https://tourbandung.id/dago-tea-house/

Objek Wisata Monumen Perjuangan Rakyat Bandung Jawa Barat

Selain terkenal dengan wisata Tugu Bandung Lautan Api nya, Bandung juga memiliki Monumen Perjuangan rakyat Jawa Barat. Sesuai dengan namanya, monumen ini merupakan sebuah bangunan untuk mengingat jasa pahlawan yang telah berkorban demi mempertahankan negara Indonesia. Monumen Perjuangan atau biasa disebut Monju ini berlokasi di Jalan Dipati No 48, Bandung. Model bangunannya pun begitu unik sehingga banyak orang yang tertarik berkunjung ke tempat ini.

Monju memang bukan destinasi wisata baru yang terdapat di Bandung. Namun kurang lengkap rasanya jika Anda melewatkan berkunjung ke monumen ini saat di Bandung. Meski kebanyakan orang lebih memilih berwisata ke pantai atau wahana-wahana, namun berwisata ke sini akan membuat liburan Anda semakin berkesan. Nah, bagi Anda yang sekarang ini berencana untuk melakukan liburan ke Bandung, pastikan memasukkannya menjadi destinasi yang harus di kunjungi.

Aktivitas di Monumen Perjuangan Di Bandung

monumen perjuangan bandung

Seperti yang diketahui, Monju memang menjadi salah satu destinasi yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun luar daerah. Objek wisata ini memang cocok digunakan untuk berlibur bersama keluarga ataupun teman-teman terdekat.

Lihat juga Seni Salian Art Space Bandung

Selain menikmati bangunan yang begitu menakjubkan, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di objek wisata ini. Apa saja itu? Berikut ulasan lengkapnya.

  1. Bersantai atau Nongkrong

Salah satu aktivitas yang bisa Anda lakukan di Monju yaitu bersantai sambil menikmati suasana yang begitu nyaman. Agar bisa mendapatkan suasana yang segar tersebut, pengunjung sebaiknya datang ke monumen ini pada sore hari. Pada waktu ini Anda bisa menikmati sore di dukung tiupan angin yang begitu tenang. Tentu saja hal tersebut membuat Anda betah berlama-lama berada di monumen ini.

  1. Berfoto

Nah bagi yang suka dunia fotografi, pastikan untuk mencoba mengambil foto di tempat ini. Seperti yang diketahui Monju merupakan salah satu spot foto yang menantang untuk objek pemotretan. Tidak heran jika banyak orang yang tertarik untuk berwisata ke tempat ini meski sekadar berfoto saja. Perlu diketahui di bagian dalam monumen ini terdapat Diorama dan Relief yang sering dipakai oleh para fotografer untuk melakukan pemotretan. Diorama dan Relief ini menceritakan tentang sejarah rakyat Jawa Barat pada masa penjajahan zaman dulu.

  1. Kuliner

Puas berkeliling di area Monumen Perjuangan, kurang lengkap rasanya jika Anda tidak mencoba kuliner khas Bandung yang terkenal sangat enak. Nah untuk yang satu ini Anda tidak perlu jauh-jauh mencari ditempat lainnya. Mengapa? Di sekitaran Monumen ada banyak sekali tempat makan yang menyediakan berbagai macam kuliner khas Bandung yang begitu lezat. Anda bisa memilihnya sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Lokasi Monumen Perjuangan Bandung

Jalan menuju monumen perjuangan

Nah bagi Anda yang berencana berlibur ke Monumen Perjuangan namun tidak tahu dimana tempatnya. Tidak perlu bingung ataupun khawatir, lokasi Monju persis di seberang Kampus Universitas Padjadjaran (UNPAD). Lokasi tersebut juga bisa dikatakan dekat sekali dengan kantor Pusat PT Telkom Bandung. Monumen Perjuangan sendiri berdiri diatas tanah seluas kurang lebih 72.000 m2 dengan luas bangunan mencapai 2.143 m2. Untuk model bangunannya sendiri seperti bambu runcing dengan ciri warna putih yang dihiasi dengan Lambang Burung Garuda.

Dulunya di sekitaran lokasi Monju ini biasa dijadikan sebagai pasar tumpah pada hari Minggu. Namun kini area Monju seringkali dijadikan sebagai lokasi pertunjukan musik yang ditayangkan di stasiun TV nasional. Sehingga hal tersebutlah yang membuat area di sekitaran Monju mulai dijaga kerapiannya.

Fasilitas di Monumen Perjuangan

Monumen yang berlokasi dekat dengan kampus UNPAD ini terbagi atas menjadi 3 bagian atau ruang khusus. Beberapa ruangan tersebut yakni Ruang Diorama, ruang foto dokumenter dan ruang untuk pameran bersejarah. Meski termasuk tempat hiburan publik, fasilitas yang tersedia di sini bisa dikatakan cukup lengkap. Beberapa fasilitasnya seperti halaman yang luas, mushola, toilet dan beberapa fasilitas lainnya. Nah untuk mengetahui apa saja fungsi dari ketiga ruangan yang ada di Monju, simak penjelasannya berikut.

  1. Ruang Diorama merupakan sebuah ruangan khusus yang menggambarkan tentang cerita yang terjadi mulai masa penjajahan hingga mempertahankan kemerdekaan RI. Misalnya di sini Anda bisa melihat bagaimana gambaran perjuangan Raden Dewi Sartika dalam mendidik perempuan-perempuan yang ada di Bandung.
  2. Ruang Foto Dokumenter merupakan sebuah ruangan yang berbentuk auditorium yang mana menampilkan tentang foto-foto Bandung dan sekitarnya. Foto tersebut menunjukkan tentang kondisi kota Bandung ketika masih dalam masa penjajahan dan juga mempertahankan kemerdekaan.
  3. Ruang Pameran, sesuai dengan namanya ruang pameran ini adalah ruang untuk menunjukkan benda-benda bersejarah. Beberapa benda yang tersedia di ruangan ini seperti senjata, seragam tentara pada masa Hindia Belanda dan masih banyak lagi.

Nah bagi yang berencana untuk melakukan liburan ke Monumen Perjuangan Bandung pastikan untuk datang sesuai dengan jam operasionalnya. Perlu diketahui bahwa Jam Buka Monju yaitu setiap hari senin sampai jumat pukul 08.00 – 15.00 WIB. Sedangkan untuk hari sabtu dan minggu tempat wisata ini ditutup untuk umum. Seperti yang diketahui objek wisata Monumen Perjuangan ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat rekreasi keluarga. Jadi jangan lupa untuk mengajak semua keluarga berwisata ke tempat ini.

Lihat juga Dago Tea House Bandung

Demikian ulasan singkat tentang objek wisata Monumen Perjuangan Rakyat yang sangat populer di Bandung. Dengan berlibur ke tempat wisata ini, tentu akan menambah pengetahuan dan wawasan Anda tentang sejarah. Semoga informasi diatas bermanfaat dan menginspirasi Anda.

Beri peringkat untuk posting ini
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *