Gunung Manglayang Bandung, Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Untuk para pecinta alam, yang sudah membuat bucket list untuk mendaki salah satu gunung yang ada di Bandung ini tentunya harus mengetahui hal-hal menarik yang terdapat pada gunung yang akan di daki terlebih dahulu. Gunung Manglayang Bandung merupakan gunung yang letaknya berada di antara Kabupaten Sumedang dan Bandung serta memiliki ketinggian kurang lebih 1818 mdpl.

Lihat juga curug bugbrug bandung

Puncak gunung ini tidak terlalu tinggi tapi cukup banyak pendaki yang meliriknya. Sebelum memutuskan mendaki gunung untuk pertama kali, sebaiknya perhatikan denah lokasi dan juga harga tiket masuknya. Karena di gunung ini tidak hanya berkunjung untuk menikmati keindahan alamnya saja, tapi juga bisa bermalam alias kemah. Untuk itu, yuk simak lokasi dan harga tiket masuk Gunung Manglayang agar mempersiapkannya dari jauh-jauh hari.

Lokasi Gunung Manglayang Bandung

Gunung Manglayang merupakan jenis gunung yang bertipe stratovolcano yang terletak di antara kota Bandung dan Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Namun, karena gunungnya yang tidak terlalu tinggi, sehingga kurang dikenal oleh para pendaki yang menyukai ketinggian yang lebih tinggi dari gunung ini.

Untuk dapat sampai ke Gunung Manglayang Bandung tentunya perlu mengetahui rute lokasinya dulu. Nah, lokasi gunung ini alamatnya berada di Cibiru Wetan, Cileunyi, Bandung Jawa Barat untuk memudahkan bisa menggunakan maps di handphone atau bertanya pada masyarakat sekitar.

Pesona Gunung Manglayang

Jika disandingkan dengan deretan gunung-gunung yang lain seperti, gunung Tangkuban Perahu, Burangrang, Bukit Tunggu maka Gunung Manglayang menjadi gunung yang terindah. Maka dari itu untuk para pendaki yang menyukai ketinggian diatas 6.000 kaki gunung ini tidak cocok untuk dijadikan tempat pendakian.

Tapi jika hanya ingin melihat alam bebas dari ketinggian dibawah 6.000 kaki Gunung Manglayang Bandung ini sangat cocok. Karena memberikan pemandangan alam yang luar biasa indah.

Lihat juga pesona gunung lainnya di Bandung: Gunung Tangkuban Perahu

Lokasi gunung ini pun sudah menyediakan beberapa fasilitas yang bisa digunakan para pendaki yang datang, seperti tempat ibadah, kamar mandi, warung makan dan minus, serta fasilitas yang lainnya.

Jalur Menuju Puncak Gunung Manglayang

Untuk lokasi tempat campingnya berjarak sekitar 900 meter dari pintu gerbang dari situs batu kuda manglayang. Tempat camping yang disediakan sangat cocok untuk dijadikan tempat outbound para pelajar atau mahasiswa yang datang. Ada 4 rute yang bisa dilewati untuk mencapai puncak Gunung Manglayang Bandung, yaitu :

1. Jalur Tugu Kostrad

Jika ingin ke puncak melalui jalan ini bisa masuk melewati cilengkrang 1 lalu menuju wisata curug cilengkrang. Setelah sampai di pintu masuk Curug Cilengkrang tinggal lihat ke arah barat, tidak jauh dari pintu masuk ada jalan setapak yang biasa dipakai jalur motor trail.

Setelah itu lurus saja mengikuti jalan sampai pohon pinus terakhir disana dapat dijumpai pepohonan yang cukup rimbun dan ada jalan setapak disana, lalu tinggal mengikuti jalan itu saja tidak jauh dari situ terdapat persimpangan, dan kembali mengambil jalan yang lurus karena jalan yang belok ke kiri menuju Palintang.

2. Jalur Batu Kuda

Ada 2 jalur yang dapat dilalui untuk menuju puncak Gunung Manglayang, pertama bisa mengambil jalan lurus langsung dan sampai di puncak pertama lalu melewati tebing. Kurang lebih sekitar 2 jam untuk bisa sampai di puncak pertama. Nah, jalur yang kedua yaitu melewati baru beurem dan akan sampai di puncak timur/puncak bayangan.

3. Jalur Jatinagor

Jika melewati jalur ini berarti menuju jalur puncak bayangan, yang mana akan disuguhi jalan yang terjal dan berdebu sampai ke puncak bayangan.Namun, pemandangan di jalur ini paling indah dibanding jalur yang lain, apalagi kalau camping di puncak timur, maka akan sangat jelas untuk dapat melihat sunrise dan sunset .

Waktu yang ditempuh pun cukup singkat, kurang lebih sekitar satu setengah jam untuk dapat sampai di puncak bayangan.Dari puncak bayangan menuju puncak utama kurang lebih setengah jam.

4. Jalur Palintang

Jalur ini bisa melalui Alun-alun Ujung Berung lalu mengambil jalan ke arah utara menuju desa Palintang. Setelah sampai di SD Palintang disana terdapat jalan menuju kaki Gunung Manglayang, sampai di kaki Gunung Manglayang ikuti jalur motor croos yang tembus di jalan tugu kostrad.

Jika terus berjalan mengikuti jalur tersebut, ambil jalan yang langsung menuju puncak, tapi medan jalan yang ditempuh lebih sempit dan dipenuhi rumput yang cukup rimbun.Waktu yang dibutuhkan untuk sampai di puncak Manglayang kurang lebih 4 jam.

Fakta Tentang Gunung Manglayang Bandung

Banyak para pendaki yang belum mengetahui keberadaan gunung ini, nah ini ada beberapa fakta mengenai Gunung Manglayang Bandung yang perlu diketahui:

1. Belum Banyak Pendaki Yang Mengetahui

Walaupun letaknya strategis dan akses jalannya mudah dilalui, karena lokasinya cukup dekat dengan kampus Unpad Jatinagor. Namun masih banyak pendaki yang belum mengetahui keberadaan gunung yang bisa menjadi alternatif pilihan saat weekend ini.

Mungkin yang menjadi alasan gunung ini belum diketahui banyak orang atau pendaki adalah karena tidak ada nya legenda seperti pada beberapa gunung lain yang ada di Jawa Barat. Sebenarnya, gunung ini merupakan objek pendakian yang menarik terutama untuk para pecinta alam atau pendaki pemula karena tingginya yang tidak hanya 1818 mdpl saja.

2. Gunung Terindah Di Bandung

Memiliki ketinggian yang lebih rendah di bandingkan dengan gunung-gunung lainnya, Gunung Manglayang ini termasuk gunung terindah yang menyajikan keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan. Walaupun puncak gunung ini tidak seperti gunung-gunung lainnya yang menyuguhkan keindahan gumpalan-gumpalan awan yang menggulung.

Gunung ini memiliki puncak seperti tanah lapang yang dipenuhi dengan pepohonan, sehingga lebih terasa sejuk dan asri. Bagi yang ingin camping atau mendirikan tenda tempat ini jadi pilihan yang tepat. Apalagi menikmati keindahan puncak gunung ini sambil bersantai menggunakan hammock, makin ciamik bukan.

3. Misteri Batu Kuda

Gunung Manglayang, diambil dari kata “Layang” yang berarti “Terbang“. Konon dulu, ada kuda terbang bernama Sempani yang sedang melakukan perjalanan udara menuju Banten. Tapi sayang, di tengah perjalanan kuda Sempani jatuh terperosok di lereng Gunung Manglayang sehingga terjebak dan tidak bisa melepaskan diri karena terlilit semak belukar.

Saking lamanya kuda Sempani terjebak, kuda itu pun berubah menjadi batu. Masyarakat sampai saat ini percaya bahwa batu besar yang menyerupai kuda dan letaknya di dekat jalur pendakian itu adalah perwujudan dari kuda Sempani yang terjebak di lereng gunung.

4. Misteri Dilarangnya Mendaki Saat Hari Senin Dan Kamis

Setiap tempat pasti memiliki cerita mistis masing-masing, tidak terkecuali Gunung Manglayang. Dahulu, masyarakat sekitar mempercayai bahwa pada saat hari senin dan kamis pendakian di tutup. Tidak memperbolehkan siapapun memasuki kawasan gunung ini, apalagi dengan jumlah rombongan yang ganjil.

Karena pada dua hari itu, roh para leluhur termasuk roh Sempani datang ke gunung untuk berkumpul. Banyak hal buruk yang terjadi di Gunung Manglayang. Pada akhirnya masyarakat mendatangkan 44 orang sesepuh untuk mengadakan ritual “keakuran”  agar parah roh tidak mengganggu orang-orang yang berkunjung.

Ritual ini di lakukan di area Batu Kuda. Ritual dilakukan dengan menghasilkan kesepakatan bahwa setiap orang boleh mengunjungi gunung ini kapan saja dan berapa pun jumlah rombongannya. Asalkan mereka tidak merusak keasrian alam, tidak mencabut pepohonan, ataupun mencoret-coret batu yang ada.

5. Terdapat Satu Makam Keramat Di Puncak Gunung

Jangan kaget jika nanti mendaki Gunung Manglayang dan menemukan satu makam yang konon dianggap keramat oleh warga sekitar yang letaknya di puncak gunung. Setiap objek wisata pegunungan pasti terdapat makam bahkan tidak hanya satu, tapi ada beberapa makam di puncaknya. Baik makam leluhur, maupun mayat pendaki yang dimakamkan disana.Agak terdengar seram sih, tapi fakta ini wajib diketahui, lho. Demi kenyamanan saat melakukan pendakian.

Adanya makam yang di anggap keramat ini juga, agar saat mendaki bisa lebih berhati-hati dalam mengucapkan perkataan selama masa pendakian. Tujuannya agar mereka “penunggu” yang ada di sana tidak merasa terusik dan terganggu akan kehadiran para pendaki yang datang.

Harga Tiket Masuk Gunung Manglayang Bandung

Harga tiket masuk ke setiap gunung pasti berbeda-beda besarnya. Untuk harga tiket masuk gunung ini sangat terjangkau dan tidak terlalu merogoh kocek yang dalam. Jika hanya ingin berkunjung untuk menikmati keindahan alam tiket yang harus dibayar sebesar Rp 7.500,-/orang, tapi jika ingin bermalam atau berkemah disini tiket yang harus dibayar sebesar Rp 10.000,-/orang.

Jika menggunakan motor, maka dikenai biaya parkir sebesar Rp 5.000,-. Tidak hanya harga, jam tempat wisata pun berbeda-beda. Jam buka operasional Gunung Manglayang Bandung yang setiap harinya buka 24 jam. Tapi harga dan jam sewaktu-waktu bisa saja berubah, untuk mengetahui lebih pasti silakan langsung mengunjungi gunung ini.

Harga tiket bisa dibilang sangat murah, nah anda tertarik atau ingin juga datang ke objek lainnya di Bandung dengan biaya lebih hemat? Solusinya gunakan paket wisata Bandung 4 hari 3 malam (4D3N) yang dimiliki oleh tourbandung.id. Selain banyak destinasi yang nanti akan dikunjungi banyak fasilitas dan tawaran menarik dari tourbandung.id ini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *