forest walk bandung

Forest Walk Babakan Siliwangi Bandung

Forest Walk / Baksil walk merupakan sebuah taman dan sekaligus jalur pedestrian yang berada di dalam hutan. Hutan yang dijadikan sebagai jalur pedestrian adalah hutan babakan Siliwangi. Hutan tersebut terletak di tengah – tengah kota Bandung, sehingga destinasi wisata alam tersebut menjadi destinasi wisata favorit setiap wisatawan.

Lokasi Forest Walk Babakan Siliwangi

lokasi forest walk bandung

Baksil Walk / Babakan Siliwangi Forest Walk terletak di Jl Tamansari No 74, Lb Siliwangi, Coblong, Bandung. Walaupun Baksil walk merupakan sebuah wisata hutan, namun lokasi dari destinasi wisata tersebut sangat istimewa. Karena hutan Baksil atau Babakan Siliwangi terletak di tengah – tengah kota Bandung.

Dengan hal tersebut para wisatawan tentu sama sekali tidak mengalami kesulitan apapun dalam menuju ke destinasi Baksil. Bahkan dapat ditempuh dengan transportasi umum atau BRT Bandung.

Terlebih lagi lokasi dari Baksil tidak jauh dari kampus terbaik di Indonesia, yaitu ITB ( institut Teknologi Bandung) dan UKI (Universitas Komputer Indonesia). Sebagian besar para pengunjung pun juga merupakan para mahasiswa yang mempunyai kesadaran penuh akan alam.

Lihat juga Situ Cileunca Pangalengan Bandung

Rute menuju ke Baksil walk dapat turun di setler Tamansari. Halte tersebut berada di Jl Tamansari. Kemudian untuk menuju ke destinasi dapat berjalan kaki ke arah barat, tepatnya menuju ke arah jalan Siliwangi. Waktu yang diperlukan dari halte Tamansari ke arah Baksil, hanya sekitar ±15 menit.

Harga Tiket Forest Walk Babakan Siliwangi

Tarif kontribusi tiket masuk Baksil walk adalah free. Jadi pengunjung hanya dikenakan tarif untuk parkir bagi yang pengguna kendaraan pribadi baik motor maupun mobil. Sedangkan bagi pengguna alat transportasi umum, tidak perlu mengeluarkan biaya kontribusi apapun.

Biaya kontribusi parkir untuk motor sebesar 3.000 IDR. Sedangkan untuk biaya parkir mobil sebesar 5.000 IDR.

Untuk waktu operasional Baksil walk selama 24 nonstop. Namun sebagian besar para pengunjung lebih memilih untuk mengunjungi Baksil walk pada siang hari. Sedangkan pada malam hari area Baksil cukup sepi.

Penyebabnya adalah kondisi dari tempat wisata tersebut yang pada dasarnya adalah kawasan hutan lindung. Meskipun berada di area perkotaan, namun suasana hiruk pikuk kota tidak terdengar sama sekali. Suasana di wilayah Baksil tersebut terasa cukup sunyi dan sangat khas dengan suasana hutan pada umumnya.

Daya Tarik Baksil Walk / Forest Walk Bandung

Forest Walk

Hal yang menarik dari Baksil walk merupakan keistimewaan dari destinasi wisata alam sendiri. Bukan hanya sekedar hutan di tengah kota yang dimanfaatkan untuk tempat wisata, namun juga terdapat faktor lain yang menyebabkan destinasi wisata tersebut cukup istimewa.

Keistimewaan dari Baksil walk antara lain sebagai berikut ini :

  1. Jalur pedestrian hutan paling panjang dan luas di Asia Tenggara

Tempat wisata berkonsep jalur pedestrian hutan, bukan hanya berada di Indonesia. Namun beberapa wilayah di Asia Tenggara juga terdapat tempat wisata yang mempunyai konsep serupa. Misalnya Thailand, Malaysia, Vietnam dan lain – lain.

Namun ada hal yang sangat istimewa dari Baksil walk yang menjadi perbedaan antara wisata jalur pedestrian hutan di negara lain. Baksil walk Bandung merupakan tempat wisata jalur pedestrian hutan terbesar dan terpanjang se Asia Tenggara.

Total panjang seluruh jalur pedestrian sebesar ±2,3 km dengan luas area hutan ±3,8 hektar. Jalur pedestrian dibuat dengan konsep jembatan gantung dengan ketinggian 2 m di atas permukaan tanah. Lebar dari lintasan jembatan sebesar 1,5 m. Sedangkan tinggi dari pagar jembatan sebesar 1 m.

Pemrakarsa dari pembangunan tempat wisata tersebut adalah Ridwan Kamil, ketika sedang menjabat sebagai wali kota Bandung. Sehingga tempat wisata ini tergolong tempat wisata baru yang menjadi andalan sekaligus kebanggaan kota Bandung. Total biaya pembangunan Baksil walk menelan anggaran sebesar ±17 milyar rupiah.

  1. Lokasi Baksil walk sangat strategis

Lokasi juga menjadi salah satu daya tarik dan keistimewaan dari Baksil walk. Dengan lokasi strategis dan tepat berada di tepi jalan raya membuat para pengunjung sama sekali tidak mempunyai kesulitan dalam menemukan destinasi tersebut. Baik dalam penggunaan alat transportasi umum maupun pencarian jalur menggunakan Google map.

  1. Area jogging dan tracking yang sangat menyenangkan dan menyejukkan

Berdasarkan riset, sebagian penduduk Indonesia sangat memprihatinkan dalam hal kesehatan. Sebab penduduk Indonesia tergolong sangat malas untuk berjalan kaki. Faktor utama adalah kondisi Indonesia yang merupakan negara tropis, sehingga mempunyai kondisi yang cukup panas.

Terlebih lagi dengan adanya leasing motor besar – besaran yang menjadi penyebab utama lebih memilih naik motor daripada berjalan kaki. Dengan adanya Baksil walk akan sedikit membantu dalam upaya healthy lifestyle dalam rangka berjalan kaki.

Karena hal itu, dengan adanya Baksil walk warga Indonesia terutama Bandung sangat diharapkan untuk mengunjungi tempat wisata ini. Sebab dengan mengunjungi Baksil walk, akan berjalan kaki / tracke sepanjang ±2,3 km.

Suasana tracking di Baksil walk pun sangat menyenangkan. Pengunjung pun dapat hunting foto di sepanjang jalur tracking. Suasana jembatan di tengah – tengah hutan dapat menjadi background cukup eksotis untuk berfoto. Apalagi sambil bersenang – senang dengan teman, suasana tracking tidak akan terasa lelah.

Selain itu suasana di area Baksil yang dipenuhi dengan pepohonan membuat udara jauh dari kondisi panas. Hanya udara yang sangat menyejukkan dengan view yang sangat asri di wilayah wisata tersebut.

Lihat juga Goa Pawon Bandung

Itulah review mengenai daya tarik sekaligus keistimewaan dari Forest Walk Babakan Siliwangi. Tempat wisata merupakan tempat wisata keluarga sekaligus tempat wisata alam  sangat rekomended dan wajib untuk dikunjungi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *