Curug Malela Bandung, Lokasi, Rute Dan Harga Tiket Masuk

Jika anda menyukai wisata alam yang belum banyak terjamah oleh wisatawan, maka Curug Malela bandung adalah pilihan yang tepat. Ada pendapat bahwa semakin sulit di jangkau maka akan semakin indah objek wisata yang bisa kita lihat. Hal tersebut juga sangat pas untuk menggambarkan keindahan Curug Malela.

Curug Malela juga dijuluki sebagai Little Niagara, karena curug ini tidak menjulang terlalu tinggi, melainkan melebar sekitar 50 Meter dengan ketinggian 60-70 Meter. Ditempat ini terdapat tujuh air terjun bertingkat sepanjang 1 kilometer, dan Curug Malela adalah yang paling atas. Agar tidak penasaran, yuk simak ulasan mengenai Curug Malela bandung di bawah ini.

Daya Tarik Curug Malela

Sumber air terjun malela ini berasal dari hulu sungai bagian Utara Gunung Kendeng, yaitu gunung berapi yang telah mati dan terletak di sebelah barat Ciwidey kemudian mengalir melintasi sungai cidadap hingga Gunung Halu.

Air sungai mengalir dengan cukup deras dan jika sedang beruntung, saat berkunjung kesana bisa melihat ratusan ekor monyet ekor panjang tengah asyik minum air di bawah Curug Malela Bandung. Saat berkunjung kesana, akan dijumpai 5 jalur air terjun yang akan terlihat sangat indah serta megah dan akan mempesona siapa pun yang melihatnya.

Lihat juga wisata gunung tangkuban perahu bandung

Menariknya lagi, sepanjang aliran sungai di bawah air terjun bisa digunakan pengunjung untuk bermain air, berenang atau hanya menikmati butiran air terjun yang  terpercik. Sangat menarik untuk dikunjungi bukan?

Air Terjun Di Sekitar Curug Malela

Dari beberapa air terjun yang ada, Curug Malela merupakan air terjun yang berada paling atas dari rangkaian air terjun sepanjang 1 km yang berada desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat.

Jika diurutkan dari paling atas maka yang paling atas yaitu, Curug Malela, Curug Katumiri, Curug Manglid, Curug Ngebul, Curug Sumpel, Curug Palisir dan yang paling bawah yaitu Curug Pameungpeuk. Uniknya setiap curug, menawarkan daya tariknya sendiri-sendiri.

Lihat juga destinasi lainnya: Curug Maribaya Bandung

Seperti,  Curug Katumiri pada jam tertentu akan muncul mempertontonkan pelangi di badan air terjunnya. Sementara Curug Ngebul, air yang jatuh akan berkumpul dan menciptakan efek kabut serta suara yang menggelegar karena alirannya deras.

Pada Curug Manglid terdapat goa tepat di bagian belakang air terjunnya. Curug Sumpel ini memiliki daerah di bawah air terjun yang cukup lebar padahal dari jauh terlihat sempit. Curug Palisir sangat mirip dengan karakteristik Curug Malela hanya, air terjunnya lebih rendah. Sedangkan Curug Pameungpeuk merupakan air terjun dengan muara yang tidak terlalu jauh dari air terjunnya.

Misteri Curug Malela

Asal usul diberikannya nama Malela pada air terjun ini diambil dari nama Eyang Tadjimalela. Menurut penjelasan yang diperoleh dari warga sekitar, beliau adalah yang menguasai kawasan air terjun. Jika sedang kebetulan, maka anda bisa melihat kehadiran Eyang Tadjimalela yang terkadang menampakkan dirinya.

Hal tersebut terbukti karena pernah ada pengunjung yang berfoto di air terjun, ternyata di bawahnya tertangkap bayangan sosok kakek-kakek berjenggot dengan baju serba putih.

Harga Tiket Masuk

Setiap pengunjung yang masuk ke Curug Malela bandung harus membayar biaya retribusi sebesar Rp. 10.000/orang. Harga ini sudah termasuk premi asuransi sebesar Rp 500, wisatawan di kawasan curug ini telah dilindungi oleh asuransi jasa raharja putera.

Jika anda membawa kendaraan maka tarif parkir kendaraan bermotor adalah Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000/mobil. Untuk anda yang tidak ingin berjalan terlalu jauh, bisa naik ojek menuju ke Air Terjun dengan membayar ongkos mulai dari Rp. 4.000/orang.

Cara Menuju Ke Curug Malela

Jika berminat mengunjungi Curug Malela bandung, pahami dulu bagaimana rute menuju kesana agar tidak tersasar. Selain itu, pastikan bahwa tubuh sedang dalam kondisi yang fit karena perjalanan yang ditempuh dengan jalan kaki cukup jauh. Agar bisa mempersiapkan diri, simak cara menuju ke Curug Malela berikut:

1. Lokasi

Curug Malela merupakan salah satu Tempat Wisata di Kabupaten Bandung Barat yang lokasinya tidak jauh dari kawasan Wisata di Lembang dan Maribaya juga Jayagiri. Curug Malela Bandung ini terletak di perbatasan Kabupaten Cianjur, yaitu di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Propinsi Jawa Barat.

2. Rute Perjalanan

Rute perjalanan dari Bandung bisa dilakukan melalui jalur alternatif ke arah Cimahi-Cililin-Sendang Kerta-Bunijaya lalu masuk ke wilayah perkebunan teh Montaya. Jika takut tersasar saat akan ke curug, bisa meminta warga sekitar menjadi guide.

Jika membawa kendaraan roda 4, jarak menuju Curug sejauh 3 kilometer. Namun, jika menggunakan kendaraan roda 2, dari desa masih bisa menempuh setapak sejauh 2 kilometer melintasi lahan Perhutani. Kemudian sekitar 1 kilometer dari curug, anda harus memarkir kendaraan dan berjalan kaki.

3. Medan Yang Di Tempuh Untuk Ke Curug

Jika menggunakan sepeda motor maka jalan yang dilewati adalah jalan setapak wilayah perhutani. Akses jalanan menuju lokasi curug malela bandung ini masih berupa tanah dan bebatuan selain itu, belum ada papan petunjuk menuju ke lokasi Curug.

Bagi anda yang datang menggunakan roda dua, maka hanya bisa sampai di lokasi hutan pinus saja kemudian harus memarkirkan kendaraan disana. Setelahnya perjalanan harus ditempuh dengan berjalan kaki dengan kondisi jalan yang  menurun, melintasi area semak belukar yang tinggi, jurang, serta sawah tadah hujan milik penduduk setempat.

Jalan yang dilewati adalah berupa jalan setapak. Terlebih jika kesana saat musim hujan maka perjalanan akan semakin berat karena jalan yang harus dilewati penuh dengan lumpur.

Wah ternyata rute yang dilewati lumayan sulit dan melelahkan. Nah, solusinya gampang anda bisa sewa mobil plus driver agar sampai di sana anda bisa lebih menikmati pesona dari Curug Malela ini. Jika ingin pilih jasa tour and travel di Bandung anda cukup menggunakan jasa dari tourbandung.id yang sudah terbukti kualitas dan terpercaya di Bandung.

Tips Berkunjung Ke Curug Malela

Berminat bermain ke wisata alam yang masih tersembunyi ini? Simak dulu beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Curug Malela bandung:

1. Simpan Nomor Ojek

Jika pergi ke air terjun menggunakan jasa ojek, alangkah baiknya jika menyimpan nomor telepon tukang ojek. Karena jika, tidak maka saat pulang dari menikmati keindahan curug anda harus berjalan kaki. Dengan menyimpan nomornya, hubungi tukang ojek tersebut saat sudah puas melihat air terjun.

2. Bawa Bekal

Pastikan anda membawa perbekalan berupa makanan dan minuman dari rumah. Bawa minum yang agak banyak karena akan menempuh perjalanan yang cukup jauh. Membawa makanan kecil juga penting untuk menemani saat beristirahat dalam perjalanan. Namun tetap ingat jangan sampai barang bawaan menghambat perjalanan.

3. Siapkan Kondisi Tubuh

Perjalanan yang ditempuh untuk menuju Curug Malela bandung ini tidaklah sebentar. Meskipun menggunakan ojek, perjalanan yang hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam. Ditambah lagi medan yang ditempuh juga tidak mudah, jadi pastikan tubuh anda siap melewatinya.

4. Jangan Kesana Saat Musim Hujan

Jika anda kesana saat musim hujan maka jalan yang harus ditempuh untuk sampai ke curug akan lebih licin dan berlumpur sehingga akan semakin menyulitkan perjalanan anda. selain itu, jika pada musim hujan air pada curug tidak berwarna bening seperti saat kemarau melainkan, kecoklatan karena tercampur dengan lumpur setelah hujan.

Itulah beberapa ulasan mengenai wisata Curug Malela bandung, yang cocok dikunjungi oleh orang yang menyukai tantangan. Jika anda tertarik ingin berlibur bisa memilih paket wisata bandung 2 hari 1 malam Namun, seluruh rasa lelah yang didapat selama perjalanan akan di bayar tuntas dengan pemandangan yang sangat indah.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *