Kawah Kamojang Garut, Rekomendasi Liburan Akhir Pekan

Kawah Kamojang Garut – Sudah pernah ke Garut? Jika belum pastikan untuk pergi kesana saat liburan tiba nantinya. Sama halnya dengan daerah lain, Garut juga memiliki potensi wisata yang tidak kalah keren dan terkenal. Kawah Kamojang merupakan salah satu destinasi wisata alam yang bisa dikatakan populer. Saking terkenal nya, objek wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik ketika akhir pekan ataupun hari biasa. Penasaran ada apa saja di sana? Berikut ulasannya

Bicara tentang potensi wisata di Garut memang tidak ada habisnya, mengingat banyak sekali objek wisata yang tersedia di sana. Nah bagi Anda yang berencana untuk liburan ke Garut, mungkin objek wisata Kawah Kamojang bisa Anda coba kunjungi bersama keluarga. Seperti apa kawah kemojang itu? Apa saja daya tarik dari tempat ini? Dan berapa harga tiket masuknya? Untuk mendapatkan jawabannya, Anda bisa membaca ulasannya dibawah ini.

Tentang Kawah Kamojang

Kawah Kamojang

Kawah Kamojang, sesuai dengan namanya kawah ini merupakan sebuah destinasi alam yang lokasinya berada di Gunung Kamojang. Gunung ini berlokasi di Kecamatan Semarang yang mana berbatasan langsung dengan Kabupaten Bandung. Dalam sejarahnya, Gunung Kamojang sendiri dikenal sebagai gunung berapi yang masih dalam satu bagian dengan Gunung Guntur. Perlu diketahui bahwa Kawah yang terletak di Kamojang ini masih dikelompokkan dalam gunung berapi aktif karena masih adanya aktivitas panas.

Daya Tarik Kawah Kamojang

Setiap tempat wisata pasti memiliki daya tarik tersendiri sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjunginya. Sama halnya dengan destinasi wisata lainnya, Kawah Kamojang juga memiliki daya tarik yang tidak bisa dijumpai di daerah lain.

Objek wisata ini selalu berhasil memikat wisatawan untuk terus berdatang ke sini. Berdasarkan Data dari Dinas Pariwisata mencatat bahwa jumlah wisatawan yang berkunjung ke kawah ini sebanyak 22.844 orang. Tentu saja jumlah tersebut terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Lihat juga Monumen Perjuangan Rakyat

Beberapa hal menarik yang bisa Anda jumpai di Kawah Kamojang ini yaitu Fumarol, kawah lumpur, danau panas, dan juga asap kawah yang begitu mempesona. Selain itu di kawasan kawah Kamojang juga bisa dijumpai kawah-kawah yang masih dalam kondisi aktif. Beberapa kawah yang bisa Anda jumpai seperti Kawah Kereta Api, Kawah Manuk, dan Kawah Hujan.

Tiket Masuk Kawah Kamojang

Untuk bisa masuk ke lokasi wisata, para pengunjung terlebih dahulu harus membayar tiket masuk kawah Kamojang. Di area loket pengunjung tersebut, Anda harus membayar tiket masuk, kendaraan , dan asuransi orang. Perlu diketahui, harga tiket untuk wisatawan mancanegara jauh lebih mahal dibandingkan dengan wisatawan lokal yaitu 20 kali lipat nya. Untuk harga tiket hari libur dan hari biasa pun juga berbeda. Berikut ini beberapa rincian harga tiket masuk di Kawah Kamojang, antara lain

  1. Tiket Masuk
  • Wisatawan lokal Rp 5.000/ orang (Hari biasa)
  • Wisatawan Lokal Rp 7.500/orang ( Hari libur)
  • Asuransi Rp 2.000/orang
  1. Biaya Kendaraan
  • Motor Rp 5.000 untuk hari biasa dan Rp 10.000 hari libur
  • Mobil Rp 7.500 untuk hari biasa dan Rp 15.000 hari libur

Perlu diketahui, harga yang sudah tertera diatas, belum termasuk biaya parkir kendaraan. Harga tersebut juga bisa sewaktu-waktu berubah.

Fasilitas Kawah Kamojang

Perjalanan Menuju Kawah Kamojang

Lalu apa saja fasilitas yang tersedia di Kawah Kamojang? Meski tergolong masih begitu baru, fasilitas di objek wisata Kawah Kamojang ini lumayan lengkap. Mungkin karena adanya pengelolaan pertamina di sekitar lokasi wisata. Nah, berikut ini beberapa fasilitas yang tersedia di destinasi wisata Kawah Kamojang:

  • Warung yang menyediakan beberapa makanan
  • Tempat parkir yang lumayan luas
  • Toilet di area kawah dan di area parkiran
  • Tempat sampah yang banyak
  • Banyak tempat untuk beristirahat atau Gazebo
  • Kamar untuk mandi air panas sangatlah terjangkau, hanya Rp 5.000 saja per orang.

Lokasi Kawah Kamojang

Nah bagi Anda yang tertarik untuk berkunjung ke sana namun belum tahu lokasinya tidak perlu bingung. Anda bisa menggunakan aplikasi Google Maps untuk mengetahui lokasi dari Kawah Kamojang tersebut. Seperti yang diketahui lokasi kawah ini berada di dalam area geothermal PLTU Kamojang Garut. Lokasi tersebut berbatasan dengan kecamatan Ibun Kabupaten Bandung.

Perlu diketahui bahwa untuk bisa sampai ke kawah Kamojang, tersedia 2 jalur tergantung Anda datang dari mana. Untuk jalur yang pertama yaitu dari arah Majalaya – Paseh – Kamojang. Sedangkan untuk jalur kedua yakni jika Anda sudah berada di area Garut, maka Anda hanya perlu mengambil jalur ke jalan Raya Semarang. Setelah itu belok ke Jalan Raya Kamojang yang mana Anda akan melewati beberapa hotel yang dekat dengan kawah. Bagi Anda yang datang dari luar kota tidak ada salahnya untuk menginap di hotel tersebut. Nah, berikut ini beberapa hotel yang tersedia di sekitar Kawah Kamojang, Garut.

  • Kebun Mawar Situ hapa
  • Kamojang Green Hotel & Resort
  • Kampung Sampireu
  • Hotel Mulih Ka Desa
  • Bukit Alamanda
  • Green Hill
  • Hotel Bintang Rednnate

Setelah sampai ke area pembelian tiket, beberapa puluh meter kemudian Anda akan tiba di area parkir dari destinasi wisata kawah kamojang. Dari area parkir tersebut, Anda bisa melanjutkannya dengan berjalan kaki. Namun Anda tidak perlu khawatir karena jalur jalan kaki di sini sudah lumayan bagus. Jalurnya berupa kombinasi tangga dan juga tanjakan yang terbuat dari paving. Meski begitu pastikan untuk lebih berhati-hati pada saat berjalan kaki.

Lihat juga Seni Salian Art Space

Itulah informasi singkat tentang objek wisata Kawah Kamojang yang ada di Garut. Suasana alam yang masih sangat segar akan membuat liburan Anda ke Garut semakin berkesan dan menyenangkan. Jangan lupa untuk mengajak semua keluarga berlibur ke sini ya! Semoga informasi diatas menginspirasi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *