Indahnya Kebun Teh Sukawana

Liburan ke Kebun Teh Sukawana Bandung

Seperti yang diketahui Kebun Teh Sukawana ini merupakan salah satu objek wisata yang masih tergolong baru di Bandung. Jika dibandingkan dengan kebun wisata lainnya, kawasan perkebunan ini masih belum begitu dikenal oleh wisatawan baik lokal maupun luar bandung. Bicara tentang potensi wisata di Bandung memang tidak ada habisnya. Ada banyak selai destinasi wisata mulai dari wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata kuliner yang begitu mengagumkan.

Lembang menjadi salah satu daerah di Bandung yang terkenal karena potensi wisatanya yang besar. Daerah ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik ketika akhir pekan maupun hari biasa. Salah satu objek wisata yang harus dikunjungi saat berkunjung ke Lembang adalah kebun Teh Sukawana. Apa yang menarik dari destinasi wisata yang satu ini? Untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut ulasan lengkap tentang Kebun Teh Sukawana, Bandung.

Daya Tarik Kebun Teh Sukawana

Lokasi Kebun Teh Sukawana

Kebun teh Sukawana merupakan salah satu kebun teh di Bandung yang berada dibawah PTPN VIII yang termasuk kebun teh unggulan. Jika dilihat sebelumnya, area kebun teh ini dikenal dengan nama pangheotan. Kata Pengheotan sendiri berasal dari nama Van Houten yang merupakan seorang menir dari Belanda. Sekarang ini PTPN VIII lebih mengangkat nama Sukawana sendiri sebagai kebun teh yang begitu luas. Memang untuk luasnya masih kalah dengan kebun teh yang ada di Bandung.

Lihat juga Peta Park Bandung

Meski begitu suasana yang dihadirkan di kebun teh ini tidak kalah segar dan alami dibandingkan dengan kebun teh lainnya. Selain bisa menikmati keindahan alam, salah satu daya tarik yang dimiliki destinasi wisata ini dapat menikmati gunung Tangkuban perahu. Penasaran bagaimana keindahannya? Jangan lupa untuk mengajak semua keluarga ke sini saat liburan tiba nanti.

Lokasi Kebun Teh Sukawana

Bagi yang ingin menikmati udara pegunungan yang segar ditambah dengan penampakan alam yang hijau, maka Anda wajib untuk berkunjung ke tempat ini. Untuk dapat mencapai lokasinya, para pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Bagi yang menggunakan kendaraan umum bisa menggunakan angkutan umum yang disediakan oleh pemerintah daerah. Perlu diketahui bahwa jarak lokasi kebun teh dengan pusat kota Bandung kurang lebih sekitar 15 kilometer.

Karena kondisi jalan yang masih kurang bagus, sebaiknya Anda lebih berhati-hati ketika menggunakan kendaraan pribadi. Selain itu sebaiknya Anda juga datang ke tempat wisata ini ketika cuaca cerah agar tidak terjebak dengan jalanan berlumpur dan juga licin. Jika hujan saat Anda berada di jalan, maka Anda perlu berhati-hati karena jalan yang dilalui cukup membahayakan. Untuk lokasi kebun teh ini yaitu berada di desa Karyawangi, Dusun Parongpong Lembang, Bandung.

Untuk lebih mudahnya, Anda bisa melihat lokasi kebun teh ini pada aplikasi Google maps yang tersedia di ponsel Anda. Cukup menuliskan Kebun Teh Sukawana pada kolom search yang tersedia, Anda akan diarahkan ke lokasi dengan menggunakan jalur terdekat. Setelah itu Anda hanya perlu mengikuti rute yang telah ditunjukkan.

Aktivitas Dan Fasilitas

Kebun Teh Sukawana

Setelah mengetahui lokasi dari kebun teh Sukawana, maka kurang lengkap rasanya jika Anda tidak mengetahui aktivitas dan fasilitas yang tersedia. Selain bisa menikmati udara segar dan sejuk, Anda juga bisa melakukan kegiatan alam lainnya yang tidak kalah menarik. Beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini seperti melihat secara langsung proses pengolahan teh di pabrik. Selain itu, Anda dan juga keluarga bisa camping atau berkemah di area yang sudah disediakan oleh pihak pengelola kebun teh. Jadi sebelum melakukan camping atau berkemah, pastikan untuk izin terlebih dahulu pada pihak pengelolanya.

Tidak hanya itu saja, pengunjung juga bisa melakukan tea walk atau menyusuri seluruh area kebun. Cuaca di sekitar perkebunan yang sangat sejuk akan membuat Anda merasa ketagihan untuk berlama-lama di tempat ini. Lalu bagaimana dengan fasilitasnya? Bicara tentang fasilitas, sebenarnya fasilitas yang tersedia di kebun ini cukup lengkap dan memadai. Di sekitar kebun teh pengunjung bisa melihat warung kecil yang biasanya dipakai untuk beristirahat sembari menyantap makanan.

Sedangkan untuk toilet, sebenarnya tidak disediakan toilet khusus di area destinasi wisata. Namun tidak perlu khawatir karena di dekat kebun terdapat sebuah masjid lengkap dengan toilet yang biasanya digunakan para pegawai kebun. Nah, bagi yang suka dengan aktivitas alam, Anda bisa melakukan kegiatan off road dan beberapa fasilitas lainnya. Tentu sangat menyenangkan, bukan? Jadi tunggu apalagi, ajak semua keluarga Anda berwisata sambil menikmati keindahan di kebun teh Sukawana.

Tiket Masuk kebun Teh Sukawana

Untuk bisa masuk ke destinasi wisata kebun teh Sukawana ini, para pengunjung harus membeli tiket seharga Rp 5.000 saja. Sedangkan bagi mereka yang ingin berkemah di tempat ini maka harus membayar Rp 10.000 per orang. Tentu harga tiket masuk tersebut sangat terjangkau, bukan? Dengan harga segitu Anda sudah bisa menikmati keindahan alam yang mungkin tidak Anda jumpai saat di kota.

Jika Anda berkunjung ke Kebun Teh Sukawana kurang lengkap rasanya jika Anda tidak mencoba mengunjungi beberapa objek wisata di sekitarnya. Agar liburan Anda dan keluarga semakin berkesan, jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen yang Anda dapatkan. Sebelum berangkat pastikan untuk mengecek kendaraan Anda, karena jalur yang tersedia untuk menuju lokasi kondisinya tidak cukup baik.

Lihat juga Taman Kelinci Ciwidey Bandung

Nah itulah beberapa ulasan singkat tentang kebun teh Sukawana mulai dari daya tarik, lokasi hingga aktivitas yang bisa dilakukan. Semoga informasi diatas, bermanfaat dan menginspirasi Anda dalam merencanakan liburan yang seru dan menyenangkan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *