Wahana Situ Cisanti

Pesona Danau Situ Cisanti Bandung Yang Mempesona

Situ Cisanti atau danau Cisanti merupakan tempat wisata alam buatan yang merupakan sebuah danau. Danau tersebut menjadi penampungan 7 sumber mata air. Sebagai pertemuan 7 mata air, pesona danau pun tidak perlu diragukan lagi dan bahkan terkesan sangat natural walaupun sebenarnya hanya danau buatan.

Lokasi Situ Cisanti

Danau Cisanti terletak di Tarumajaya, Kertasari, Bandung. Tempat wisata tersebut mempunyai luas sebesar 5 hektar. Sedangkan luas kompleks wilayah danau sebesar 7 hektar.

Terletak di area pegunungan, membuat suasana danau sangat sejuk dan asri. Di sekitar danau dipenuhi dengan pepohonan. Walaupun untuk menuju ke destinasi harus berjalan kaki terlebih dahulu. Dengan adanya pepohonan disekitar, membuat suasana tracking menjadi lebih nyaman dan rasa lelah pun tidak akan terasa.

Dengan lokasi yang tidak begitu jauh dari pusat kota Jakarta, membuat danau tersebut sangat strategis. Karena tidak membutuhkan waktu lama untuk menuju ke tempat wisata tersebut. Sehingga danau Cisanti sering dijadikan sebagai destinasi utama ketika liburan.

Tarif Tiket Masuk Situ Cisanti

Untuk menghabiskan waktu di danau Cisanti, tidak akan menguras kantong. Karena tarif kontribusi tergolong cukup murah. Jadi destinasi wisata alam tersebut sangat recomended.

Biaya kontribusi masuk hanya sebesar 12.000 IDR per orang. Sedangkan untuk tarif kontribusi parkir motor hanya 4.000 IDR. Sementara tarif kontribusi parkir mobil sebesar 9.000 IDR.

Fasilitas Tempat Wisata Situ Cisanti

Lokasi Situ Cisanti

Sebagai tempat wisata alam, fasilitas utama yang disuguhkan oleh danau Cisanti adalah pesona alam yang sangat natural. Danau tersebut bukanlah hanya sekedar danau, namun merupakan sebuah waduk yang menjadi titik temu dari 7 sumber mata air. Namun karena tampilan dari waduk buatan tersebut menyerupai dan bahkan sangat mirip dengan danau, karena itu masyarakat menyebut waduk tersebut sebagai danau.

Lihat juga Glamping Lakeside Rancabali

Sumber dari mata air dari danau atau waduk Cisanti adalah Cikolebere, Pangsiraman, Cikahuripan, Cihaniwung, Cisadana, Cikawadukan dan Cisanti. Dengan menampung 7 buah sumber mata air, kejernihan dari waduk tersebut tidak perlu diragukan.

Karena terlalu jernih warna dari air waduk hijau. Warna hijau tersebut hanya cerminan dari pepohonan yang mengelilingi waduk. Tepat dibelakang danau tersebut terpampang dengan jelas gunung wayang. Sehingga pemandangan alam danau Cisanti sangat kompleks.

Itulah utama dari destinasi wisata alam danau buatan Cisanti. Background foto dengan latar danau dan pepohonan akan menjadi hasil foto sangat natural dan eksotis.

Selain pesona danau, fasilitas lain yang terdapat di destinasi wisata alam tersebut adalah berbagai macam spot foto yang kekinian. Spot foto pun sangat otentik dengan kesan kebudayaan sunda yang sangat khas dan unik.

Berbagai macam fasilitas penunjang lainnya juga tersedia dengan lengkap. Seperti fasilitas umum yang berupa toilet, jalan setapak yang nyaman, tempat parkir, warung makan dan lain – lain.

Things To Do At Situ Cisanti

Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan di danau Cisanti. Namun ada satu hal yang perlu diperhatikan ketika berada di danau tersebut. Hal tersebut mengenai mitos yang telah berkembang dan kuncen dari danau Cisanti yaitu abah Atep.

Beliau adalah satu – satunya orang yang berkewajiban menjaga danau. Himbauan bagi semua pengunjung danau harus menjaga sopan santun. Hal ini disebabkan karena danau tersebut merupakan danau suci. Menurut mitos, danau Cisanti adalah tempat petilasan atau tempat pemandian Prabu Siliwangi.

Karena mitos tersebut masyarakat percaya bahwa air dari Situ Cisanti sangat saklar. Sebab dapat membersihkan tubuh dan jiwa setiap orang yang membasuh diri di danau tersebut. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk mandi di danau supaya tubuh dan jiwa senantiasa bersih.

Selain dimanfaatkan untuk membersihkan diri, tempat wisata tersebut juga sering digunakan untuk camping. Suasana danau yang alami dan halaman hijau yang luas, tempat tersebut sangat mendukung untuk kegiatan perkemahan.

Aktivitas lain yang dapat dilakukan di danau tersebut adalah piknik keluarga. Ada jasa sewa tikar, jadi tidak perlu repot membawa tikar dari rumah. Suasana pegunungan yang asri dan menyejukkan dapat menambah keakraban anggota keluarga. Apalagi jika membawa bekal homemade food, suasana kekeluargaan pun menjadi lebih intensif.

Di area danau, hanya terdapat segelintir warung makan. Jadi lebih membawa bekal untuk memenuhi kebutuhan pangan serta mengisi tenaga setelah beraktivitas di tempat wisata tersebut.

Untuk aktivitas paling utama yang dapat dilakukan pengunjung adalah hunting foto. Setiap sudut danau mempunyai pesona yang eksotis. Jadi hasil gambarnya pun tidak akan mengecewakan, namun akan menjadi background photo yang sangat apik.

Tips Liburan Di Situ Cisanti

Situ Cisanti Bandung

Berlibur ke danau Cisanti memang sangat recomended. Namun karena terletak di daerah pegunungan, membuat iklim di danau tersebut rawan akan hujan. Oleh karena itu bawa payung atau mantel untuk menanggulangi hujan.

Selain payung atau mantel, para pengunjung juga disarankan membawa jaket yang agak tebal. Dengan iklim ekstrim membuat suhu danau sangat memungkinkan tingkat suhu rendah.

Waktu yang tepat untuk berkunjung adalah siang hari. Jika berkunjung di pagi ataupun sore hari, wilayah danau dipenuhi dengan kabut. Curah hujan pada pagi dan sore hari juga sangat tinggi. Sedangkan pada siang hari udara tidak terlalu dingin dan mempunyai waktu cukup panjang untuk mengeksplorasi danau Cisanti.

Lihat juga Kebun Teh Sukawana Bandung

Dari referensi tersebut, Situ Cisanti dapat dijadikan sebagai next list dalam liburan selanjutnya. Dengan mengetahui keadaan cuaca yang dingin dan rawan hujan, membuat persiapan liburan semakin lebih berencana. Jadi hal yang tidak diinginkan saat liburan tidak akan terjadi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *