Indo Wisata Permata Bandung, Wisata Edukasi Yang Menarik

Kota bandung tidak hanya terkenal dengan wisata alam dan kulinernya. Wisata edukasinya juga layak diperhitungkan. Salah satunya adalah Indo Wisata Permata Bandung. Wisata edukasi yang terkenal pertama di Asia ini sayang sekali untuk dilewatkan. Berikut sedikit ulasannya:

Lokasi, Jam Buka Dan Harga Tiket Masuk 

Lokasi Indo Wisata Permata Bandung ini terletak di Kompleks Citra Green Dago Blok N 1-10. Alamat tepatnya yaitu di Jalan Citra Green,Cidadap, Ciumbuleuit, Bandung Jawa Barat. Jam buka Untuk salah satu tempat wisata edukasi ini yaitu jam 10.00 sampai tutup jam 17.00 WIB untuk setiap harinya.

Lihat juga wisata bandung ala koboy

Untuk memasuki kawasan Indo Wisata Permata Bandung, pengunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar RP. 50.000 per orang.Dengan membeli karcis ini akan sekaligus dapat dijadikan voucher. Voucher tersebut bisa digunakan pengunjung agar mendapatkan potongan harga atau diskon saat melakukan pembelian berlian di Galeri.

Namun jika tidak berminat untuk membeli berlian di Galeri, pengunjung dapat menggunakan voucher tersebut untuk keperluan lainnya. Seperti menukarkan makanan atau minuman yang tersedia di kafe lantai 6 bangunan gedung.

Fasilitas Indo Wisata Permata Bandung

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola Indo Wisata Permata Bandung ini adalah kafe. Kafe ini disediakan tepat di lantai 6 di dalam gedung. Selain bisa digunakan bersantai, dari lokasi kafe tersebut pengunjung dapat sekalian menikmati pemandangan indah dari atas gedung.

Salah satunya adalah Gedung Maj Collection. Gedung tersebut merupakan bangunan iconic yang berada di Kawasan Dago. Kafe ini akan dibuka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 17.00 WIB.

Fakta-Fakta Unik Di Indo Wisata Permata Bandung

Salah satu wisata edukasi Indo Wisata Permata Bandung mempunyai beberapa fakta unik yang perlu diketahui .Karena bisa dijadikan bahan referensi wisata jika kebetulan ada kesempatan berkunjung ke Bandung. Berikut Fakta-fakta uniknya.

1. Wisata Edukasi Berlian Pertama Di Asia

Indo Wisata Permata Bandung ini diklaim menjadi pertama di- Asia. Di salah satu tempat wisata ini pengunjung akan mendapat wawasan baru yang mungkin belum pernah ditemukan jika berkunjung ke destinasi wisata lainnya. Pasalnya diketahui bahwa wisata sejenis ini hanya ada di Amsterdam.

2. Sajian Film Pendek Tentang Perkembangan Berlian Indonesia

Ketika berkunjung ke Indo Wisata Permata Bandung ini, awalnya pengunjung akan diajak menikmati sebuah sajian film dokumenter pendek. Film pendek tersebut menceritakan kisah perkembangan berlian di Indonesia dari awal hingga kini. Selain itu juga ditampilkan mengenai fakta-fakta Martapura, Jenis dari berlian dan lain-lain.

3. Sarana Refreshing Pelepas Penat

Lokasi Indo Wisata Permata Bandung ini letaknya tepat berada di kaki bukit Dago. Sehingga udara di sekitar terasa sejuk . Jadi selain mendapat edukasi, bisa berbelanja berlian juga dapat refreshing diri dari penat karena aktivitas sehari-hari.

Lihat juga tempat wisata lainnya: Jendela Alam Bandung

4. Melihat Secara Langsung Proses Pembuatan Berlian

Pengunjung akan dipandu untuk melihat secara langsung proses produksi berlian. Di sebuah ruangan mirip labirin dan melihat melalui kaca transparan. Dimulai dari Proses marking hingga mikro setting. Setidaknya terdapat 6 proses pengolahan berlian yang diperlihatkan kepada pengunjung. Seperti diantaranya proses perencanaan, pembelahan, pengasahan dan penggosokan.

5. Pengunjung Dapat Membeli Langsung Berlian Di Galeri

Di Kawasan Indo Wisata Permata Bandung selain bisa melihat secara langsung proses produksi berlian juga terdapat sebuah Galeri. Di Galeri tersebut di pajang berlian-berlian yang bisa dibeli oleh pengunjung. Tentu dengan berbagai varian harga. Dari yang paling murah yaitu dibawah satu juta hingga bernilai milyaran rupiah.

6. Pengunjung Dapat Membeli Berlian Dengan Harga Di Bawah 1 Juta

Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa berlian berharga mahal. Hanya dapat dibeli oleh kalangan menengah keatas saja. Namun asumsi itu tidak berlaku di Indo Wisata Permata Bandung. Karena di tempat ini berlian ada yang dibandrol dengan harga dibawah 1 jutaan.

Dengan begini tidak hanya masyarakat kelas menengah atas saja yang dapat membeli barang mewah ini. Namun untuk kalangan menengah bawah pun sudah dapat memiliki berlian.Rentan harga termurah untuk jenis berlian yang dijual di sini adalah antara harga 600.000-900.000. Harga itu biasa untuk berlian pada liontin dan cincin.

7. Menawarkan Berlian Bersertifikat GIA Dengan Harga Miring

Meskipun berharga sedikit miring, Indo wisata permata Bandung mengklaim bahwa produknya diproduksi dengan kualitas baik bahkan dilengkapi sertifikat. Yaitu sertifikat asli dari Gemological Institute of Amerika (GIA). Mereka menjelaskan bahwa harga murah disebabkan karena proses produksi dilakukan mandiri jadi bisa menghemat biaya.

8. Memproduksi Berlian Dengan Kualitas Yang Baik

Pengolahan berlian telah menggunakan teknologi yang mutakhir. Kabarnya semua alatnya didatangkan langsung dari India dan Rusia. Selain itu staff yang dipekerjakan merupakan beberapa tenaga ahli dari India. Karena Negara tersebut sudah dikenal terpercaya untuk masalah batu berlian.

Di tempat ini berlian dihasilkan akan dibalut sebuah lapisan perekat berupa emas murni. Bahkan emas murni yang dibalurkan sebagai perekat hingga 9 karat.

9. Berlian Yang Dihasilkan Ada Yang Mencapai 1,7 Miliar

Walaupun di Indo Wisata Permata Bandung menawarkan berlian dibawah 1 juta, namun tidak serta merta menghilangkan kualitas terbaik di dalamnya. Standar excellent selalu diterapkan untuk proses produksi. Karena berlian yang dijual bahkan ada yang nilainya mencapai 1,7 miliar.

Tips Merawat Berlian

Berkunjung ke Indo Wisata Permata Bandung memang bukan hanya sarana rekreasi semata namun bisa juga menjadi “surga” bagi pencinta berlian. Lalu bagaimana untuk yang masih awam dengan berlian namun ingin mencoba memiliki salah satu jenis perhiasan ini?. Simak uraian berikut, cara merawat berlian dengan benar:

1. Jangan Sampai Hilang, Asuransikan Jika Diperlukan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menjaga berlian agar jangan sampai hilang. Pastikan meletakkan dalam satu wadah khusus agar aman. Hindari melepas berlian dan meletakkan di tempat rentan seperti wastafel atau bathub.

Jika perlu asuransikan karena akan sangat menguntungkan jika berlian terpaksa harus hilang. Karena nilai berlian akan terus meningkat setiap tahunnya.

2. Menyimpan Dengan Benar

Simpan berlian dengan benar pada 1 tempat khusus seperti kotak maupun kantong yang terbuat dari kain. Hindari untuk meletakkan berlian bercampur dengan perhiasan atau berlian lain.Karena hal ini akan mengakibatkan saling gores dan jadi tidak berkilau lagi.

3. Mencuci Secara Rutin

Mencuci berlian dengan sikat gigi lembut, dan sebaiknya menggunakan cairan khusus yang dibeli di toko berlian. Sebagai alternatif bisa juga digunakan air hangat yang dicampur sabun yang lembut. Setelah dicuci bilas dengan air hangat lalu keringkan dan segera simpan.

4. Selalu Pastikan Berlian Dalam Keadaan Bersih

Berlian mempunyai sifat asli mengikat debu dan minyak. Hal ini membuatnya rentan menjadi kotor. Kotoran tersebut akan menyebabkan berlian menjadi redup dan tidak berkilau. Maka sebaiknya bersihkan secara rutin.

5. Sebaiknya Tidak Dipakai Berenang

Air pada kolam renang biasanya mengandung Klorin. Kita tahu bahwa emas akan melunak dan berubah bentuk jika mengenai zat ini. Jika kebetulan berlian diikat pada emas atau dijadikan kalung misalnya bisa berdampak bahaya. Karena bukan tidak mungkin kalung emas akan putus dan berlian akan lepas dari ikatan.

Itulah ulasan singkat mengenai salah satu wisata edukasi yaitu Indo Wisata Permata Bandung dan tips merawat berlian. Anda ingin berkeliling Bandung? Tidak tahu objek wisata yang menarik? Tenang gunakan saja paket wisata Bandung 2 hari 1 malam yang dimiliki oleh tourbandung.id, dapatkan harga terbaik dan fasilitas yang menarik.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *