Dusun Bambu Lembang Bandung, Objek Wisata Edukasi Yang Seru

Jika sedang berkunjung di Bandung, tak lengkap rasanya jika tidak mampir ke Lembang dan berkunjung ke Dusun Bambu Lembang Bandung. Dengan lokasi yang terletak di ketinggian, Dusun Bambu menawarkan banyak hal menarik yang dapat dinikmati. Berikut kita simak bersama-sama:

Pesona Dusun Bambu Family Leisure Park Bandung

Dusun Bambu Lembang Bandung ini mulai dikenal pada tahun 2014. Sejak dibuka, obyek wisata tersebut sudah menarik banyak pengunjung yang datang. Hal tersebut bisa dikatakan wajar karena Dusun Bambu  menawarkan sesuatu yang baru dan memiliki suasana yang segar lain daripada yang lain.

Konsep pada dusun bambu mengusung konsep eco friendly dan akan direncanakan menjadi salah satu eco wisata yang ada di Jawa Barat. Belum lagi area obyek wisata ini terhitung luas dan memiliki tatanan yang baik serta unik.

Nyaris sama dengan De Ranch Lembang, The Lodge Maribaya, Dream Park Dago, Maribaya Resort dan Jendela Alam, wisata ini juga cocok sekali jika dijadikan sebagai tujuan wisata keluarga.

Sejarah Dusun Bambu

Awal mulanya Dusun Bambu dibangun karena timbulnya keprihatinan pada lahan yang terletak di Bandung Barat. Ketika itu, Dusun Bambu adalah tempat lahan pertanian yang tidak diperhatikan oleh petani selepas panen. Maka dari itulah, pada tahun 2008 beberapa pengusaha mencetuskan ide sederhana untuk mengembalikan lahan tersebut agar diperbaiki.

Lihat juga objek wisata yang menarik lainnya: Taman Begonia Bandung

Salah satu ide yang ada adalah menjadikan lahan tersebut, lahan konservasi bambu. Pengembalian lahan dengan Area yang memiliki luas sekitar 15 hektar itu bukanlah perkara mudah. Itu semua dikarenakan keharusan menanam seratus ribu bibit pohon yang bertujuan untuk menciptakan tempat yang bisa dinikmati semua orang.

Usaha dalam penghijauan Dusun Bambu ini memakan waktu yang cukup lama. Yaitu tiga tahun. Namun usaha tersebut tidaklah sia-sia jika hasilnya dapat membangun Dusun Bambu menjadi tempat wisata yang layak sekali dikunjungi seperti sekarang.

Hal Menarik Di Dusun Bambu Lembang

Tentu saja di setiap tempat wisata menawarkan sesuatu yang unik untuk menarik wisatawan untuk berkunjung. Dan itu juga berlaku di Dusun Bambu Lembang Bandung. 

1. Bike Tracking

Bike Tracking atau bersepeda di alam adalah salah satu keunikan yang ada di Dusun Bambu. Kegiatan olahraga yang menyenangkan disertai unsur tantangan ini sudah pasti menarik banyak wisatawan yang menyukai bersepeda di sekitar kebun teh yang eksotis.

2. Taman Bermain Balad Lodaya

Taman bermain yang dilengkapi berbagai permainan tradisional ini pas sekali jika berkunjung dengan anak-anak. Disana anak-anak juga dapat mengeksplor alam sekitar sekaligus bermain dengan wahana-wahana tradisional yang seru.

3. Menanam Padi Di Paddy Field

Masih kegembiraan bersama anak-anak, menanam padi di Paddy Field sudah pasti kegiatan yang dapat memancing rasa ingin tahu anak-anak yang  mengunjungi Dusun Bambu Lembang Bandung. Selain menyenangkan, hal ini juga dapat menambah pengetahuan anak-anak tentang memanen padi.

Namun kegiatan ini hanya bisa dilangsungkan ketika musim panen tiba. Namun, tak perlu khawatir. Meskipun tidak bisa panen padi, pengunjung tetap bisa mengambil gambar dan foto sepuasnya.

4. Berkemah Di Eagle Camp

Melakukan camping di area pegunungan pastilah sebuah kegiatan yang mengasyikkan sekaligus penuh tantangan. Dengan berkemah disana, pengunjung dapat menikmati suasana sejuk kaki gunung secara alami. Dan tentu saja menambah pengalaman dalam hidup berkemah di alam terbuka.

5. Cafe Burangrang

Cafe yang terletak di dekat danau kecil ini merupakan tempat yang cukup mewah dikunjungi. Disana pengunjung dapat menyantap sarapan dengan menikmati pemandangan sekitar dari ketinggian. 

6. Restoran Purbasari

Restoran yang kerap muncul di televisi ini memang tidak dapat diragukan lagi keunikannya. Terletak mengitari sebuah danau kecil dengan saung-saung dari bambu ini menambah kesan berlibur menjadi lebih membekas. Untuk bersantap disana, pastikan untuk mereservasi karena kondisi yang selalu penuh. 

7. Area Lutung Kasarung

Lutung kasarung adalah sebuah restoran berbentuk sarang burung dan terletak di ketinggian. Terdapat platform juga yang mengitari area pohon. Mulanya, resto ini merupakan tempat spot berfoto paling populer bagi pengunjung yang datang.

8. Pasar Khatulistiwa

Pasar yang dikenal bersih ini adalah tempat terkenal dalam berbelanja berbagai macam sayuran dan buah segar. Banyak para wisatawan yang mampir di tempat ini untuk sekedar berbelanja atau mencari oleh-oleh ketika datang ke objek wisata ini.

9. Kampung Layung Villas

Villa yang berderet dengan struktur bangunan yang menunjukkan nilai-nilai tradisional ini tempat yang sangat nyaman untuk waktu bermalam. Meski dari luar bangunan tersebut terlihat tradisional, perabot yang ada didalamnya merupakan perabot modern demi kenyamanan pengunjung yang memutuskan menginap.

Lokasi Dan Rute Menuju Dusun Bambu

Obyek wisata Dusun Bambu terletak di Jl. Kolonel Masturi  KM 11, Cisarua, Bandung Barat. Lokasi yang mudah sekali di jangkau entah dari arah Bandung maupun Lembang. Tak jauh dari sana juga terdapat tempat wisata lainnya seperti Floating Market, Air Terjun Pelangi dan De Ranch Lembang.

Untuk rute menuju Dusun Bambu Lembang bandung ini terdapat beberapa alternatif yang mungkin berguna jika berkunjung di waktu libur panjang atau akhir pekan. Untuk ke tempat ini bisa dengan kendaraan sendiri atau menggunakan jasa sewa mobil di Bandung. Berikut rute menuju objek wisata:

  • Rute utama. Untuk rute yaitu Bandung – Ledeng – Lembang – Parongpong – Dusun Bambu. Rute ini adalah rute yang paling mudah diikuti.
  • Rute Bandung – Ledeng – Jalan Sersan Bajuri – Parongpong – Dusun Bambu. Untuk Rute yang satu ini adalah rute sejalur menuju Kampung Gajah, Kampung Daun, dan terdapat pula beberapa cafe di area tersebut.
  • Rute dari cimahi juga bisa di tempuh seperti berikut. Cimahi – Jalan Cihanjuang – Parongpong – Dusun Bambu. Atau bisa juga di tempuh dari Cimahi – Jalan Kolonel Masturi – Lokasi Dusun Bambu.
  • Rute alternatif dari Bandung dapat dilalui tentu saja dari kota Bandung – Jalan Gegerkalong Girang – Jalan Cihanjuang – Parongpong – Lokasi Dusun Bambu.
  • Rute alternatig berikutnya yaitu Bandung – Jalan Gegerkalong Girang – Ciwaruga – Parongpong – Lokasi Dusun Bambu.

Jam Buka, Harga Tiket Masuk Dan Biaya Parkir

Berkunjung ke tempat wisata pastinya tak lepas dengan tiket masuk yang ditawarkan. Dan berikut adalah harga tiket masuk ke Dusun Bambu Lembang Bandung:

  • Tiket masuk per-orang Rp. 20.000. Untuk weekend Rp. 25.000/orang
  • Parkir Mobil Rp 15.000;
  • Parkir Motor Rp. 10.000;
  • Parkir Bus Rp. 25.000;

Jam buka di Dusun Bambu Lembang dimulai pada pukul 09.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. Untuk hari libur jam buka dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai tutup pada pukul 23.00 WIB.

Tips Berkunjung Di Dusun Bambu Lembang

Untuk berkunjung di obyek wisata Dusun Bambu Lembang ini terdapat beberapa tips yang mungkin membantu dalam perjalanan berlibur:

  • Gunakan alas kaki yang nyaman selama di Dusun Bambu Lembang Bandung. Menggunakan alas kaki yang kurang nyaman dapat menghambat aktivitas tracking atau hiking.  
  • Usahakan untuk datang ketika Weekday. Saat berkunjung di musim liburan, sudah dapat dipastikan jalanan arah menuju Lembang pasti akan dipadati wisatawan. Belum lagi Dusun Bambu kan di penuhi oleh pengunjung yang berwisata.
  • Harga makanan yang dijual di Dusun Bambu memiliki range menengah keatas. Jadi jika ingin membeli banyak makanan, usahakan untuk membawa uang saku lebih banyak.

Itulah informasi yang dapat mengenai obyek wisata Dusun Bambu Lembang bandung. Liburan akan lebih menyenangkan dan seru serta bisa mengunjungi objek wisata lain dengan paket wisata yang dimiliki oleh tourbandung.id. Apa saja paket yang tersedia? Banyak sekali paket yang ada, salah satunya ada paket wisata Bandung 5 hari 4 malam.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *