Wisata Kawah Rengganis

Denstinasi Wisata Kawah Rengganis Ciwidey Bandung

Kawah Rengganis atau yang dikenal juga dengan sebutan kawah Cibuni ini berada di tengah perkebunan teh di Ciwidey, Bandung. Konon, terbentuknya kawah ini disebabkan oleh letusan gunung Sunda Purba yang terjadi pada jutaan tahun silam. Hingga kini tinggal menyisakan air belerang yang mengalir dan lumpur pekat. Dengan sedikit dimodifikasi kini kawah ini telah menjadi salah satu lokasi wisata baru di kabupaten Bandung.

Penasaran seperti apa profil dan gambaran tentang wisata alam Kawah Cibuni ini? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

Alamat, Lokasi, dan Rute Menuju Kawah Rengganis

Kawah Cibuni berlokasi di Desa Patengan, kecamatan Rancabali, kabupaten Bandung, Jawa Barat. Secara geografis, kawah Rengganis ini masih berada di kompleks Glamping Lakeside Rancabali, Situ Patenggeng.

Jika Anda menuju perjalanan ke kawah Cibuni, sebelum sampai di kawah, Anda akan menemukan area parkir Cibuni. Kawasan ini merupakan area parkir khusus untuk pengunjung wisata Glamping Lakeside. Anda bisa memilih parkir di sana atau melanjutkan perjalanan menuju kawah.

Lihat juga Curug Anom Natural Hill Cisarua

Untuk Anda yang berwisata kesana dengan kendaraan roda empat, Anda hanya bisa sampai di area parkir yang cukup jauh. Selanjutnya, Anda dapat menelusuri lokasi hanya berjalan kaki sekitar 10-15 menit.

Harga Tiket Masuk Kawah Cibuni

Biaya tiket masuk ke kawah Cibuni terbilang cukup murah & terjangkau. Anda hanya cukup membayar tiket biaya masuk sebesar Rp 20.000 saja sudah bisa menikmati setiap wahana yang ada di lokasi. Biaya tersebut juga sudah termasuk parkir.

Perlu Anda tahu, demi menjaga kenyamanan bersama, pengunjung dilarang membuang sampah sembarangan.

Fasilitas Wisata di Kawah Rengganis

Tiket Masuk Kawah Rengganis

Jika Anda jadi berwisata ke kawah ini, Anda akan menemukan sensasi wisata alam yang berbeda dari biasanya. Disana Anda bisa melakukan banyak hal seperti berkeliling di sekitar kawah dan berswafoto sampai dengan mandi lumpur.

Selain itu, untuk Anda yang sengaja berkunjung untuk mandi belerang, Anda pun bisa melakukannya dengan bebas di sana. Hangatnya air belerang yang mengalir dari pancuran dan berkumpul di kolam bisa menjadi terapi ampuh dari penatnya aktivitas harian Anda.

Lumpur dan air bercampur belerang ini diyakini mampu mengobati berbagai macam penyakit. Anda bisa juga menikmati beberapa fasilitas mandi air panas langsung di kolam atau di bawah pancuran. Yang perlu diingat, saat akan mandi jangan lupa bawa baju atau celana pendek ya. Supaya Anda tidak direpotkan dengan bolak-balik ke kamar ganti.

Ketika Anda lapar saat bersenang-senang di lokasi, Anda bisa sempatkan diri menuju warung makan di pinggiran. Tersedia berbagai macam menu makanan dan minuman seperti gorengan, mie instan, nasi rames dan kopi.

Di sini juga tersedia musholla yang cukup nyaman untuk dipakai oleh seluruh pengunjung. Jadi Anda tidak perlu khawatir karena Anda tetap bisa berwisata dengan damai tanpa repot menunaikan kewajiban Anda.

Spot Wisata di Kawah Cibuni

Kawah Rengganis Bandung

Di lokasi wisata, Anda bisa melakukan banyak aktivitas unik dan menyenangkan. Berikut ini setidaknya 4 spot yang ada di kawasan wisata kawah Rengganis.

  1. Kolam rendam air belerang

Di bawah pancuran, ada kolam renang yang cukup luas berbentuk hati. Anda bisa berendam di kolam air belerang ini sepuasnya.

Setelah berbasah-basahan, selanjutnya Anda bisa langsung bilas dan ganti pakaian di kamar ganti yang tersedia di pinggiran.

  1. Pancuran Air Panas

Di kawah Rengganis, satu hal yang juga bisa dilakukan di sana adalah mandi air belerang hangat.

Air hangatnya yang mengandung senyawa sulfur ini cocok untuk Anda yang memiliki penyakit kulit. Banyak orang yang menyarankan bagi penderita sakit kulit untuk mandi di sini. Belerang memang bermanfaat untuk mengatasi gangguan kulit.

Di area pancurannya, Anda bisa mandi sepuasnya. Suasana sejuk dan hijau serta rindangnya pepohonan di sekitar lokasi wisata akan membuat Anda semakin rileks.

Datanglah ke kawah Rengganis pagi-pagi dan nikmati sensasi mandi air belerang yang hangat di pancuran. Dijamin waktu liburan Anda akan terasa anti-mainstream.

  1. Jembatan

Untuk berjalan dari pos satu ke pos lainnya di sekitar lokasi, Anda akan menyeberangi jembatan kayu. Jembatan yang terbuat dari kayu bercat merah ini bisa Anda gunakan untuk sekedar lewat atau sambil berfoto.

Jembatan-jembatan ini sengaja dibuat sebagai jembatan penyeberangan di atas aliran air belerang. Tidak hanya bahannya yang terbuat dari kayu namun juga bentuknya yang terlihat artistik. Jika Anda menyempatkan diri ke sana jangan sampai kelewatan berfoto di jembatan penyeberangan ini ya.

  1. Batu berasap

Spot foto terakhir yang ada di kawah Rengganis yaitu batu berasap. Batu ini terbentuk dari letusan gunung Sunda Purba yang menghasilkan batu-batu tersebut mengeluarkan asap. Kepulan kabut asap warna putih membuat suasana di sekitar kawah semakin indah untuk berfoto.

Di kawah Rengganis, “kawanan” batu berasap ini menjadi salah satu daya tarik terfavorit pengunjung untuk jadi background foto. Banyak dari mereka mengabadikan momen dengan berpose di atas batu tersebut.

Nah, untuk Anda yang baru akan berkunjung ke sana jangan lewatkan kesempatan berfoto dengan latar asap putih tebal dari balik batu kapur ini. Dijamin foto Anda akan terlihat bagus terlebih jika fotografernya handal.

Selain spot-spot tersebut di atas, ada juga titik – titik tertentu di sekitar lokasi wisata yang sering digunakan untuk berfoto. Jika Anda berkunjung kesana, jangan lupa untuk singgah dan menikmati suasana minimal di empat spot tersebut ya.

Lihat juga Sangkuriang Ciumbuleuit Bandung

Semoga artikel singkat tentang Kawah Rengganis ini bisa menjadi informasi tambahan perjalanan Anda selanjutnya. Selamat liburan!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *