Kampung Daun Bandung, Wisata Kuliner Bernuansa Alam

Kampung Daun Bandung merupakan andalan Kawasan Lembang sebagai salah satu tempat wisata alam dan wisata kuliner para wisatawan. Kampung daun ini adalah objek wisata kuliner bandung yang menawarkan konsep alami. Maka saat berkunjung ke tempat ini, pengunjung akan merasakan sensasi menikmati suasana pedesaan yang hening, fresh dan menenangkan.

Nah, akan menambah keseruan ketika saat pengunjung mencicipi kulineran Kampung Daun Yang menggugah selera. Selain menyajikan kuliner dan wisata yang bernuansa alam, saat awal masuk kampung daun anda akan disambut dengan para penjual Souvenir souvenir khas Bandung.

Lihat juga bukit bintang bandung

Souvenir khas jawa barat ini dijual dengan harga yang tidak terlalu mahal. Selanjutnya,  anda anda harus melakukan reservasi dulu selama kurang lebih 15 menit untuk mendapatkan pondokan atau meja kosong. Bagi anda yang belum tau banyak mengenai Kampung Baun Bandung berikut ini ada beberapa ulasannya.

Sejarah Wisata Kampung Daun Bandung

Wisata Kampung Daun mempunyai ciri khas dalam penataan kawasan wisatanya. Konsep penataannya cukup unik, yaitu Kawasan tepian desa yang sunyi ini benar benar didesain dengan ornamen tradisional yang antik seperti saung, tempat makan, lesehan dan kentara. Kentara adalah lampu yang menerangi kawasan ini. Nah yang lebih romantisnya di sepanjang jalan menuju tempat wisata ini, pengunjung dapat melihat jajaran lampu obor disisi jalannya.

Awalnya tempat ini adalah sebuah lembah kecil yang dikelilingi oleh perbukitan dan hutan mati.  Lokasi ini berada di antara 2 desa, yaitu desa Cihideung dan desa Cigugur. Kemudian pada tahun 1999 merupakan tahun awal berdirinya wisata yang berkonsep alam dan cafe ini. Dulu,  di kampung daun hanya terdapat 4 saung dengan menu serabi dan profertjes. Namun saat ini sudah terdapat 50 saung dengan ratusan karyawan yang bekerja di tempat ini.

Fasilitas Kampung Daun Bandung

Fasilitas yang ada di kampung daun bandung yaitu mulai dari area parkir yang luas,  villa,  tempat makan yang unik, serta kamar mandi.ditempat ini anda akan menjumpai pelatanan yang ramah dan cepat.  Selain itu ditempat ini juga terdapat jajanan tempo dulu seperti dodol,  gulali dan kembang gula.

Nah yang terakhir, ditempat ini juga terdapat permainan congklak dilengkapi dengan panggung hiburan serta gallery outlet untuk membeli souvenir khas jawa barat.  Dan fasilitas yang tak kalah menariknya yang terakhir yaitu,  di kampung daun ini anda akan menemukan keindahan panorama alam kota bandung dari atas.

Disana akan terlihat lokasi Bukit Dago sangat pas keindahannya dengan gemerlap cahaya kota bandung pada malam hari. Selain itu, disini anda dapat melihat pohon pohon besar yang menjadikan suasana seperti sedang di kampung sunda. Ada juga air terjun buatan dan api unggun buatan yang menambah kehangatan makan malam anda di kampung daun ini.

Lokasi Dan Jam Buka Kampung Daun Bandung

Lokasi kampung daun terletak di Jalan Sersan Bajuri KM 4.7 No. 88-RRI, Kota Bandung. Adapun rute jalan menuju tempat ini, jika dari arah bandung menuju jakarta lewat arah jalur jalan subang, sebelum kota lembang anda akan menemukan terminal Ledeng.

Nah, jika telah sampai di terminal ledeng, ada jalan ke arah ke depan sedikit dan kemudian belok kiri. Nah dari situ anda sudah memasuki jalan Sersan Bajuri. Sedangkan untuk jam buka kampung daun yaitu setiap hari senin-jumat mulai jam 11.00 s/d 23.00 WIB dan untuk akhir pekan mulai jam 11.00 s/d 24.00 WIB.

Daftar Menu Di Kampung Daun Bandung

Selain mengandalkan wisatanya yang bernuansa alam, kampung daun bandung, Kampung daun juga punya Wisata kuliner yang sangat menggiurkan. Berbagai jenis makanan nusantara ada di tempat ini. Menu makanan dan minuman khas indonesia maupun luar negeri seperti nasi timbul, tawon, sop buntut, pizza, hingga makanan khas jawa barat bisa anda jumpai ditempat ini.

Lihat juga: Kolam Renang Karang Setra Bandung

Satu lagi yang unik di tempat ini adalah penyajian makanannya yang mengandalkan konsep alam seperti nasi bakar di dalam bambu bekas bakar dan Minuman di dalam batok kelapa. Untuk lebih lengkapnya daftar menu yang ada di kampung daun dapat dilihat berikut ini:

1. Makanan Indonesia

nasi liwet parahyangan, gurami goreng sambal terasi/cobek, gurame bakar sambal kecap, nasi, tutug oncom, nasi pepes daun kemangi, sop gurami , nasi timbel komplit, nasi kukus kampung daun, bebek bakar bumbu bali, nasi goreng kampung daun, nasi goreng seafood dan nasi bakar belut.

2. Makanan Luar

chicken steaks, blackpaper beef, beef ribs, tenderloin steak makanan ringan, batagir
surabi kinca, tahu goreng, pisang goreng, colenak, pofferjes dan surabi oncom.

3. Minuman

cofee, bajigur, juice, bandrek, es goyobod, es selasih, caramel coffe latte, cold beverages, pink guava dan dwi warna juice.

Harga Makanan Di Kampung Daun

Keindahan alami di kampung daun memberikan kepuasan tersendiri yang tak ternilai harga nya bagi pengunjung. Untuk harga makanan di kampung daun mulai dari Rp. 8.000 hingga Rp. 115.000. Cukup terjangkau bukan? Nah, tempat Ini sangat recommended tentunya.

Tips Wisata Kampung Daun Bandung

Buat anda yang masih bingung mencari tempat liburan, Bandung wajib dikunjungi. Ada banyak wisata bandung yang sedang populer saat ini, salah satunya Kampung Daun Bandung. Buat anda yang tertarik untuk berwisata ke kampung Daun Bandung, nah berikut ini ada beberapa tipsnya.

1. Datanglah Di Waktu Sore

Waktu yang paling tepat untuk datang ke kampung daun adalah malam hari. Menikmati suasana malam hari yang dihiasi dengan lampu kekuningan akan tambah nikmat saat menyantap makan malam. Makan malam di saung saung yang cantik ditambah dengan gemercik air sungai dibelakang pondok membuat pengunjung Merasakan suasana tinggal di pedesaan.

2. Cari Penginapan Murah

Di kampung daun memang terdapat villa Kampung daun, akan tetapi harganya jauh lebih mahal. Untuk itu, jika ingin mencari penginapan murah carilah melalui Air Rooms atau Traveloka. Untuk memudahkan anda, carilah penginapan yang dekat dengan lokasi wisata yang akan dikunjungi.

3. Bawalah Kendaraan Pribadi Atau Sewa Mobil 

Jika ingin berkunjung ke kampung daun menggunakan angkutan umum hanya di antar sampai depan saja. Sedangkan untuk masuk ke villa dan resto kampung daun jaraknya masih jauh. Jika berjalan kaki jaraknya mungkin akan menghabiskan waktu 15-30 menit.

4. Siapkan Uang Yang Cukup

Untuk masuk ke kampung daun memang tidak dikenakan biaya, tapi untuk makan tentu akan mengeluarkan uang. Nah, untuk jaga jaga bawalah uang yang cukup agar anda tidak kehabisan uang saat makan di kampung daun. Makanan di kampung daun memang variatif dan terbilang untuk menengah ke atas. Untuk anda yang tidak membawa banyak uang cah, Tenang aja disini juga bisa bayar menggunakan kartu debit atau kartu kredit Kok.

Demikianlah info sekitar wisata alam dan kuliner kampung daun bandung. Semoga ulasan artikel di atas dapat menjadi rekomendasi untuk anda yang belum punya rencana atau masih galau ingin berlibur kemana. Ada banyak sekali tempat wisata alam di bandung yang menarik. Untuk mengunjungi semuanya gunakan saja paket wisata Bandung 5 hari 4 malam bersama tourbandung.id, dijamin puas menikmati fasilitas dan liburan di Bandung.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *