Design Kampung Korea di Bandung

Keunikan Dari Kampung Korea Little Seoul Bandung

Kampung Korea atau korea town dan little seoul korea adalah destinasi wisata yang mengusung konsep kebudayaan negeri ginseng korea. Dengan kepopuleran kpop terutama di Indonesia, semua hal yang berbau korea pasti sangat menarik perhatian dan menjadi tempat favorit para kpopers. Dengan adanya Little Seoul Korea pasti akan membuat penggemar kpop terbantu dan tidak perlu jauh – jauh ke korea untuk merasakan secara langsung pesona negeri Korea.

Lokasi Kampung Korea / Little Seoul Korea

Kampung Korea Bandung

Sebenarnya kampung Korea dan Little Seoul Korea merupakan 2 buah tempat yang berbeda. Walaupun kedua destinasi wisata budaya tersebut mempunyai konsep yang sama yaitu korea culture. Perbedaan dari ke dua tempat tersebut akan melengkapi koleksi negeri korea di Indonesia.

Tetapi Korea town saat ini tengah berada dalam pembangunan dan sama sekali belum dibuka untuk umum. Baik bangunan, spot foto, wahana, serta korea culture lainnya masih dalam tahap pembangunan.

Lihat juga Lembah Cimeta Citarum

Rencana pembukaan dari korea town setelah lebaran, tepatnya sekitar bulan Juni atau Juli. Sedangkan untuk tanggal pembukaan yang pasti belum dikonfirmasi sama sekali oleh pihak pengelola. Hanya telah beredar beberapa foto yang menjadi gambaran dari destinasi wisata budaya tersebut. Namun telah banyak yang menantikan keberadaan dari korea town tersebut.

Lokasi dari korea town berada di Jl Banten, Kebonwaru, Batununggal, Bandung. Lokasi tersebut sangat strategis dan dapat ditempuh dengan angkutan umum, taxi, ojek serta kendaraan pribadi.

Karena korea town sama sekali belum dioperasikan, dapat mengunjungi Little Seoul Korea terlebih dahulu. Baik korea town maupun Little Seoul Korea menyuguhkan pesona dari suasana korea. Dengan mengunjungi Little Seoul Korea, setidaknya dapat mengetahui gambaran tentang suasana kota negeri ginseng.

Sementara lokasi dari Little Seoul Korea terletak di Jl Sawunggaling No 10, Tamansari, Bandung Wetan, Bandung. Sama dengan lokasi dari korea town, Little Seoul Korea juga mempunyai tempat yang strategis.

Jika menggunakan angkutan umum, dapat turun di halte Cafe click yang berada di Jl Ranggagading. Kemudian berjalan ke arah Jl Harianbangga. Setelah sampai di ujung jalan, belok ke arah lokasi Little Seoul Korea. Jarak dari halte menuju ke Little Seoul tidak begitu jauh dan hanya membutuhkan waktu selama +15 menit dengan berjalan kaki.

Fasilitas Di Kampung Korea Little Seoul

Kampung Korea

Tempat wisata baru yang baru dibuka pada 2017, mempunyai fasilitas yang sangat kompleks. Berikut ini adalah fasilitas yang tersedia di Little Seoul Korea:

  1. Payment cards

Setiap pengunjung harus mempunyai payment card yang bernama chinggu citizens card. Kartu tersebut merupakan alat pembayaran utama dan khusus digunakan di Little Seoul Korea. Jadi hanya tinggal top up kartu supaya dapat bertransaksi di Little Seoul.

Keunikan dari kartu tersebut adalah menggunakan mata uang korea, yaitu won. Besar nilai tukar mata uang won ke Indonesia hanya 12 IDR. Namun belum diketahui secara pasti apakah nilai tukar dari kartu mengikuti perkembangan laju nilai kurs mata uang yang berlaku.

  1. Kuliner Khas Korea

Hampir sama dengan kuliner khas nusantara, Korea juga masih mempertahankan keberadaan kuliner tradisionalnya. Hanya dengan mengunjungi Little Seoul Korea, dapat menikmati kuliner yang sangat khas dengan korea, namun tentu saja disesuaikan dengan selera lidah lokal dan kondisi Indonesia.

Untuk makanan khas asli korea bukanlah tergolong makanan halal. Hal ini disebabkan mayoritas penduduk korea penganut Budha. Selain itu, banyak kuliner yang berbahan dasar daging babi.

Rempah – rempah yang digunakan untuk mengolah makanan pun juga sangat berbeda dengan kuliner Indonesia. Bahkan penyajian asli makanan khas Korea hanya menggunakan saus tiram. Sedangkan untuk daging, biasanya dimakan mentah-mentah.

Sehingga kuliner korea di Little Seoul, merupakan hasil adaptasi dari kuliner korea. Mulai dari rempah – rempah, bahan dasar hingga cara penyajiannya pun disesuaikan dengan kondisi Indonesia. Seperti tidak menggunakan daging babi dan rempah-rempah yang digunakan pun sesuai dengan rempah – rempah khas nusantara. Hal tersebut sangat menjamin bahwa kuliner korea di Little Seoul sangat halal.

Konsep dari Café pun sangat khas dengan street food korea. Cara pemesanan makanan juga telah menggunakan aplikasi dan tidak perlu memesan via waiters. Hal tersebut seperti kondisi dari Cafe korea yang telah memanfaatkan teknologi dalam berbagai bidang.

Hal yang terpenting adalah budaya antri. Hal itu mungkin sangat canggung di Indonesia yang sama sekali tidak mengutamakan budaya antri. Jadi pengunjung pun juga harus terbiasa serta belajar mengantri.

  1. Penggunaan Hangul Disetiap Tempat

Setiap jalan, toko, Cafe, jalan dan lain-lain menggunakan huruf Hangul. Penggunaan dari huruf Hangul pun juga tidak terpengaruh dengan bahasa Indonesia sama sekali.

Jadi semua yang tertulis dalam Hangul adalah bahasa korea. Dan bukan merupakan bahasa Indonesia yang ditulis dengan huruf korea.

Para pengunjung pun tidak perlu khawatir, sebab huruf Hangul juga terdapat romanisation. Jadi bagi yang belum belajar cara membaca Hangul, dapat membaca romanisation dari Hangul tersebut.

  1. Bangunan Khas Kota Seoul

Setiap bangunan dan tata kota Little Seoul juga sangat khas dengan kondisi dari kota Seoul yang asli. Mulai dari MRT, jalan pedestrian dan lain-lain. Sehingga ketika berada di Little Seoul serasa berada di kota Seoul sungguhan.

Lihat juga Perbukitan Karst Citatah

Itulah keunikan dari Kampung Korea Little Seoul Korea. Tempat tersebut merupakan tempat wisata yang sangat rekomended. Bahkan tidak ada tarif kontribusi sama sekali atau gratis. Para pengunjung pun hanya mengeluarkan sesuai dengan kuliner, jasa sewa dan oleh – oleh yang telah dibeli.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *