Curug Dago Bandung, Objek Wisata Air Terjun Yang Indah

Salah satu tempat wisata yang bernuansa alam di daerah  Bandung yang menarik serta wajib dikunjungi adalah curug dagi Bandung. Curug Dago Bandung merupakan objek wisata berupa air terjun yang wajib dikunjungi karena pemandangannya yang indah dan masih asri. Tempat tersebut sangat cocok sekali dikunjungi untuk merefresh pikiran, serta menghilangkan jenuh dari rutinitas pekerjaan yang membosankan yang bisa dikunjungi bareng dengan keluarga.

Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Curug Dago Bandung

Untuk menikmati indahnya kawasan Curug Dago tidak perlu mengeluarkan biaya alias tidak perlu bayar. Hanya saja cukup membayar untuk parkir kendaraan saja jika datang ke tempat ini menggunakan kendaraan pribadi.

Tempat ini pun mempunyai lahan parkir yang cukup luas sehingga bisa menampung kendaraan para pengunjung dalam jumlah yang sangat banyak. Lokasi ini di buka pada pukul 08.00 sampai dengan 17.00.

Lihat juga wisata bandung dago pakar yang indah dan mempesona

Curug Dago sendiri terletak di daerah Bukit Dago yang termasuk dalam kawasan Tahur Ir. H. Djuanda. Letaknyapun memang sedikit tersembunyi sehingga butuh sedikit perjuangan untuk bisa sampai di Curug Dago Bandung ini. Adapun lokasi lengkapnya yakni terletak di Desa Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Dari kota Bandung jarak yang ditempuh untuk bisa sampai ke lokasi ini kurang lebih sekitar 8 km.

Cara Menuju Curug Dago Bandung

Agar bisa mencapai ke lokasi dengan kendaraan pribadi, bisa melewati jalan di seberang terminal dago. Setelah itu akan bertemu degan jalan simpang 2, masuklah ke jalan sebelah kiri yang menurun kearah Curug Dago.

Jika menggunakan kendaraan umum, cara yang paling mudah adalah dengan naik angkot yang kemudian turun di terminal Dago. Selanjutnya pergilah keseberang Terminal, dan menyambung perjalanan dengan menggunakan ojek atau berjalan kaki hingga sampai ke lokasi.

Disarankan untuk datang ke objek wisata ini dengan sewa mobil di Bandung atau jika anda bersama rombongan bisa sewa bus. Jasa tour and travel yang sudah terpercaya dan terbaik yaitu tourbandung.id. Sewa mobil di jasa ini bisa dengan driver dan banyak pilihan mobil dengan harga bersaing.

Sejarah Curug Dago Bandung

Curug Dago Bandung ini tidak terlepas dengan sejarah kerajaan Thailand. Jejak sejarahnya pun dapat dilihat dari adanya prasasti batu kerajaan Thailand yang berasal dari abad ke 18. Prasasti batu tersebut bertuliskan nama raja yang diketahui bernama Raja Chulalongkom II (Rama V) yang berasal dari negara Thailand.

1. Berawal Pada Tahun 1896

Diceritakan bahwa Raja Rama V ini mengunjungi Curug Dago sekitar tahun 1896 silam. Kemudian beliau mengunjungi kembali tempat tersebut pada tahun 1901. Pada kunjungan yang kedua inilah sang raja menulis diatas batu prasasti. Raja Rama V menuliskan paraf serta tahun Rattanakosin, era 120 (Bangkok).

2. Ditemukan Ukiran Nama Raja Prajadipok

Pada batu prasasti yang lainnya juga ditemukan ukiran nama Raja Prajadipok atau yang dikenal dengan gelar Raja Rama VII yang sama-sama berasal dari kerajaan Thailand. Raja Rama VII ini mengunjungi Curug Dago pada tahun 1929. Hal tersebut dapat diketahui dari tulisan yang terdapat pada batu yang telah ditemukan.

3. Mulai Dikenal Tahun 1989

Populernya jejak sejarah kerajaan Thailand di Curug Dago berawal pada tahun 1989 ketika salah seorang wisatawan mengunjungi Curug Dago tersebut dan menemukan 2 buah batu bertulis didekat tebing. Lantas ia pun membuat tulisan di media cetak untuk mengumumkan penemuanya tersebut.

Berita ditemukannya batu tulis tersebut sempat membuat geger warga. Sejak saat itulah banyak orang yang penasaran dan  penelitian lebih lanjut pun dilakukan di Curug Dago Bandung ini. Pada akhirnya, muncullah sebuah dugaan bahwa tulisan yang terdapat pada batu tersebut ditulis dengan huruf siam (Thailand).

4. Sumber Lain Mengenai Sejarah Curug Dago

Sedangkan menurut beberapa sumber menyebutkan bahwa di Thailand terdapat sebuah tradisi dimana seorang raja akan menuliskan nama atau hal penting lainnya diatas permukaan batu ketika ia sedang bersemedi. Hal tersebut menjadi sebuah benang merah bagaimana batu prasasti dengan huruf siam tersebut bisa sampai di Curug Dago. Pada masa itulah mungkin sang raja ingin mencari sebuah tempat yang tenang untuk bersemedi.

5. Ditemukannya Curug Dago

Dalam pengembaraannya ia menemukan sebuah air terjun yang sangat indah, serta sebuah tempat yang sejuk dan asri didalam rimbunnya hutan. Curug ini juga mempunyai air terjun yang kecil serta indah dengan suara deruan air yang membuat tenang. Hal tersebut sangatlah masuk akal jika sang raja memilih Curug Dago untuk bersemedi.

Daya Tarik Curug Dago Bandung

Curug Dago Bandung ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi para pengunjungnya. Selain tempatnya yang indah dan cocok untuk dikunjungi bersama keluarga di akhir pekan, Curug Dago ini mempunyai daya tarik lainnya yakni.

1. Tempatnya Yang Masih Asri

Curug Dago Bandung ini masih dikelilingi dengan pepohonan hijau yang menjulang tinggi. Maka dari itu hal tersebut membuat kawasan ini semakin menambah asri. Hijaunya pemandangan sangat efektif sekali untuk memanjakan mata dan menghilangkan segala penat setelah sepekan bekerja.

2. Sejarahnya Dulu Yang Berhubungan Dengan Kerajaan Thailand

Daya tarik yang kedua dari Curug Dago ini antara lain dari sejarahnya yang ada kaitannya dengan sejarah Thailand. Banyak sekali para pengunjung yang ingin tahu bagaimana sejarah dari Curug Dago Bandung ini dengan langsung mendatangi tempatnya.

3. Mempunyai Aura Mistik

Bagi seseorang yang ingin bermeditasi sangat cocok sekali menjadikan tempat ini sebagai tempat meditasi. Karena konon katanya tempat ini mempunyai aura mistik yang sangat kuat. Dan tak jarang banyak dikunjungi oleh orang-orang yang ingin bermeditasi untuk memperdalam ilmu tertentu.

4. Fasilitas Yang Sangat Lengkap

Untuk fasilitas di Curug Dago sendiri tidaklah terlalu lengkap. Mengingat karena Curug Dago ini tempat wisata yang tersembunyi. Otomatis fasilitas umumnya tidak terlalu lengkap. Disekitar Curug Dago sendiri hanya ada sebuah warung serta tempat duduk untuk para pengunjung yang ingin melihat keindahan alam sekitar tempat wisata ini.

Jika ingin mencari penginapan, bisa ditemukan di sekitar kawasan dagonya sendiri. Disana terdapat beberapa hotel, resort atau villa dan guest house dengan fasilitas lengkap yang bisa ditemukan.

Tips Jika Ingin Mengunjungi Curug Dago Bandung

Ada beberapa tips untuk mengunjungi kawasan objek wisata ini yang harus kamu lakukan. Hal tersebut bertujuan agar liburan ke tempat ini bisa dinikmati senyaman mungkin tanpa gangguan dan hambatan. Adapun tips mengunjungi Curug Dago tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Membawa Mantel

Karena kawasan objek wisata ini dingin, maka usahakanlah membawa mantel. Agar saat menikmati pemandangan pun memang benar-benar menikmati pemandangannya tanpa kedinginan sama sekali.

2. Gunakan Sepeda Motor

Meskipun ke tempat ini bisa ditempuh menggunakan angkutan umum, namun lebih efektif jika mengunjunginya menggunakan kendaraan pribadi. Gunakanlah sepeda motor agar perjalanan menuju tempat ini lebih leluasa dan fleksibel.

3. Membawa Makanan Secukupnya

Karena tempat ini terkendala fasilitasnya, maka bawalah makanan secukupnya untuk mengganjal perut ditengah-tengah menikmati indahnya Curug Dago. Karena ditempat ini hanya mempunyai satu warung yang belum tentu juga dapat memenuhi kebutuhan perut.

4. Membawa Baju Ganti

Karena objek wisata ini merupakan objek wisata air terjun, maka bawalah baju ganti. Dikhawatirkan terkena cipratan-cipratan air terjun yang akan membuat basah pakaian. Terlebih jika membawa si kecil ke tempat ini, maka membawa baju ganti merupakan hal yang wajib dibawa. Karena anak-anak sendiri sangat senang bermain dengan air.

Nah itulah sekilas seputar curug dago bandung yang bisa diketahui. Sangat indah bukan curug dago ini, segera rencanakan perjalanan liburan anda sekarang juga ada banyak pilihan diantaranya paket wisata bandung 1 hari. Ajak juga orang tercinta dan teman-teman anda untuk datang ke curug dago Bandung.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *