KEbun Teh Gunung Malabar

Gunung Malabar, Wisata Asyik dengan Pemandangan Eksotis

Gunung Malabar menjadi pilihan objek wisata tepat bagi traveler yang suka dengan kegiatan outdoor. Tempat wisata alam ini menyuguhkan pemandangan eksotis dengan suasana pegunungan. Secara geografis, Bandung dikelilingi oleh pegunungan, sehingga tidak heran jika Bandung memiliki gunung-gunung dengan pemandangan dengan panorama yang indah.

Lokasi dan Rute Menuju Gunung Malabar

Gunung Malabar merupakan gunung yang ada di Bandung dimana terdiri dari gunung-gunung kecil. Seperti gunung wayang, gunung puntang, gunung batu dan masih banyak lagi. Gunung yang paling terkenal dengan keindahan alam yang luar biasa yaitu puncak Gunung Puntang.

Gunung Puntang disebut sebagai puncak mega dengan ketinggian 2.220 Mdpl saja. Jika Anda ingin mendaki lebih dari itu, Anda bisa mendaki Gunung Haruman. Untuk mendaki puncak mega, Anda memerlukan waktu sekitar 3-4 jam perjalanan saja. Sedangkan jika ingin ke puncak besar, Anda memerlukan waktu sekitar 6-7 jam dengan jalur yang berbeda.

Lokasi Gunung Malabar yaitu berada di kawasan Bandung Selatan tepatnya di Desa Gamblok. Kecamatan Cimaung. Wisata alam tepatnya pada Gunung Puntang menawarkan berbagai kegiatan dan objek wisata menarik. Misalnya camping, gathering, jelajah goa, renang di sungai, wisata air sungai, dan masih banyak lagi.

Rute perjalanan yang harus anda lewati yaitu menuju Banjaran ketika bermula dari titik Kota Bandung. Pastikan Anda sampai di bumi perkemahan Banjara. Setelah sampai disana, Anda harus mengambil jalan menuju palutungan. Setelah melaju sekitar 15 menit, Anda harus berbelok ke kiri yang menanjak arah bumi perkemahan. Nah, dari titik inilah Anda bisa mendaki puncak gunung sesuai keinginan.

Jalur Pendakian Gunung Malabar

Gunung Malabar

Untuk menuju puncak Gunung Malabar, Anda bisa mengambil rute jalan arah kiri di pertigaan pertama sebelum masuk daerah pangalengan. Ketinggian panggabean sendiri yaitu 1.500 meter diatas permukaan laut.Anda akan melewati jalanan melintasi perkebunan teh yang hijau dan lahan pertanian lainnya.

Lihat juga Kampung Pago Ciwidey Bandung

Sebelum sampai pada bukit dengan ketinggian 1.900 Mdpl, Anda bisa mampir atau singgah sejenak di beberapa warung dan pondokan di sepanjang perjalanan. Dari desa Cieyiuan tepatnya pada ketinggian 1.590 Mdpl, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 4 jam saja untuk sampai di puncak gunung.

Dapat dikatakan bahwa puncak Gunung Malabar jarang dikunjungi para pendaki. Salah satu kendalanya yaitu ketinggian gunung. Namun keindahan puncak gunung dirasa tidak sebanding dengan perjuangan yang harus dihadapi. Pendaki lebih tertarik dengan puncak mega Gunung Puntang. Tidak heran jika jalur menuju puncak Gunung Malabar tidak begitu terlihat dan jalanan masih banyak ditumbuhi tanaman liar.

Anda akan disuguhkan dengan pemandangan luar biasa indah di puncak Gunung Puntang. Pepohonan yang tinggi tidak akan mengganggu sejauh mata anda memandang. Apalagi ketika cuaca cerah, puncak mega akan semakin indah.

Aktivitas Menarik di Gunung Malabar

Banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan ketika sampai di daerah Gunung Malabar. Aktivitas yang paling utama adalah pendakian yang sangat digemari oleh para traveler pecinta alam. Aktivitas lan yang bisa Anda lakukan yaitu menikmati pesona kebun teh di Gunung Malabar.

Pesona pemandangan alam yang khas dengan hamparan perkebunan teh indah akan membuat anda begitu tenang dan nyaman. Di lokasi perkebunan teh ini anda juga bisa melihat daerah penggalengan, danau Situ Cileunca dan Gunung Puntang yang memukau.

Aktivitas selanjutnya yaitu pegunungan ini bisa menjadi lokasi trekking yang keren, Rasakan sensasi yang berbeda dengan merasakan trek mendaki di Gunung Malabar. Tidak heran jika gunung ini menjadi tempat rekreasi bagi keluarga yang suka dengan tantangan.

Karena lokasi tempat wisata yang berada di ketinggian, Gunung-gunung yang ada di Gunung Malabar menjadi pilihan untuk menikmati sunrise dan sunset. Nikmati suasana romantis dimana melihat matahari terbit dan terbenam di balik salah satu pegunungan.

Ketika sore hari, matahari yang akan terbenam akan terlihat semakin cantik. Anda bisa menyaksikan siluet warna matahari di balik Gunung tilu. Sayang sekali jika Anda mengunjungi tempat ini sendiri saja. Akan lebih seru dan menarik jika Anda mendatanginya bersama orang tersayang.

Fasilitas Gunung Malabar

Wisata di Gunung Malabar

Banyaknya pengunjung yang berdatangan di Gunung Malabar menjadikan tempat wisata didalamnya cukup terfasilitasi. Fasilitas umum seperti toilet dan musholla akan mudah Anda temukan disana. Jika Anda ingin istirahat sejenak dan menatap indahnya pemandangan, Anda bisa singgah di beberapa saung yang sudah disediakan.

Anda tidak perlu membawa bekal makanan dan minuman berlebihan di rumah. Karena lokasi wisata telah tersedia beberapa warung yang siap menghidangkan aneka makanan dan minuman khas Bandung. Minuman yang wajib dicoba disana yaitu minuman teh dari Malabar Tea Corner.

Jika sedang pergi ke Gunung Malabar, Anda tidak perlu susah-susah mencari oleh-oleh di wilayah lain. Karena Gunung ini juga sudah menyediakan pusat oleh-oleh khas Bandung yang ada disana. Anda bisa membeli aneka souvenir dan oleh-oleh khas Bandung.

Tidak hanya itu, bagi Anda yang suka dengan berkemah, pihak pengelola juga telah menyediakan area camping. Jika tidak mempunyai peralatan berkemah pun pihak pengelola telah nikmati tidur di alam bebas dengan suasana malam yang berbeda.

Lihat juga The Lodge Maribaya Bandung

Wilayah Gunung tidak hanya sebagai gunung wisata saja. Mendaki di gunung tersebut sama halnya menjadi olahraga asyik Anda disana. Tidak ketinggal berfoto ria dengan background foto yang indah nan cantik. Sebelum mendaki gunung, alangkah baiknya memeriksa perlengkapan agar tidak ada yang tertinggal.

Beri peringkat untuk posting ini
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *