Gunung Batu Bandung, Wisata Menarik Di Lembang Yang Juga Unik

Suatu daerah yang tercipta memiliki beragam wisata sebagai tempat berlibur paling diminati, yakni Bandung. Banyak sekali destinasi wisata di Bandung yang riwa-riwi masuk liputan berita. Banyak turis lokal maupun luar yang memilih berkunjung ke Bandung di sela penatnya aktivitas. Terutama saat weekend atau musim liburan anak sekolah. Bandung akan jadi sangat padat dijejali wisatawan. Salah satu dari sekian banyak destinasi wisata adalah Gunung Batu Bandung. Gunung batu masih terdengar asing di telinga? Yuk simak pesona gunung batu bandung berikut ini.

Lokasi Dan Rute Menuju Gunung Batu

Gunung batu terletak di Desa Pagerwangi, Lembang, Bandung. Tidak terlalu jauh dari pusat kota. Rute yang dapat ditempuh untuk menuju gunung batu dari pusat kota Lembang melewati jalan Maribaya. Kemudian melewati Sespim Polri, ikuti alur jalan hingga menjumpai belokan ke kiri.

Dari belokan tersebut gunung batu sudah dapat terlihat. Untuk mencapai gunung batu, harus melewati jalan kecil yang hanya cukup dilalui satu mobil. Jalanan sudah beraspal, tapi cukup terjal.

Selain mobil pribadi, bisa juga menggunakan angkutan umum Lembang-Cibodas atau sewa mobil di Bandung. Bisa juga memilih mengendarai delman atau ojek. Tidak ada penarikan harga tiket masuk untuk ke objek wisata ini alias biaya tiket masuknya gratis.

Asal Muasal Gunung Batu

Gunung batu memiliki ketinggian yang relatif rendah yaitu 1.335 meter di atas permukaan laut. Gunung ini termasuk salah satu patahan Lembang yang memiliki panjang 22 kilometer dan lebar 300 meter. Retakan sepanjang itu melintang dari timur ke barat.

Awal retakan terletak di kaki Gunung Manglayang. Retakan mulai menghilang sebelum kawasan bagian barat perbukitan kapur Padalarang. Konon menurut warga gunung ini adalah hasil dari letusan gunung sunda purbakala. Gunung Sunda ini meletus sekitar 510.000 tahun yang lalu.

Dinamakan gunung batu karena komposisinya bebatuan padat, kokoh, sebagian besar material adalah batu. Gunung batu berbentuk seperti lempengan tebing menjulang vertikel.

Pesona Keindahan Dari Puncak Gunung Batu

Meskipun ketinggiannya masih dalam kategori relatif rendah, tapi pemandangan yang disuguhkan tidak main-main. Tengok sebelah utara, terlihat Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Burangrang, dan Gunung Putri. Kemudian Tengok sebelah timur, terlihat penampakan Gunung Bukit Unggul, dan sedikit lebih jauh Gunung Manglayang.

Lihat juga pemandangan yang indah lainnya: Tebing Keraton Bandung Dan Taman Begonia Bandung

Tengok sebelah selatan, hadir jajaran Gunung Malabar, Gunung Haruman, dan Gunung Patuha. Bukan main, tengok kemana-mana disuguhi penampakan gunung lainnya. Gunung batu juga pantas dijadikan spot untuk menikmati matahari terbit dan tenggelam.

Sesuatu Di Puncak Gunung Batu

Seperti ketika mendaki gunung lainnya, untuk menuju ke puncak hanya bisa dengan berjalan kaki. Ada sesuatu yang dapat ditemui di puncak gunung batu, diantaranya:

1. Bangunan

Di puncak gunung batu ada sebuah bangunan yang dimanfaatkan oleh Badan Geologi Jawa Barat. Dinamakan Stasiun Pemantauan Gempa Bumi Langensari Lembang. Hal ini wajar karena gunung batu adalah salah satu patahan lembang yang berarti berpotensi menimbulkan gempa. Tidak perlu khawatir, karena gunung ini di pantau secara berkala. Dan disekitarnya pun banyak pemukiman dan kebun yang didirikan oleh warga.

2. Makam

Selain stasiun pemantauan gempa, ada salah satu yang mencolok, yakni makam. Wah, ada makam di puncak gunung yang dikeramatkan oleh penduduk. Warga sekitar menyebutnya makam Mbah Jambrong. Ada banyak versi yang menyebut siapa yang dimaksud Mbah Jambrong, tapi belum diketahui secara pasti yang mana yang benar.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan Di Gunung Batu Bandung

Selain hanya duduk menikmati pemandangan di puncak gunung, pengunjung bisa menciptakan sendiri kegiatan yang bisa dilakukan, diantaranya:

1. Wall Climbing

Di salah satu bagian sisi gunung batu, ada spot yang bisa digunakan untuk wall climbing. Tebing berbatu, curam, dan medan menantang menjadikan pecinta alam wajib menjadikan gunung batu salah satu tujuan. Hal ini terbukti dengan sudah banyaknya pecinta alam yang menaklukkan medan rintangan tersebut. Berhubung gunung ini belum dikelola resmi oleh pemerintah, maka peralatannya harus membawa sendiri.

2. Camping

Selain wall climbing, pengunjung juga bisa menginap dengan mendirikan tenda. Karena kawasan puncak gunung ini tergolong aman. Pemandangan yang mumpuni disertai udara yang sejuk dapat dipertimbangkan untuk lebih baik menginap. Apalagi saat malam hari, pemandangan di puncak gunung batu terlihat lebih eksotis.

Di bawah terhampar bangunan-bangunan apik berjajar, pemandangan kota saat malam, lampu-lampu kecil beraturan. Dan di atas terbentang langit dengan bertaburkan bintang, menambah keelokan gunung batu.

Tips Berkunjung Ke Gunung Batu

Bagi yang belum pernah ke gunung batu, ada tips yang perlu dilakukan saat berkunjung, diantaranya:

1. Pakai Pakaian Yang Hangat Dan Nyaman

Ketika berkunjung ke gunung batu, pastikan menggunakan pakaian yang hangat dan nyaman. Pakaian hangat disini perlu karena hawanya yang sejuk, terutama di malam hari biasanya akan jauh lebih dingin. Nyaman diperlukan saat hiking atau mendaki ke puncak gunung.

Memang menuju ke puncak tidak membutuhkan waktu terlalu lama, berhubung ketinggian gunung batu yang relatif rendah. Tapi medan yang ditempuh sedikit berliku dan curam.

2. Siapkan Bekal Makanan Dan Minuman

Gunung batu bandung belum dijadikan destinasi wisata resmi, dan ketika menuju ke puncak utamanya, tidak ada pedagang yang berjualan. Jadi siapkan bekal dari rumah, atau sebelum menuju ke gunung batu. Bekal yang wajib dibawa tentunya adalah air minum dalam jumlah yang agak banyak. Karena bagi yang belum terbiasa mendaki, pasti akan lebih melelahkan. Terutama jika berminat untuk camping, siapkan perbekalan lebih banyak.

3. Bawa Obat-obatan Pribadi

Jarak dari pusat kota lembang menuju gunung batu memang agak jauh. Ditambah jalan menuju ke sana lebih sempit, walaupun melewati pemukiman warga. Lebih baik siapkan obat-obatan pribadi. Obat-obatan yang sangat perlu dibawa juga adalah obat-obat P3K.

Mendaki puncak gunung batu perlu diwaspadai setiap langkah yang menapak, salah-salah bisa tergelincir hingga jatuh. Untuk mengantisipasi bisa membawa obat-obatan karena tergores batu sedikit saja rasanya perih. Dan butuh segera ditangani agar tidak menimbulkan infeksi dan luka lebih lebar serta dalam.

4. Bawa Peralatan Sendiri

Jika berminat untuk melakukan wall climbing, rock climbing, maupun camping, jangan lupa membawa peralatan sendiri. Gunung batu termasuk wisata yang belum diolah secara resmi oleh pemerintah. Disana hanya tersedia tempat, bukan termasuk peralatan yang diperlukan.

5. Tetap Hati-Hati Dan Waspada

Karena gunung batu termasuk tempat yang berpotensi terjadi gempa, tetap waspada saat berkunjung. Saat mendaki, pastikan berpijak dengan benar agar tidak tergelincir. Saat camping, hati-hati menentukan tempat untuk mendirikan tenda, mengingat lebar gunung yang tidak luas sekali.

Itulah pesona keindahan gunung batu bandung yang belum banyak diketahui orang. Jika sempat berkunjung kesana, pastikan selalu berhati-hati, waspada dan jaga lingkungan sekitar tetap bersih dan nyaman. Lestarikan keindahan alam dengan cara tidak membuang sampah sembarangan. Kunjungi juga objek wisata yang tak kalah seru dengan gunung batu Bandung ini. Anda bisa ke beberapa objek tersebut dengan paket wisata Bandung 3 hari 2 malam bersama tourbandung.id, rasakan keseruan berlibur dengan kepuasan keliling Bandung.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *