Curug Siliwangi Bandung

Mengunjungi Situs Bersejarah Curug Siliwangi Bandung

Curug Siliwangi berada di Gunung Puntang. Terdapat beberapa cerita rakyat tentang asal muasal curug atau air terjun ini. Legenda menyatakan bahwa curug ini berasal dari air seni Prabu Siliwangi. Pada zaman dahulu, Prabu Siliwangi buang air kecil saat berada di atas Gunung Reregan.

Banyak warga yang percaya bahwa hal tersebut yang menjadikan terbentuknya air terjun di gunung ini. Selain itu, warga juga percaya akan kesaktian Prabu Siliwangi. Kesaktian tersebut juga masih ada hingga sekarang dan kini menjaga air terjun tersebut. Kemudian, air terjun inipun dianggap keramat oleh sebagian orang.

Pemandangan Sekeliling Curug Siliwangi

Curug Siliwangi

Curug Siliwangi adalah salah satu tempat wisata yang berada di Bandung tepatnya Bandung Selatan. Tempat wisata ini menyuguhkan keindahan alam perbukitan, arung jeram dan juga berhektar-hektar kebun strawberry.

Deretan perbukitan di sekitaran curug Siliwangi ini tak hanya memberikan pesona alam yang menakjubkan namun juga bisa menjadi sarana pendakian. Bagi kaum yang gemar mendaki, perbukitan ini bisa menjadi alternatif pilihan.

Lihat juga Curug Jompong Bandung

Perbukitan yang ada di sini bukanlah bukit dengan tebing tinggi nan curam namun perbukitan yang sedang nan indah. Sehingga tidak ada salahnya bagi pemula juga mencoba untuk mendaki perbukitan ini sambil menikmati pemandangan kota Bandung.

Perbukitan hijau yang menyejukkan mata dengan arus sungai yang cukup deras menambah lengkap eksotisme alam Bandung Selatan. Sungai yang mengalir sepanjang bukit ini juga biasa dijadikan wahana wisata arung jeram. Bagi yang ingin mengasah keberanian, maka harus mencoba mengarungi sungai di sini.

Arung jeram merupakan salah satu kegiatan yang memacu adrenalin sehingga bagi orang yang penakut tidak disarankan. Namun, jangan khawatir karena tidak hanya wahana pendakian bukit dan arung jeram saja. Di wistus curug Siliwangi ini juga terdapat hamparan kebun strawberry.

Kebun strawberry dengan buah berwarna merah merona ini menambah elok pemandangan di curug Siliwangi. Selain itu, wisata alam pun terasa semakin menyenangkan. Berdarmawisata ke curug siliwangi akan terasa sangat lengkap bersama keluarga.

Wanawisata Tirta di Curug Siliwangi

Wisata Alam Curug Siliwangi

Wanawisata tirta merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak digemari masyarakat. Selain bisa menyatu dengan alam, jika kita ke wanawisata tirta, kita akan mendapatkan udara yang lebih sejuk. Salah satu pilihan yang banyak dipilih warga Bandung adalah tirta wisata Curug Siliwangi.

Curug atau air terjun merupakan salah satu objek wisata alam yang menyenangkan untuk dikunjungi. Selain itu, medan yang harus dilalui pun biasanya cukup menantang. Kebanyakan air terjun berada di dalam hutan. Artinya jika pengunjung ingin mengunjungi air terjun, mereka harus melewati hutan terlebih dahulu.

Sama halnya dengan air terjun yang lain, bagi kalian yang ingin mengunjungi curug Siliwangi, maka harus melewati hutan. Hal ini dikarenakan curug Siliwangi berada di dalam hutan di kawasan perbukitan.

Curug Siliwangi adalah tempat wisata yang cukup terkenal. Tempat ini sudah menjadi destinasi wisata sehingga sudah banyak orang yang mengunjungi. Untuk masuk ke tempat wisata ini, pengunjung hanya harus membayar sebesar Rp 10.000 saja. Air terjun ini berada di area wisata Gunung Puntang, Desa Cimaung, Kecamatan Banjaran. Desa ini terletak sejauh 30 km dari kota Bandung.

Air terjun Siliwangi ini memiliki tinggi 1.700 meter dari permukaan laut sedangkan tinggi airnya adalah 150 meter. Air terjun ini diapit oleh dua gunung yakni gunung Puntang dan gunung Haruman. Gunung Puntang memiliki tinggi 2.223 meter dari permukaan laut. Sedangkan Gunung Haruman memiliki tinggi 2.141 meter. Gunung Puntang lebih tinggi dari pada gunung  Haruman sehingga puncaknya bisa terlihat dengan jelas.

Curug Siliwangi ini terlihat sangat indah. Curug ini tepatnya berada di tebing sebuah lereng dengan batuan andesit.  Dasar dari curug ini sangat dangkal sehingga tidak bahaya untuk anak-anak ataupun pengunjung yang ingin merasakan air terjun. Suhu air yang ada dalam curug ini lumayan dingin. Namun akan terasa sangat menyegarkan berada di bawah air terjun Siliwangi ini.

Untuk sampai ke dasar Curug Siliwangi ini, pengunjung perlu melewati bebatuan yang licin. Medan air terjun yang ekstrim ini harus dilalui dengan hati-hati. Bebatuan di dalam curug juga tidak terlalu besar, hanya berukuran 0.5 meter saja. Ukuran tersebut tidak lebih dari telapak kaki. Bebatuan di dasar curug ini merupakan batuan alami dari batu andesit dari sisi kanan dan kiri tebing.

Oleh karena hal tersebut, para pengunjung tidak diperbolehkan untuk terlalu berada dekat dengan curug. Di curug Siliwangi ini juga disediakan semacam shelter di mana para pengunjung bisa merasakan air dari curug ini. Shelter tersebut berada beberapa meter dari air terjun. Dinginnya air dari curug ini memang bisa dirasakan pengunjung yang berada di shelter. Beberapa bulir yang terbawa angin masih terasa dinginnya.

Lihat juga Wisata Caringin Tilu Bandung

Beberapa pengunjung yang datang juga mengambil foto dengan latar belakang air terjun dan pemandangan tebing. Di shelter ini juga para pengunjung bisa berfoto dengan aman sehingga kamera tidak terkena air.

Curug Siliwangi ini memang selalu ramai pengunjung, baik warga kota Bandung maupun dari luar kota. Di sini mereka bisa dengan bebas berlibur bersama keluarga dan mengagumi keindahan alam. Banyak terdapat bunga-bunga dan tanaman khas hutan yang tumbuh di sini. Oleh sebab itu, pemandangan di hutan sekitar curug siliwangi ini juga menjadi salah satu spot foto terbaikmu.

Beri peringkat untuk posting ini
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *