5 Museum di Bandung Yang Sangat Edukatif

Museum di Bandung ternyata tidak hanya ada satu dua, tapi ada banyak. Bandung terkenal sebagai kota yang cantik dan indah. Tiap musim liburan sekolah tiba, rombongan bus-bus liburan dari berbagai macam sekolah di banyak daerah pasti datang ke bandung.

Banyak sekali destinasi wisata dan juga kuliner menarik di Bandung yang bisa dikunjungi. Namun ternyata selain wisata outdoor, bandung juga memiliki museum yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut ini adalah beberapa macam museum yang wajib Anda kunjungi di Bandung.

Museum di Bandung

1. Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung @andikasptr__

Museum Geologi Bandung @andikasptr__

Di museum geologi bandung ini, Anda bisa melihat banyak sekali koleksi fosil, mineral, bebatuan dan juga beberapa jenis peta. Peta tersebut adalah peta geologi, peta geofisika, peta gunung api, peta geomorfologi dan masih banyak lagi peta sejenis. Ada pula berbagai macam replika binatang purba yang dapat ditemui di tempat ini. dapat dikatakan bahwa museum ini adalah museum yang ramah terhadap anak-anak.\

Lihat juga museum konferensi asia afrika bandung

Anak-anak akan mendapat edukasi mengenai geologi dan kaitannya dengan pelajaran geografi di tempat ini. Museum ini buka setiap hari, biaya masuknya sangat terjangkau sekali. Untuk pelajar, cukup dengan 2000 rupiah saja, sementara itu untuk wisatawan domestic cukup membayar 3000 rupiah saja. Untuk wisatawan asing harga masuknya lebih mahal sedikit, yakni 10 ribu rupiah.

2. Museum Konferensi Asia Afrika

Museum Konferensi Asia Afrika @hastutiyay

Museum Konferensi Asia Afrika @hastutiyay

Anda ingin belajar sejarah Indonesia lebih jauh lagi? Museum konferensi asia afrika adalah tempat yang tepat untuk belajar sejarah tersebut. Anda dapat melihat banyak sekali koleksi dokumen rahasia, foto-foto dokumentasi peristiwa penting dan juga aneka macam atribut ketika konferensi asia afrika berlangsung.

Museum ini juga buka setiap hari dari pagi sampai sore. Kecuali hari jumat, museum ini buka mulai siang hari sampai sore. Hal menariknya adalah, biaya masuk ke dalam museum ini gratis. Anda wajib memasukkan museum ini ke dalam destinasi wisata tujuan Anda.

3. Museum Gedung Sate

Museum Gedung Sate @duniakulinerbdg

Museum Gedung Sate @duniakulinerbdg

Gedung sate adalah bangunan ikon kota bandung. Gedung bersejarah tersebut merupakan gedung yang banyak sekali dituju oleh orang, di dalamnya ada berbagai macam alat peraga teknologi modern.

Masih banyak sekali orang yang belum mengetahui hal ini, kebanyakan berpikir bahwa gedung ini adalah gedung pemerintahan. Padahal sebenarnya gedung ini adalah museum keren yang ada di Bandung. Untuk masuk ke dalamnya cukup membayar 5000 rupiah saja. Jangan datang di hari senin karena pada hari itu museum ini tutup.

4. Museum Sri Baduga

Museum Sri Baduga @smpk_1_binabakti

Museum selanjutnya yang harus Anda kunjungi ketika berada di bandung adalah museum sri baduga. Di dalamnya ada banyak sekali koleksi geologi, etnografi, biologi, sejarah, seni rupa, filsafat dan masih banyak lagi yang kaitannya dengan ilmu pengetahuan.

Karena di dalamnya ada banyak sekali koleksi, tentu saja Anda wajib untuk datang ke museum ini. Biaya masuknya hanya sekitar 2000 sampai dengan 3000 saja. Pada hari senin museum ini tutup, jadi pastikan Anda tidak datang pada hari senin.

5. Museum Barli

Museum Barli @ranggacesario

Museum Barli @ranggacesario

Museum barli adalah sebuah museum di Bandung yang didedikasikan untuk seorang pelukis asli bandung. Pelukis tersebut adalah Barli Sasmita. Berbagai macam lukisan karya barli yang juga memiliki banyak sekali aliran terpajang di dalam museum.

Museum ini menjadi salah satu pusat perkembangan seni rupa yang ada di Indonesia. Anda dapat berkunjung kapan saja ke museum ini dari jam 10 pagi sampai dengan jam 10 malam. Biaya masuknya sangat terjangkau sekali, yakni hanya 20 ribu rupiah.

4. Museum Puspa Iptek

Museum Puspa Iptek @fuwafuwana_

Museum puspa iptek dapat menjadi sarana edukasi yang baik untuk anak-anak dan remaja. Di dalam museum ini menawarkan berbagai macam permainan iptek yang tidak hanya edukatif namun juga interaktif untuk segala jenis usia.

Hal yang unik dari museum ini adalah bentuk bangunannya yang berbentuk jam matahari. Bahkan bangunan tersebut mendapat penghargaan dari rekor muri sebagai jam matahari terbesar di Indonesia. Biaya masuknya hanya 12 ribu saja dan Anda bisa datang setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore.

5. Museum Pos Indonesia

Museum Geologi Bandung Museum Pos Indonesia @liburananak

Museum Pos Indonesia @liburananak

Jangan melewatkan untuk berkunjung ke museum pos Indonesia yang ada di Bandung. Di dalam museum ini terdapat banyak sekali koleksi benda pos seperti perangko yang berasal dari dalam dan luar negeri, kartu pos dan lain sebagainya.

Di museum ini juga ada sepeda yang dulunya digunakan sebagai kendaraan untuk mengantarkan surat kepada penerima.

Berbagai macam koleksi surat emas dari dan untuk raja-raja di Indonesia juga bisa dilihat di museum ini. Untuk masuk ke museum ini Anda tidak perlu membayar biaya apapun, alias gratis.

Dari berbagai macam dan jenis museum di Bandung tersebut, Anda lebih memilih berkunjung ke museum yang mana?

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *