Masjid Raya Agung Bandung

Sejarah Masjid Raya Agung Bandung Jawa Barat

Masjid Raya Agung Bandung dahulunya bernama Masjid Agung Bandung. Masjid tersebut berada di pusat kota dan menyandang status sebagai masjid provinsi bagi Jawa Barat. Masjid yang begitu Megah ini tidak hanya menarik para muslim dan muslimah saja, namun banyak juga non muslim yang ingin mengunjungi tempat ini.

Masjid Raya Agung Bandung

Lokasi Masjid Raya Agung Bandung terletak di Jalan Asia Afrika, Balonggede, Kecamatan Regol, Kota Bandung. Masjid tersebut terletak tepat dengan alun-alun Bandung. Selain menikmati indahnya alun-alun, Anda juga bisa menikmati berbagai kegiatan islami. Seperti iktikaf bersama, Tafsir Alquran, Silaturahmi, Siraman Rohani, Shalat berjamaah dan ibadah yang lainnya.

Jika sehari saja dirasa masih kurang untuk menikmati siraman qolbu di Masjid maupun indahnya panorama alun-alun, Anda bisa menginap di berbagai tempat penginapan dekat alun-alun. Misalnya Golden Flower Hotel Bandung, Asia Afrika Hotel Bandung, Hotel Prenger, dan Hotel Mawar.

Lihat juga Pusat Sepatu dan Tas Cibaduyut

Ada beberapa rute yang bisa Anda pilih untuk sampai di Masjid Raya Agung Bandung. Jika Anda dari Jalan Buah Batu, Anda bisa lurus dari jalan buah batu ke arah utara menuju Jl. Batununggal. Kemudian belok kanan menuju Jalan Gurame sampai menuju Bundaran Simpang Lima. Nah, dari sini anda bisa belok memasuki Jalan Asia Afrika hingga sampai di Masjid Raya Agung.

Lokasi Masjid Raya Agung Bandung Malam Hari

Masjid Raya Agung sudah ada di aplikasi google maps, sehingga Anda bisa dengan mudah untuk sampai di lokasi. Caranya yaitu buka aplikasi tersebut kemudian ikuti petunjuk arah yang tertera pada aplikasi tersebut.

Harga Tiket Memasuki Masjid Raya Agung Bandung

Jika Anda ingin memasuki wilayah masjid, tentu Anda tidak akan dikenakan biaya sepeserpun. Seluruh masjid tentu tidak akan mengenakan biaya ketika ada orang yang ingin melaksanakan ibadah. Anda hanya akan dikenakan sedikit biaya ketika Anda ingin menaiki lift untuk sampai di menara.

Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 7.000 bagi orang dewasa yang ingin menaiki lift. Sedangkan untuk anak-anak hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000 saja. Jika Anda mendatangi ketika malam hari atau pagi hari, Anda tidak perlu khawatir tidak bisa menikmati panorama indah dari menara masjid. Karena masjid beserta menaranya buka setiap hari dalam waktu 24 jam nonstop.

Arsitektur Masjid Raya Agung Bandung

Masjid Raya Bandung merupakan hasil rancangan 4 orang perancang kondang dari Bandung. Rancangan bangunan masjid tetap mempertahankan bangunan lama termasuk pada jembatan penghubung antara masjid dan alun-alun masjid. Perubahan dari masjid hanya terlihat dari bentuk atap masjid dari bentuk limas menjadi kubah besar setengah bola. Atap tersebut menjadi atap dari kubah utama.

Halaman masjid dirombak dengan area parkir di basement dan bagian atasnya dijadikan sebagai taman. Taman menjadi area publik dimana masyarakat bisa berkumpul. Hal tersebut menjadi salah satu upaya Pemerintah Kota dalam mengembalikan nilai alun-alun seperti dulu kala. Sebenarnya area parkir tersebut dibangun untuk menampung para pedagang jalanan (PKL), tetapi tidak dengan realitanya.

Fasilitas Masjid Raya Agung Bandung

Pengelolaan dari Masjid terkenal di Bandung ini sudah sangat baik. Anda bisa beribadah dengan khusyuk karena masjid dirancang dengan begitu nyaman dan tentram. Fasilitas pertama dan utama yaitu terdapat toilet, kamar mandi dan tempat wudhu seperti masjid pada umumnya. Fasilitas tersebut tersedia cukup banyak dan dapat dipastikan kebersihannya.

Fasilitas yang tidak ditemukan di masjid pada umumnya yaitu terdapat lift. Lift yang ada disana dapat dimanfaatkan para pengunjung untuk memudahkan sampai di atas menara. Masjid di Bandung ini tidak hanya sebagai tempat beribadah orang islam saja, tetapi juga dilengkapi dengan destinasi wisata.

Masjid Raya Agung di Bandung ini menyuguhkan panorama indah dan menarik dengan sensasi menikmati keindahan kota dari ketinggian. Disana terdapat dua menara dengan sudut 360 derajat yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan.

Masjid Raya Agung Bandung

Untuk sampai di ketinggian menara, pengunjung atau wisatawan tinggal mengakses area sayap sebelah kiri atau kanan untuk menaiki menara kembar. Siapapun bisa mengakses karena menara memang dibuka untuk umum. Cara menaiki yaitu naik lift yang tersedia dengan sebelumnya membeli tiket di loket yang sudah tersedia. Kapasitas dari lift yaitu maksimal 10 orang saja.

Selain itu, jika Anda kelaparan di area masjid, Anda bisa membeli berbagai makanan dan minuman pada penjual yang ada di sekitar masjid. Anda bisa menemukan warung-warung kecil yang berjajar rapi disana. Apalagi bagi penikmat masakan Sunda, Anda bisa menikmati berbagai masakan khas Sunda yang enak.

Fasilitas lain dari Masjid yaitu terdapat sound system dan multimedia. Sehingga Anda bisa mendengarkan berbagai siraman rohani maupun berjamaah dengan khusyuk karena bisa mendengar suara imam. Disana juga terdapat ruang sekretaris, ruang keuangan, dan koperasi.

Masjid juga menyediakan mobil ambulance dan perlengkapan pengurus jenazah ketika ada orang yang membutuhkannya. Bagi Anda yang suka membaca termasuk buku-buku islami, Anda bisa datang ke perpustakaan.

Lihat juga sendang kahuripan bandung

Tidak hanya itu, area masjid yang luas dan bangunan yang besar dan mewah membuat masjid dan sekitarnya sangat indah untuk berfoto. Bagi para instagrammable terutama yang berada di Bandung dan sekitarnya, harus mengabadikan momen indahnya disana. Berbagai sudut masjid dan sekitarnya sangat indah sebagai spot foto menarik Anda.

Masjid Raya Agung Bandung tidak hanya menjadi masjid untuk beribadah dengan khusyuk saja. Tetapi masjid juga menyuguhkan pemandangan dengan panorama yang indah. Ketika mengunjungi masjid, jangan lupa berpakaian sopan dan menjaga perilaku dengan baik. Jangan mengganggu orang lain ketika sedang beribadah.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *