Goa Pawon

Goa Pawon Bandung, Objek Wisata Alam Memiliki Nilai Sejarah

Goa Pawon Bandung merupakan salah satu objek wisata alam yang menawarkan keindahan dan eksotisme alam. Tak hanya itu, goa ini juga merupakan salah satu goa bersejarah yang menyimpan berbagai fosil manusia zaman purba.

Objek wisata alam yang penuh sejarah ini berada di Bandung, Jawa Barat. Goa ini tepatnya berada di daerah Bandung Barat dan merupakan salah satu situs penting. Goa ini merupakan banyak sesepuh Sunda yang berkumpul di sini. Selain terdapat berbagai fosil manusia purba, di goa ini juga ditemukan kerangka manusia purba yang dianggap nenek moyang suku Sunda.

Banyak arkeolog yang masih melakukan penelitian di goa ini. Hal tersebut dikarenakan masih banyak kerangka atau fosil manusia purba yang belum diidentifikasi. Selain menjadi tempat wisata, ternyata goa pawon ini juga dapat dijadikan sebagai situs penelitian para sejarawan dan arkeolog.

Keindahan Bebatuan Alam di Goa Pawon

Keindahan goa pawon sudah tidak diragukan lagi. Goa ini terletak di ketinggian 601 meter dari permukaan laut dan memiliki panjang kira-kira 38 meter. Dengan lebar 16 meter, goa ini dapat menampung banyak orang di dalamnya.

Bagi pecinta sejarah dan situs kuno, goa ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berwisata. Walaupun memiliki luas yang tidak besar, goa ini tetap mampu menyimpan banyak fosil manusia purba.

Lihat juga Bus Street Gourmet Bandung

Isi di dalam goa pawon juga sangat beragam. Mulai dari peralatan masak, peralatan makan, dan juga peralatan berburu yang digunakan manusia purba. Manusia zaman purba memiliki berbagai macam peralatan yang digunakan untuk bertahan hidup. Seluruh peralatan tersebut dibuat sendiri oleh manusia purba zaman dahulu.

Goa Pawon menyimpan berbagai macam artefak peninggalan sejarah seperti gerabah, perhiasan, alat makan, dan lainnya. Melalui goa ini, para pengunjung bisa belajar tentang bagaimana manusia di zaman purba bertahan hidup. Terdapat bermacam artefak tentang bagaimana mereka makan, tidur, berburu, dan sebagainya.

Pemandangan Sekitar Goa Pawon Bandung

Untuk masuk ke goa pawon ini, pengunjung akan melewati sepetak hutan kecil. Di sini mereka akan disambut oleh puluhan kera yang berkeliaran secara bebas. Kera-kera ini tidak mengganggu sama sekali karena memang habitat mereka di dalam hutan.

Sebelum masuk ke dalam goa, pengunjung akan melewati beberapa anak tangga kecil yang terbuat dari kayu. Tangga kecil ini akan membawa para pengunjung hingga ke lambung goa pawon. Karena tangga tersebut terlihat curam, maka pengunjung akan dibantu leh petugas yang berjaga di sepanjang jalan di lumbung gua.

Setelah melewati lumbung tersebut, pengunjung akan memasuki bibir goa. Ukuran bibir goaini relative besar dengan beberapa ruangan besar. Jika di luar goa pengunjung disambut oleh kera, maka di dalam goa akan ada banyak kelelawar yang menyambut. Kelelawar ini tidak mengganggu pengunjung karena mereka hanya terbang berputar di atas goa.

Ruangan-Ruangan di dalam Goa Pawon

Di dalam goa pawon terdapat beberapa ruangan. Di ruangan yang pertama terdapat banyak kotoran kelelawar karena memang banyak kelelawar tinggal di ruang ini. Di sudut ruangan pertama ini akan ada beberapa fosil manusia purba. Fosil-fosil tersebut dilindungi dengan pagar pengaman agar tidak tersentuh pengunjung.

Suasana di dalam goa relatif terang walaupun minimnya cahaya matahari. Terdapat cahaya yang masuk melalui celah langit-langit goa sehingga para pengunjung tidak harus membawa senter penerangan.

Di sebelah atas kiri goa ini terdapat suatu tempat yang disebut Sumur Bandung. Jika Dilihat, tempat ini bukanlah sumur sebagaimana mestinya. Tempat ini sebenarnya adalah kolam kecil dengan air yang sangat dalam.

Di bagian kiri bawah goa pawon terdapat bebatuan besar yang indah. Tempat ini sering dijadikan sebagai tempat untuk berfoto bagi para pengunjung. Dengan pencahayaan matahariyang cukup, tempat ini menjadi favorit para pengunjung. Selain itu, beragam artefak dan fosil manusia purba juga sangat sayang jika tidak diabadikan.

Fasilitas Objek Wisata Goa Pawon

Walaupun menjadi salah satu objek wisata alam, goa pawon masih kurang dalam hal fasilitas. Fasilitas yang dimiliki dinilai kurang memadai bagi para pengunjung karena tidak banyak warung di sekitar objek wisata ini. Hanya terdapat satu warung makanan yang letaknya di luar pintu gerbang. Jarak yang jauh antara goa pawon dengan warung makanan tersebut membuat pengunjung kesulitan.

Jadi, para pengunjung sebaiknya menyiapkan makanan dan minuman dari rumah. Selain kurangnya warung makanan, di goa pawon ini juga hanya tersedia toilet dan mushola. Tidak ada tempat untuk beristirahat atau sekedar duduk menikmati alam. Sehingga pengunjung yang datang ke sini hanya dapat menikmati pemandangan alam goa pawon sambil berjalan kaki.

Jika ingin berlibur ke goa pawon, pengunjung harus berada di sana sebelum pukul 5 sore. Wisata goa pawon ini buka dari jam 6 pagi hingga jam 5 sore. Selain itu, tiket masuknya juga cukup murah yakni Rp 6.000 per orang. Untuk biaya parkir hanya sebesar Rp 2.000 per kendaraan.

Lihat juga Braga Culinary Night Bandung

Pengunjung lebih baik berwisata ke goa pawon saat cuaca cerah. Karena jika cuaca mendung atau saat musim hujan, akan sulit  melewati jalan bebatuan dan tanah yang licin. Persiapan masker dan payung akan sangat berguna karena banyak aroma tak sedap dari kotoran kelelawar.  Selain itu, pengunjung juga harus menyimpan makanan dengan baik. Semua kera yang ada di goa pawon sering mengambil makanan pengunjung secara paksa.

Goa Pawon Bandung adalah objek wisata yang harus dilestarikan. Selain harganya yang murah, terdapat banyak pengetahuan yang bisa didapat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *