NuArt Sculpture Park Bandung, Destinasi Wisata Yang Wajib Dikunjungi

Bandung terkenal dengan berbagai jenis destinasi wisata yang sayang dilewatkan begitu saja. Destinasi wisata yang tersedia terdiri dari beragam jenisnya. Ada wisata alam, wisata dengan edukasi, hingga wisata kuliner ada di kota ini. Salah satu wisata yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke kota ini adalah NuArt Sculpture Park Bandung.

Wisata ini merupakan galeri seni patung dan lukisan yang sudah mendunia. NuArt Sculpture Park Bandung memiliki ciri khas unik dari karya seni yang ada. Banyak sekali karya yang dapat ditemukan di bagian dalam ruangan dan luar ruangan NuArt Sculpture Park Bandung. Wisatawan juga dapat memotret bersama karya yang ada disini. Ingin tahu informasi terlengkap dari NuArt Sculpture Park bandung? Simak dan pahami ulasan berikut:

Sejarah Dari NuArt Scultpture Park Bandung

NuArt Sculpture Park Bandung merupakan sebuah galeri seni yang didirikan oleh seniman ternama yaitu Nyoman Nuarta. Beliau adalah pria kelahiran Tabanan Bali dan seniman lulusan Seni Rupa ITB. Nyoman Nuarta dikenal sebagai seniman yang menghasilkan berbagai patung yang terlihat sangat natural. Banyak dari karya beliau terbuat dari tembaga dan kuningan.

Karya-karya hebat dari Nyoman Nuarta dapat ditemukan di berbagai penjuru Indonesia. Contohnya Monumen Proklamasi, Patung Arjuna Wijaya, dan yang paling terkenal adalah Patung di Garuda Wisnu Kencana. Hebatnya, beberapa dari karyanya sering dijadikan koleksi kesenian di dalam negeri hingga ke luar negeri.

Lihat juga wisata tebing bandung

Di NuArt Sculpture Park Bandung memang terdiri dari beberapa macam koleksi patung pahatan beliau. Selain itu juga ada beberapa pahatan seniman lain yang tak kalah menakjubkan. Seluruh seniman Indonesia dapat memamerkan karya terbaiknya di galeri seni milik Nyoman Nuarta.

Lokasi Dan Rute Menuju NuArt Sculpture Park Bandung

Bagi wisatawan yang sedang di Bandung tak salah jika singgah sebentar untuk menikmati keindahan pahatan yang dibuat oleh seniman terkemuka. NuArt Sculpture Park Bandung ada di Jalan Sutra Duta Kencana II/11, Bandung, Jawa Barat. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Lokasi NuArt Sculpture Park Bandung sangat mudah ditemukan.

Wisatawan dapat menggunakan peta digital sebagai penunjuk arah ke destinasi ini. Letaknya yang strategis akan membuat wisatawan mudah menemukan galeri seni ini. Jika masih bingung juga tidak perlu khawatir karena anda bisa sewa mobil dengan supir di Bandung. Jasa sewa mobil yang terpercaya di Bandung cukup percayakan pada tourbandung .id, selain melayani sewa mobil ada juga paket wisata.

Tiket Masuk Ke NuArt Sculpture Park Bandung

NuArt Sculpture Park Bandung terkenal dengan pesona patung yang tersedia di galeri ini. Untuk menikmati keindahan pahatan yang ada di galeri seni ini, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 50.000 per orangnya. Banyak fasilitas lagi yang tersedia disini. Ada beberapa fasilitas yang harus dibayar terlebih dahulu dan ada yang tidak.

Koleksi Di NuArt Sculpture Park Bandung

NuArt Sculpture Park Bandung memang terkenal dengan patung-patung pahatan seniman terkemuka di Indonesia hingga Internasional. Tak diragukan lagi patung yang tersedia memiliki pesona yang membuat pengunjung terkagum-kagum. Berikut ada beberapa referensi dari koleksi yang ada di NuArt Sculpture Park Bandung:

1. Waiting

Waiting terdiri dari 2 patung yang memiliki filososfi yang berbeda satu sama lain. Patung Waiting yang pertama menunjukkan manusia yang sedang menunggu sesuatu. Gambaran patung ini seperti penumpang pesawat yang sedang menunggu di bandara karena delay. Terdapat gambaran aktivitas setiap orang yang sibuk dengan kegiatan masing-masing.

Lihat juga destinasi unik yang lainnya: Jendela Alam Bandung

Di patung kedua menunjukkan wanita tanpa busana yang hanya tertutup dengan sehelai kain yang wajahnya menatap kosong pada pintu. Gambaran yang dapat ditangkap menunjukkan bagaimana dunia prostitusi yang dialami oleh wanita tersebut.

2. Nightmare

Patung Nightmare ini digambarkan dalam bentuk seorang wanita dengan bentuk tubuhnya dalam rinci. Diberi dengan nama Nighmare dengan arti manusia yang memiliki mimpi buruk sebenarnya atau dalam kehidupannya. Patung ini memiliki makna tersembunyi dari gambarannya.

3. Man And Cosmos

Man and Cosmos digambarkan dalam lingkaran dengan poros di pusaran tengahnya. Di atasnya ada tangan dengan jam tangan dan di kiri ada kumpulan manusia yang menumpuk tak karuan. Ada banyak makna yang terkandung dari patung ini.

Patung ini ingin menunjukkan bahwa kehidupan digambarkan dalam bentuk lingkaran. Apa yang dilakukan manusia di dunia ini pasti memiliki akibatnya. Semua akan ditunjukkan oleh waktu. Makna yang terkandung seperti karma yang berlaku pada manusia.

5. Drupadi

Patung Drupadi sangat legendaris di kalangan seniman hingga masyarakat. Gambaran 3 makhluk, 2 manusia dan 1 wajah yang menyeramkan terdapat pada patung ini. Patung ini ingin menjelaskan tentang cinta terlarang sepasang hati hingga melahirkan keturunan yang tak diinginkan.

Saking legendarisnya, patung ini dibuatkan film yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo. Memang kisah patung ini seringkali menjadi fenomena di masa sekarang.

Fasilitas Di NuArt Sculpture Park Bandung

Ada berbagai fasilitas yang disediakan di NuArt Sculpture Park Bandung selain koleksi seni yang memukau. Fasilitas yang tersedia dapat diakses pengunjung tanpa terkecuali. Tetapi, ada beberapa fasilitas yang harus membayar lagi dan ada juga yang tidak. Berikut akan dibahas beberapa fasilitas yang ditemui di NuArt Sculpture Park Bandung.

1. Workshop

Ternyata, lokasi paling bawah NuArt Sculpture Park Bandung dekat dengan sungai. Tempat ini sebenarnya merupakan lokasi pribadi Nyoman Nuarta yang merupakan ruang kerjanya. Hanya dapat diakses pengunjung pada hari sabtu dan minggu. Pemandu wisata akan mengarahkan pengunjung untuk memasuki kawasan ini.

Disini akan terlihat sang maestro menciptakan karya nan luar biasa dengan dibantu para asistennya. Pengunjung juga dapat membuat karya seni seperti membatik, membuat patung dan masih banyak lagi.

2.  Sculpture Park

Telah dijelaskan jika NuArt Sculpture Park Bandung menyediakan 2 lokasi ditempatkannya karya seni yang menakjubkan. Di Sculpture Park merupakan tempat di luar gedung yang terdapat pahatan yang tak kalah luar biasa karya sang maestro. Lokasi yang berada di taman membuat pengunjung dapat menikmati pesona patung dengan nyaman.

Lihat juga: Bukit Bintang Bandung

3. Amphiteater

Amphiteater merupakan teater yang terdapat di dalam gedung NuArt Sculpture Park Bandung. Desain yang melingkar didukung dengan suara akustik yang merdu sangat cocok digunakan untuk acara pementasan akustik. Ternyata Amphiteater pernah dijadikan tempat pertunjukan Music In The Park.

4. Craft Boutique

Craft boutique terdapat di dasar galeri NuArt Sculpture Park Bandung. Disini wisatawan dapat membeli miniatur dari pahatan sang maestro. Jika memiliki uang lebih, tak salah jika memiliki koleksi cinderamata dari galeri ini. selain itu ada juga buku biografi seniman terkemuka yang ada di Indonesia.

5. The Serviced Apartment

Wisatawan NuArt Sculpture Park Bandung tak jarang berasal dari kota yang jauh. Tapi tak perlu khawatir, disini juga tersedia tempat penginapan jika ingin bermalam dengan nuansa seni NuArt Sculpture Park Bandung. Hal ini masih dalam proses pengerjaan yang sedang berlangsung.

Tertarik untuk berkunjung ke NuArt Sculpture Park Bandung? Rancangkan segera perjalanan ke NuArt Sculpture Park Bandung. Banyak sekali spot yang menarik disini. Wisatawan dapat memotret di beberapa tempat yang dianjurkan. Nikmati pesona yang ada disini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *