Gunung Puntang Bandung, Bumi Perkemahan Favorit Jelajahi Alam

Berkunjung ke bandung jangan lupa untuk turut serta datang ke tempat wisatanya. Sudah cukup banyak destinasi alam kota ini, salah satunya yaitu Gunung Puntang. Gunung Puntang yang terletak di daerah bandung selatan tentu tempat ini memiliki banyak sekali situs sejarah  yang dapat dikunjungi.  Pencinta alam tentu sudah mengenal tempat wisata Gunung Puntang Bandung ini, gunung memang sudah sering di kunjungi baik untuk kegiatan perkemahan maupun tempat wisata.

Sejarah Gunung Puntang Bandung

Dahulu Gunung merupakan lokasi yang sangat strategis sehingga menjadi tempat penyiaran radio dimana sinyalnya dapat terdengar hingga ke Belanda. Radio tersebut adalah radio Malabar yang menjadi radio terbesar se-Asia Tenggara saat itu. Radio ini dibangun sekitar pada tahun 1923 oleh dr de Groot pada zaman Hindia Belanda. Stasiun radio ini dilengkapi dengan sebuah pemancar buatan Telefunken buatan Jerman dengan daya sebesar 3,5 megawatt.

Lihat juga wisata arung jeram bandung

Stasiun radio ini mempunyai  antena yang digunakan untuk dapat memancarkan sinyal radio memiliki panjang sekitar 2 kilometer, membentang di antara gunung Malabar dan Halimun dengan ketinggian mulai dari dasar lembah hingga mencapai 500 meter.

Antena pemancar tersebut digunakan sebagai alat komunikasi langsung dengan pihak Belanda yang berjarak sekitar kurang lebih 12 ribu kilometer. Letak stasiun radio ini dikelilingi oleh pohon pinus serta berada sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut.

Lokasi Dan Akses Ke Gunung Bandung

Gunung puntang terletak di Desa Puntang, Kecamatan Cimaung, Bandung, provinsi Jawa Barat. Berjarak sekitar kurang lebih 29 km jika dari pusat kota Bandung melalui jalan Raya Banjaran dengan waktu tempuh 1 jam 16 menit. Dan berjarak sekitar 18 km dari Soreang melalui jalan Mekar Jaya-Sindanng Pangong dengan waktu tempuh kurang lebih 36 menit jika jalur jalan lancar. Untuk tiba  lokasi ini dapat diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Arah yang dituju untuk bisa mencapai lokasi ini tidaklah sulit yaitu melalui Banjaran atau kawasan Pangalengan. Rute tersebut dibagi menjadi beberapa yaitu, jika  dari arah Kota Bandung : Kota Bandung  kemudian menuju Kopo Sayati (melewati Miko Mall) setelah itu Katapang – Soreang (melewati kawasan Warung Lobak) dan tiba di Banjaran ( menuju kawasan Pangalengan ).

Selain itu jika  melewati arah Kopo Sayati langsung saja  menuju Soreang. Untuk melewati kawasan ini dapat juga diakses dengan menggunakan jalur Dayeuh Kolot/Baleendah yang kemudian bertolak menuju kawasan Banjaran-Pangalengan.

Bingung dengan rute diatas? Solusinya sangat gampang sekali, anda cukup sewa mobil dengan supir atau sewa bus untuk yang pergi liburan bersama rombongan. Nah, jasa tour and travel di Bandung anda bisa hubungi tourbandung.id, jasa tour and travel yang terpercaya.

Fasilitas Dan Akomodasi  Gunung Puntang Bandung

Situs Gunung Puntang terletak di komplek Gunung Malabar, Kabupaten Bandung pad  ketinggian 1.300 mdpl dengan suhu sekitar 18 – 23 derajat Celcius. Sedangkan pada puncak tertingginya yaitu Puncak Mega memiliki ketinggian 2222 mdpl. Gunung Puntang ini memiliki area yang cukup luas dan dapat digunakan sebagai area berkemah ataupun camping.  Harga Tiket untuk dapat masuk gunung ini pun cukup murah hanya berkisar Rp 5.000 per orang.

Di sekitar gunung Puntang sudah banyak fasilitas umum yang disediakan mulai dari WC umum, Tempat Parkir, Fasilitas untuk penunjang kegiatan Outdoor, Mushola serta penginapan. Bagi yang tidak ingin berkemah dapat pula melakukan penginapan yang ada di sekitar Gunung Puntang ini.

Sudah banyak villa-villa maupun motel yang dapat di sewa selama berada di Gunung Puntang.  Kebanyakan villa berkonsep pondok penginapan ini dapat di sewa dengan harga kira- kira sekitar Rp 150.000 hingga Rp 200.000 untuk satu malam.

Kegiatan Yang Dapat Dilakukan Di Gunung Puntang Bandung

Keindahan gunung puntang tak lengkap jika hanya sekedar berfoto ria dan berselfie tanpa melakukan aktivitas lainnya. Banyak sekali aktivitas yang dapat dilakukan saat berada di Gunung Puntang Bandung. Berikut ini kegiatan yang dapat dilakukan saat mengunjungi gunung puntang :

1. Berkemah

Wisata gunung Puntang yang berada pada ketinggian 2223 mdpl memang terkenal sebagai bumi perkemahan. Tak jarang banyak pelajar yang datang berbondong-bondong ke tempat untuk mendirikan tenda. Bumi perkemahan ini terletak pada ketinggian 1300 mdpl dengan udara yang sangat sejuk dan juga segar.

Lihat juga: Bukit Moko Bandung

2. Hiking

Selain berkemah kita juga dapat melakukan pendakian di  gunung puntang. Gunung Puntang ini memiliki empat puncak yang begitu indah, yaitu puncak Mega, puncak Puntang, puncak Haruman dan juga puncak Malabar. Sehingga tidak jarang orang sering menyebut nama keempatnya sebagai satu kesatuan untuk menunjukan wilayah pegunungan ini.

3. Menuruni Gunung

Selain mendaki trek yang tidak kalah menantang adalah saat menuruni gunung puntang. Perjalanan turun gunung ini ternyata tidak kalah meletihkannya dengan saat mendaki. Turunan yang begitu terjal membuat kaki harus dipaksa menahan berat badan terus menerus tanpa henti. Trek ini cukup melelahkan juga walaupun tidak seberat dengan trek saat naik gunung.

4. Bersepeda

Tidak hanya mendaki dan berkemah saja, kita juga dapat bersepeda selama berada di sekitar gunung puntang. Kegiatan juga tak kalah menantang dan memacu adrenalin dengan mengendarai sepeda di area gunung dengan jalan yang tak rata.

Barang Yang Perlu Dibawa Saat Berkemah Di Gunung Puntang

Gunung Puntang sudah cukup terkenal sebagai bumi perkemahan di Bandung. Sebelum berkemah ke gunung puntang terlebih dahulu persiapkan barang bawaan sebelum tiba di bumi perkemahan. Jangan sampai kegiatan berkemah gagal gara-gara tertinggal barang bawaan. Simak 5 barang bawaan yang wajib di bawa saat berkemah di Gunung Puntang Bandung :

1. Tenda

Yang perlu dibawa yang pertama adalah tenda. Tak mungkin pergi berkemah tanpa membawa tenda, barang ini hal yan diperlukan utama. Jangan asal memilih, dan membawa tenda, perhatikan dengan jeli segala kelengkapan sebelum dibawa. Mulai dari jumlah tiang, pasak, serta lainnya. Dan yang paling penting pastikan dalam satu kelompok camping ada yang mengerti cara memasang dan membongkar tenda.

2. Sleeping Bag Atau Alas Tidur

Di manapun destinasi camping yang dilakukan, alas tidur perlu dibawa. Barang ini yang akan membantu agar tidur menjadi tetap nyaman dan nyenyak, meskipun berada di alam bebas. Terdapat dua desain sleeping bag yang dapat dipilih, yaitu tipe selimut serta tipe mummy. Tak perlu membelinya, peralatan ini ada di persewaan alat-alat outdoor, hanya tinggal memilih dan membayar harga sewa dengan harga terjangkau kok.

3. Alat Masak Dan Alat Makan

Terdapat dua jenis alat masak portabel yang dapat dipilih untuk dibawa camping, yaitu nesting ataupun trangia, yang membedakan hanyalah jenis bahan bakar yang digunakannya saja. Jika netsing menggunakan kompor serta gas mini hi-cook, trangia menggunakan bahan bakar spirtus.  Jangan lupa juga membawa alat makan, mulai dari piring, sendok, gelas, dan pisau dan lain sebagainya

4. Senter Atau Headlamp

Penerangan jelas sangat amat dibutuhkan. Jika hanya mengandalkan senter dari handphone saja, tentu sangat tidak cukup kuat untuk membantu menerangi selama perjalanan. Oleh sebab itu, perlu membawa senter yang sesungguhnya atau setidaknya headlamp untuk dapat membantu ketika akan mencari ‘toilet’ di alam. Jangan lupa, juga bawa baterai cadangan.

Kunjungi juga: Curug Citambur Bandung

5. Trash Bag Atau Kantong Plastik

Satu hal tidak boleh dilupakan yaitu trash bag. jangan pernah membuang sampah di sembarangan tempat. Pencinta alam selalu melindungi alamnya, salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Baik di gunung maupun di pantai, wajib membawa trash bag atau minimal yaitu kantong plastik untuk dapat menampung berbagai macam sampah.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *