung dengan rute menuju Curug Citambur Bandung? Tenang saja karena anda bisa sewa mobil atau bisa sewa bus untuk wisata rombongan menuju tempat ini. Jasa tour and travel di Bandung yang recommended yaitu hanya tourbandung.id yang melayani dengan sewa mobil plus driver.

Fakta-Fakta Unik Curug Citambur Bandung

Setelah mengetahui dan mengenal akan asal usul dan rute menuju ke Curug Citambur Bandung, maka tidak lengkap jika tidak mengetahui fakta unik dari Curug tersebut. Ada beberapa hal yang menjadi daya tarik dari Curug Citambur yang menjadikan para wisatawan penasaran sekaligus ingin berkunjung. Inilah beberapa faktanya:

1. Air Terjun Yang Begitu Tinggi

Dengan tinggi sekitar 100 hingga 120 meter, Curug Citambur ini menjadi salah satu Curug yang tinggi di Indonesia. Ketinggian tersebut membuat air terjun tersebut menjadi pilihan spot foto untuk para pengunjung.

2. Pemandangan Amat Hijau

Melihat pemandangan alam dengan nuansa hijau bisa menjadi salah satu pilihan untuk menyegarkan mata. Apalagi ditengah kesuntukan dengan pekerjaan maupun tugas. Maka, berwisata ke Curug Citambur Bandung ini bisa menjadi alternatif pilihannya.

Ketika para pengunjung sampai di lokasi air terjun ini, akan dibuat takjub dengan hamparan rumput hijau yang membentang bak permadani yang dibentangkan. Hampir keseluruhan pemandangan dari Curug ini adalah pemandangan hijau yang begitu asri.

3. Air Yang Jernih Dan Tidak Terlalu Dingin

Seringkali, ketika berkunjung ke wisata alam air terjun, terkendala dengan dinginnya air. Sehingga ketika para pengunjung mau bermain air, rasanya cukup enggan. Namun, di Curug Citambur Bandung, airnya begitu jernih, dan tentu saja tidak terlalu dingin. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk bermain air bersama para keluarga, kerabat maupun teman.

4. Debit Air Yang Cukup Banyak

Meskipun diketahui kalau air dari Curug Citambur Bandung ini jernih dan tidak dingin, namun debit air yang ada cukup banyak. Oleh karenanya, para pengunjung tidak dianjurkan untuk mandi. Terlebih di daerah tepat di bawah air terjun tersebut.

Dengan debit air yang banyak tersebut, para pengunjung masih bisa bermain-main air dan menikmati pemandangan alam di sekitaran yang begitu menakjubkan.

5. Wisata Tanpa Mahal

Berwisata alam tidak harusnya mahal. Hal itu juga yang ditawarkan oleh Curug Citambur Bandung. Untuk bisa masuk ke lokasi air terjun, para pengunjung hanya perlu membayar uang sebesar Rp. 3000. Sedangkan untuk pengendara sepeda motor, tarif parkirnya hanya sebesar Rp. 2000.

Lalu, untuk kendaraan roda empat seperti mobil, hanya perlu membayar Rp. 5000 saja. Sehingga bisa menghemat ongkos pengeluaran. Ditambah lagi, bisa menikmati keindahan alam sepuasnya tanpa batasan waktu.

Fasilitas Di Curug Citambur Bandung

Mengenai fasilitas yang ada di air terjun satu ini, jangan terlalu khawatir. Curug Citambur Bandung telah memiliki fasilitas yang cukup. Beberapa fasilitasnya yang sudah ada yaitu area parkir, musholla atau tempat sholat, toilet, juga warung yang menyediakan makanan dan minuman.

Dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut, para pengunjung akan lebih menikmati wisata alam tanpa perlu risau. Termasuk bila sudah tiba waktu untuk melakukan sholat, para pengunjung juga bisa singgah dan melakukan ibadah di musholla.

Apalagi, saat berwisata alam tidak jarang juga sering merasa lapar, maka mampir ke warung makanan dan minuman menjadi pilihan utamanya. Untuk masalah harga pun juga tidak perlu dikhawatirkan. Dikarenakan makanan dan minuman yang jual di Curug Citambur Bandung masih begitu terjangkau.

Tips Ketika Berkunjung Ke Curug Citambur Bandung

Berkunjung ke Curug Citambur Bandung, ada beberapa hal yang mesti disiapkan dan diperhatikan. Mengingat berwisata alam akan lebih nyaman bila pengunjungnya tahu akan hal-hal yang harus diperhatikan di tempat wisata tersebut.

1. Berhati-Hati Karena Jalanan Licin

Dikarenakan jalanan di lokasi air terjun hampir semuanya berupa hamparan rumput, maka perlu sekali untuk berhati-hati saat berjalan. Apalagi air terjun yang menyembur membuat jalanan pastinya akan menjadi lebih licin. Terutama juga pada saat musim penghujan.

2. Membawa Baju Ganti

Hal yang satu ini juga harus diperhatikan. Ketika berada di lokasi Curug Citambur Bandung, rasanya tidak mungkin jika baju tidak akan basah. baju pastinya akan basah terkena hempasan air yang turun dari air terjun. Ditambah lagi, jika para pengunjung memilih untuk bermain air, maka tentu saja perlu untuk membawa baju ganti.

3. Jangan Keluar Terlalu Malam

Hal terakhir yang mesti diperhatikan adalah agar meninggalkan lokasi wisata sebelum gelap datang. Mengingat penerangan yang ada di beberapa ruas jalan masih belum begitu layak, maka lebih baik untuk tidak pulang saat malam tiba.

Nah, fakta-fakta di atas adalah hal yang perlu diketahui mengenai Curug Citambur Bandung. Salah satu wisata alam yang mulai dikenal oleh masyarakat sekitarnya. Banyak keunikan dan keindahan yang bisa ditemukan. Gimana, anda tertarik? Atau ingin berkunjung ke objek lain di kota Bandung? Nah bagi yang ingin ke objek wisata di Bandung anda bisa menggunakan paket wisata yang dimiliki oleh tourbandung.id dengan salah satu paket wisata unggulannya paket wisata Bandung 5 hari 4 malam. Segera dapatkan fasilitas dan harga yang menarik dari paket ini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *