Kampung Dago Pojok

Keindahan Kampung Dago Pojok Bandung

Kampung Dago Pojok ialah sebuah kampung biasa yang merupakan hasil karya kesenian dari Rahmat Jabaril. Beliau adalah pelopor sekaligus pencipta dari kampung wisata Dago Pojok. Dalam pembangunan kampung wisata tersebut, Pemkot dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bandung juga turut andil. Sehingga keberadaan dari kampung wisata tersebut diakui serta dilindungi oleh pemerintah.

Lokasi Dago Pojok Bandung

Lokasi Kampung Dago Pojok

Kampung wisata Dago Pojok terletak di Jl Dago Pojok No 95, Dago, Coblong, Bandung. Lokasi dari kampung wisata tersebut tidak tergolong ke tempat terpencil. Sayangnya cukup jauh dari area jalur BRT Bandung. Sehingga bagi pengguna angkutan umum, pasti terasa cukup kesulitan sebab setelah turun dari bus harus menunggu angkot yang menuju ke destinasi.

Halte paling dekat dengan lokasi Kampung wisata Dago Pojok adalah setler Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial Bandung. Halte tersebut berada di Jl Ir H Juanda. Selain itu juga ada halte lain, yaitu halte hotel Bukit Juanda. Halte tersebut juga masih berada di Jl Ir H Juanda.

Setelah turun dari bus, dapat memilih menggunakan ojek / taxi online maupun konvensional. Supaya jauh lebih praktis dan cepat menuju ke destinasi. Namun dapat juga menggunakan angkot yang menuju ke kampung wisata tersebut.

Lihat juga Forest Walk Babakan Siliwangi

Oleh sebab itu sangat disarankan supaya menggunakan kendaraan pribadi bagi. Sehingga jauh lebih praktis, leluasa dan tidak membutuhkan waktu lama dalam perjalanan.

Harga Tiket Masuk Kampung Wisata Dago Pojok

Destinasi wisata Kampung Dago Pojok termasuk ke dalam kategori Free destination. Sehingga semua biaya yang dikeluarkan oleh pengunjung hanyalah biaya akomodasi makanan hingga souvenir.

Sedangkan untuk waktu operasional dari kampung wisata tersebut selama 24 jam. Tetapi lebih baik mengunjungi tempat wisata tersebut pada siang hari. Karena pada siang hari hasil dari foto akan lebih jelas daripada hasil foto pada malam hari. Pengunjung pun juga mempunyai waktu yang lama untuk menelusuri kampung wisata serta mengikuti aktivitas lainnya.

Selain itu sebagian besar aktivitas kampung wisata diadakan pada siang hari. Tepatnya pada pukul 08.00 WIB – 22.00 WIB.

Fasilitas Kampung Wisata Dago Pojok

Wisata Kampung Dago Pojok

Berikut ini adalah fasilitas yang tersedia di kampung wisata Dago Pojok :

  1. Spot Seni Mural

Spot seni mural adalah spot utama dalam kampung wisata Dago Pojok. Setiap sudut dingin rumah penduduk dipenuhi dengan aneka lukisan mural yang menjadi spot foto artistik dan unik.

Arti dari kesenian mural sendiri merupakan seni lukis yang menggunakan bidang dinding atau tembok atau media luas lainnya yang bersifat permanen. Dalam kata lain seni mural adalah melukis di dinding. Kata mural sendiri berasal dari bahasa latin, yaitu kata ” murus “. Kata tersebut mempunyai arti dinding.

Seni mural juga tergolong ke dalam seni kuno yang lahir pada masa prasejarah. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya temuan suatu lukisan di dinding gua Lascaux, daerah Perancis Selatan. Lukisan tersebut dibuat dengan menggunakan sari buah.

Seniman mural yang sangat terkenal di dunia adalah Pablo Picasso. Beliau merupakan salah satu seniman dunia pada masa Renaissance.

Kini perkembangan seni mural sangat pesat. Padahal sebelumnya kepopuleran dari seni rupa sempat tergeser dari seni musik yang menciptakan musisi dunia, khususnya Hollywood dan Korea. Seni mural pun banyak dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, seperti pariwisata kampung wisata Dago Pojok, Cafe hingga restoran.

  1. Tutorial membuat lukisan mural

Selain hunting foto di setiap sudut kampung yang dipenuhi dengan lukisan mural, pengunjung pun berkesempatan untuk membuat lukisan mural sendiri. Pengunjung akan didampingi secara langsung oleh penduduk setempat yang merupakan seniman mural setempat.

Selain itu juga akan mendapatkan wawasan luas tentang seni mural serta cara membedakannya dengan grafity. Kedua jenis seni rupa tersebut memang menggunakan dinding sebagai bidang utama. Untuk grafity lukisan dinding yang mengandung susunan kata dan tujuan tertentu. Sedangkan mural adalah seni lukis seperti lukisan pada umumnya, hanya saja menggunakan media dinding.

  1. Workshop

Di kampung wisata Dago Pojok juga diadakan Workshop secara rutin. Nara sumber dari Workshop tersebut adalah seniman ternama, khususnya tanah air. Dalam workshop tersebut akan dibahas dan diulas secara detail mengenai pengertian seni serta perkembangan seni dari seni klasik hingga kontemporer.

  1. Pentas seni

Selain diadakan workshops secara rutin, pengunjung juga akan disuguhkan dengan pentas seni budaya yang berkelas. Sebagian besar dari pentas seni yang disuguhkan adalah seni tradisional. Bukan hanya sekedar seni tradisional khas Jawa Barat, namun juga seni tradisional daerah lain. Misalnya seni tari Jaipongan, seni wayang, Reog, Kacapi Suling, Celempungan, Calung, Gondang, Tarawangsa dan lain – lain.

Bukan hanya seni pertunjukan, namun pengunjung akan disuguhkan dengan pertunjukan dolanan tradisional. Dengan pertunjukan dolanan, pengunjung akan mengetahui permainan anak – anak pada masa lalu yang telah ditinggalkan dan diganti dengan permainan modern seperti games.

Pertunjukan lain yang disuguhkan adalah seni bela diri khas Indonesia yaitu pencak silat. Hal yang menarik dari pencak silat adalah satu – satunya seni tradisional yang masih dilestarikan hingga kini. Bahkan peminat dari pencak silat juga cukup banyak, bahkan remaja modern juga sangat tertarik terjun ke dunia pencak silat.

  1. Wisata kuliner dan souvenir

Di kampung wisata tersebut terdapat rumah makan tradisional yang menyajikan menu khas sunda. Harga satu porsi sangat terjangkau. Lalu pengunjung pun dapat mengoleksi souvenir khas kampung wisata Dago Pojok.

Lihat juga Situ Cileunca Pangalengan Bandung

Dari fasilitas Kampung Dago Pojok, membuat tempat wisata tersebut merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *