Jalan Braga Bandung, Kawasan Seribu Keindahan Yang Harus Dikunjungi

Jalan Braga Bandung ialah nama salah satu jalan utama yang ada di Kota Bandung, Jawa Barat. Apa yang menarik dari jalan ini? Sebagai wilayah yang berjuluk Paris Van Java, Jalan Braga Bandung menjadi salah satu pusat perbelanjaan dan hiburan yang begitu besar. Selain itu, obyek wisata juga tidak kalah pentingnya menjadi daya tarik pengunjung. Itulah mengapa jalan ini menghadirkan seribu keindahan yang perlu dirasakan oleh para pengunjung.

Lihat juga cihampelas walk bandung

Dulu Jalan Braga Bandung hanya dihuni oleh beberapa toko saja, yang banyak didominasi oleh pedagang Belanda. Namun setelah mengalami berbagai macam perkembangan, Jalan Braga Bandung semakin padat ditempati oleh masyarakat dan wisatawan yang singgah ke daerah tersebut. Ada banyak hal yang perlu diketahui mengenai Jalan Braga Bandung ini. Mulai dari sejarah, karakteristik, tempat wisata, hingga kuliner akan dibahas dalam artikel kali ini.

Sejarah Jalan Braga Bandung

Jalan Braga Bandung awalnya adalah jalan kecil yang ada di dekat pemukiman yang sunyi, sehingga banyak yang menyebutnya sebagai Jalan Culik atau Jalan Pedati pada tahun 1900-an. Setelah beberapa dekade kemudian, jalan ini menjadi ramai karena banyak pengusaha-pengusaha dari Belanda yang berbisnis disana, mulai dari mendirikan toko, bar, dan beberapa tempat hiburan di lokasi tersebut.

Kemudian pada tahun 1920-1930-an, banyak ditemukan toko dan butik pakaian yang mengambil model pakaian dari kota Paris, Perancis, yang mana pada saat itu, Perancis menjadi pusat model pakaian di dunia. Berbagai macam pakaian yang terkenal di dunia didatangkan oleh Belanda dari Paris. Sehingga mulai dari sinilah Jalan Culik lebih dikenal dengan nama Paris Van Java.

Selanjutnya setelah zaman penjajahan Belanda berakhir, Paris Van Java tetap terus berkembang. Sampai pada akhirnya, nama Paris Van Java diubah menjadi Jalan Braga Bandung yang lebih familiar. Perkembangan pakaian, bisnis, dan pariwisata semakin maju pada abad ke-20 ini.

Pesona Jalan Braga Bandung

Jalan Braga Bandung didominasi oleh berbagai macam pertokoan yang memiliki corak khas dan tata kota yang sama dengan corak khas lama pada masa penjajahan Belanda. Corak khas bangunan dan tata kota mengikuti model yang digunakan di Eropa pada masa lalu.

Banyak dari bangunan di Jalan Braga yang diidentikkan dengan bangunan khas Eropa. Seperti contohnya adalah model bangunan Museum Konferensi Asia Afrika, Gedung De Vries, De Majestic, Landmark Convention Hall, dan gedung bercorak eropa lainnya.

Selain itu, juga ada bangunan penting lain yang dapat ditemukan, seperti Gedung Dekranasda Jawa Barat, Toko Sarinah, Apotek Kimia Farma, Kantor Bank Jabar Banten, Lembaga Kantor Berita Nasional Antara, dan Toko Roti Sumber Hidangan. Bangunan tersebut tersebar di sepanjang Jalan Braga Bandung, sehingga menambahkan keindahan bagi siapa saja yang melihatnya.

Tempat Wisata Di Jalan Braga Bandung Yang Patut Untuk Dicoba

Di Jalan Braga Bandung, juga terdapat destinasi wisata menarik bagi para pengunjung. Walaupun tidak sebanyak pilihan wisata di tempat lainnya, namun destinasi wisata di Jalan Braga tetap menjadi incaran wisatawan. Berikut tempat wisata yang patut dicoba oleh para pengunjung :

1. Museum Asia Afrika

Museum Asia Afrika dulunya adalah bernama “Gedung Merdeka”, yang digunakan sebagai tempat pelaksanaan Konferensi Asia Afrika pada tahun 1965. Saat ini, gedung tersebut digunakan sebagai koleksi foto-foto, diorama, dan berbagai macam peninggalan Konferensi Asia Afrika lainnya.

Lihat juga yang lainnya: Bukit Bintang Bandung

Berbagai kisah sejarah, kliping koran, hingga souvenir tentang Konferensi Asia Afrika dapat ditemukan disini. Museum Asia Afrika beralamatkan di Jalan Asia Afrika No. 65, Braga, Kota Bandung, Jawa Barat.

2. Braga City Walk

Braga City Walk merupakan kawasan wisata yang berada di Jalan Braga No. 99 – 101, Bandung. Di wilayah ini, terdapat berbagai pusat perbelanjaan, seperti mall, toko, hingga pusat hiburan. Seperti Malioboro di Jogja, Braga City Walk selalu ramai didatangi pengunjung, baik pengunjung lokal maupun interlokal sampai malam hari. Suasana di malam hari sangat asyik digunakan untuk jalan-jalan, apalagi melihat eksotisme Art Deco, yang merupakan bangunan peninggalan sejarah zaman Hindia Belanda dulu.

3. Enoss Travelers Tour Bandung

Salah satu obyek wisata sejuk yang selalu diminati pengunjung adalah Enoss Travelers Tour Bandung, yang terletak di Jalan Braga No. 45, Braga, Kota Bandung.  Enoss Travelers Tour Bandung menyuguhkan pemandangan alam yang luas dan eksotis untuk dilihat. Banyak dari turis mancanegara yang berkunjung untuk melihat nuansa alaminya tempat ini. Obyek wisata ini juga sering dijadikan untuk ajang selfie bersama.

4. Sin Sin Art Shop

Sin Sin Art Shop merupakan salah satu toko cinderamata yang laris didatangi oleh para wisatawan. Disini pengunjung dapat memilih bermacam-macam cinderamata yang memiliki kualitas yang sangat bagus. Sin Sin Art Shop beralamatkan di Jalan Braga No. 59, Braga, Kota Bandung.

5. Gedung Bank Indonesia Bandung

Gedung Bank Indonesia Bandung memiliki catatan sejarah yang begitu kentara. Dulu gedung tersebut difungsikan sebagai Gedung Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah VI (Jawa Barat dan Banten). Namun pada tahun 2014, Bank Indonesia meresmikan gedung tersebut sebagai cagar budaya. Sehingga sejak saat itu, Gedung Bank Indonesia mulai menjadi destinasi wisata baru yang dapat dikunjungi oleh wisatawan.

Kuliner Di Jalan Braga Dengan Cita Rasa Yang Menggoda

Kawasan Jalan Braga Bandung serasa tidak lengkap jika tidak ada kulinernya. Di Jalan Braga, akan banyak ditemui kuliner-kuliner menarik dengan rasa yang menggoda. Berikut kuliner-kuliner yang sering didatangi oleh pengunjung :

1. Warung Lima Rasa

Warung Lima Rasa merupakan kuliner yang menyediakan berbagai hidangan khas nusantara  yang beranekaragam dengan salah satu menu favoritnya adalah ayam geprek sambal mentah. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati menu-menu lain seperti ayam bakar madu, ayam goreng kremes, ayam goreng lengkuas, dan lain-lain. Minuman yang disajikan diantaranya adalah es teh, milkshake, vanilla, dll.

Ini wisata yang tak kalah menarik: Kawasan Punclut Bandung

2. Braga Art Cafe

Seperti Cafe-cafe pada umumnya, Braga Art Cafe menyediakan kopi sebagai menu utamanya. Kopi-kopi yang disediakan beranekaragam dari berbagai wilayah di Indonesia. Sajian-sajian kopi dibuat secara manual dan beberapa kopi dibuat ala barat, namun tetap tidak meninggalkan cita rasa khas Indonesia. Selain kopi, juga terdapat banyak menu, seperti nasi goreng ala Sunda, chicken parmigiana, dan lain-lain.

3. Braga Permai Resto And Cafe

Restauran ini merupakan salah satu restoran berkelas di Jalan Braga Bandung. Banyak variasi makanan yang ditawarkan, seperti sop buntut, lontong Cap Go Meh, sop buntut, huzarensla, bitter ballen, boulangers, dan menu-menu lainnya. Barga Permai Resto and Cafe ramai dikunjungi dan dapat digunakan sebagai kuliner untuk bulan madu.

4. Bacang Panas Braga

Tempat kuliner ini hanya memiliki 1 menu utama, yakni Bacang Panas Braga, sebuah makanan yang dibentuk dari beras yang direbus hingga padat dengan dicampur irisan daging sapi yang diletakkan di dalamnya. Sebagai lauk pelengkap, diatas bacang sering diberi daging gajih (lemak) dan sambal untuk menambah cita rasa. Harga untuk Bacang Panas Braga hanya Rp 8.000.

Itulah beberapa hal yang dapat anda temukan di Jalan Braga Bandung sebagai kawasan yang memiliki seribu keindahan. Jalan Braga Bandung kaya akan catatan sejarah, bangunan-bangunan penting, tempat wisata, hingga kuliner nya. Sehingga tidak heran jika banyak wisatawan berkunjung ke Jalan Braga Bandung yang cukup terkenal ini. Jika bingung untuk menuju objek wisata ini anda bisa sewa mobil plus driver di tourbandung.id untuk memudahkan perjalanan anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *