Gunung Tangkuban Perahu, Destinasi Wisata Favorit Di Bandung

Jika waktu liburan telah tiba pastinya banyak orang yang mulai sibuk mencari destinasi wisata yang akan dikunjungi. Berbagai jenis wisata yang dikunjungi oleh wisatawan salah satunya adalah melihat pemandangan yang indah dari gunung. Salah satu tempat favorit yang sering dikunjungi oleh traveller adalah Gunung Tangkuban Perahu Bandung.

Jadi sangat wajib ketika berkunjung ke kota ini untuk mengunjungi salah satu destinasi wisata yang ada di Bandung. Gunung Tangkuban Perahu juga masuk paket wisata 2 hari 1 malam (2D1N) yang dimiliki oleh tourbandung.id. Jadi bagi anda yang ingin ke objek wisata ini gunakan saja paket wisata 2D1N agar lebih seru, hemat dan praktis.

Sejarah Gunung Tangkuban Perahu

Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan bahwasanya Gunung Tangkuban Perahu Bandung Terbentuk akibat letusan Gunung Sunda Purba sekitar 50.000 tahun lalu. Gunung yang memiliki ketinggian 2.084 meter di atas permukaan laut ini pernah meletus pada tahun 1910 dan juga 1829.

Dari letusan tersebut membentuk beberapa kawah dengan jumlah keseluruhan sembilan yang menjadi destinasi favorit di Gunung Tangkuban Perahu. Menilik dari cerita legenda yang paling terkenal dari cerita legenda Gunung Tangkuban Perahu Bandung mengenai kisah cinta Sangkuriang dan Dayang Sumbi.

Lihat juga destinasi yang menarik lainnya: Gunung Batu Bandung

Pertemuan seorang ibu dan anak yang sudah lama tidak bertemu yang berujung dengan rasa cinta si anak. Pada akhirnya si Dayang Sumbi meminta anaknya itu untuk membuat bendungan yang bisa menutupi seluruh bukit dan sebuah perahu. Sangkuriang tidak dapat menyelesaikan pekerjaannya dan akhirnya dia mengamuk dengan menendang perahu yang dibuat yang akhirnya membentuk sebuah gunung terbalik.

Gunung Tangkuban Perahu Bandung ini terlihat seperti perahu karena terdapat dua kawah yang berdampingan antara arah barat dan timur. Jadi gunung ini akan terlihat seperti perahu terbalik dari arah selatan saja, dari arah lain tidak terlihat. Sehingga jika dilihat dari arah barat dan timur hanya terlihat seperti gunung biasa saja.

Status Gunung Tangkuban Perahu

Gunung ini merupakan salah gunung yang masih aktif sampai saat ini sehingga masih dalam pengawasan Badan Direktorat Vulkanologi Indonesia. Terdapat beberapa kawah yang masih mengeluarkan gas belerang dan juga sumber-sumber air panas yang terdapat di kaki gunung.

Gunung Tangkuban Perahu Bandung memiliki tiga kawah yang begitu terkenal menurut wisatawan yaitu kawah ratu, kawah domas dan kawah Upas. Untuk menjaga keselamatan pengunjung, setiap kawah dipasangi pagar pembatas dan sebaiknya menggunakan masker untuk menutupi hidung dan mulut.

Hal ini untuk mencegah terhirupnya belerang yang sangat menyengat di kawasan kawah. Pelu diketahui semua kawah tersebut terbentuk akibat letusan gunung Tangkuban Perahu.

Harga Tiket Masuk Gunung Tangkuban Perahu

Objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 dan dapat diakses menggunakan kendaraan pribadi.Bagi yang ingin mengunjungi destinasi wisata ini cukup mengeluarkan tiket masuk sebesar Rp. 15.000 per orang untuk wisatawan lokal.

Sementara itu wisatawan asing dibebankan tiket masuk Rp. 50.000 per orang untuk masuk ke objek wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung. Adapun rute menuju wisata ini adalah jika dari kota Bandung dapat menuju arah lembang langsung mengarah cikole selanjutnya menuju ke Gunung Tangkuban Perahu.

Akan sangat rugi jika belum pernah berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu dibalik harga tiket masuk yang murah juga disuguhkan dengan pemandangan indah kawah.

Wisata Favorit Yang Ada di Gunung Tangkuban Perahu

Begitu banyak keindahan yang ada di Gunung Tangkuban Perahu Bandung yang membuat pengunjung takjub melihatnya. Seperti yang sudah dikatakan tadi kawasan yang palinG terkenal dari tempat ini adalah pada kawahnya. Sehingga banyak wisatawan banyak berkunjung ke beberapa kawah yang terdapat di kawasan Gunung Tangkuban Perahu. Banyak diantara mereka menikmati keindahan kawah dan juga berfoto dengan latar belakang kawah.

1. Kawah Ratu

Salah satu kawah dari Gunung Tangkuban Perahu Bandung yang sangat luas sekitar 8.000 hektar. Letak kawah ini bersebalahan dengan kawah Upas dan menempuhnya pun tidak sulit karena dapat menggunakan kendaraan pribadi baik motor maupun mobil. Tempat wisata ini pengunjung akan menikmati keindahan dari kawah dan juga seperti sedang melihat mangkok raksasa.

Lihat juga yang tak kalah menarik disini: Tebing Keraton Bandung

Perlu diingat bahwasanya jika berkunjung menuju kawah ini sebaiknya datang di cuaca yang cerah. Karena jika datang di waktu hujan, keindahannya akan hilang dan pemandangannya tidak bagus. Kemudian tempat ini sangat cocok dijadikan spot foto dengan berlatar kawah dengan lekukan dinding dan dasar kawah yang jelas.

Bagi yang lapar ketika berada di kawah ini dapat menyantap kuliner yang dapat dinikmati di warung-warung dekat lokasi wisata. Pengunjung dapat membeli makanan, minuman bahkan cindera mata sebagai oleh-oleh untuk teman atau keluarga. Menunggang kuda juga dapat dirasakan jika malas berjalan kaki yang dapat mengatarkan pengunjung mengelilingi kawasan ini.

2. Kawah Domas

Kawah ini memiliki jarak sekitar 1,2 km dari Gunung Tangkuban Perahu Bandung dan masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Akan tetapi, kawasan ini tidak terlihat seperti kawah karena didominasi oleh longsoran tebing berwarna putih, sehingga tidak begitu terlihat kawah seperti mangkok raksasa.

Beberapa tebing berwarna kuning dan terdapat rongga yang mengeluarkan asap belerang. Kawasan ini memang tidak terkenal layaknya kawah Ratu tetapi memiliki sumber mata air panas. Wisatawan dapat menikmati pemandangan dan bersantai sambil merendamkan kaki di air belerang yang hangat.

Salah satu khasiat air belerang adalah dapat menyembuhkan penyakit kulit. Begitu banyak wisatawan yang mencoba sensasi meredam kaki dengan hangatnya air belerang.

3. Kawah Upas

Jika berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu Bandung, maka wisatawan dapat menikmati sebuah tebing yang curam dengan latar pemandangan yang sangat indah. Lokasi itu adalah kawah Upas yang terletak sekitar 1 km di sebelah utara kawah ratu.

Waktu terbaik untuk mengunjungi kawah ini adalah sebelum matahari terbit. Jadi ketika matahari terbit akan disuguhkan dengan cahaya yang muncul dari balik gunung yang luar biasa indahnya. Akses menuju kawah ini dapat melalui jalan setapak sehingga pengunjung harus berjalan kaki terlebih dahulu.

Jadi wisatawan harus menahan pegalnya kaki dan pastikan menggunakan alas kaki yang nyaman supaya perjalanan tidak terganggu. Namun terkadang petugas harus menutup akses menuju tempat ini untuk menghindari gas beracun yang sewaktu-waktu naik.

Tips Dan Saran Bagi Pengunjung

Bagi orangtua yang membawa anak-anak harus berhati-hati karena akses menuju tempat ini sedikit berbahaya. Kemudian perlu diketahui, bahwasanya kawah Upas tidak memiliki fasilitas pendukung seperti tempat wisata lainnya. Pagar pembatas untuk mulut kawah pun tidak disediakan sehingga harus terus berhati-hati saat berada di kawasan ini. Kemudian satu hal yang terpenting tetap selalu menjaga kebersihan dan keindahan tempat ini. Jadi jika sudah berada di Kota Kembang ini sebaiknya singgah dahulu ke Gunung Tangkuban Perahu Bandung. Karena tempat ini memberikan pemandangan yang sangat indah dengan berbagai kecantikan kawah yang tercipta karena letusan gunung.

Jadi, sangat rugi kiranya jika belum pernah mengunjungi tempat ini bahkan susah pulang jika sudah datang tempat ini. Kemudian biaya tiket masuk yang murah serta akses menuju kawasan Gunung Tangkuban Perahu Bandung sangat mudah.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *