Bukit Toga

Paralayang Bukit Toga, Merasakan Sensasi Terbang di Atas Perbukitan

Paralayang bukit toga adalah satu dari sekian wisata yang bisa dinikmati pengunjung saat berkunjung ke kampung Toga di Sumedang. Jika bicara soal paralayang di bukit Toga tentu perlu dimulai dengan pengenalan kampung Toga sebagai basecampnya terlebih dulu.

Kampung Toga sendiri berada di desa Suajaya, kecamatan Sumedang Selatan, kabupaten Sumedang. Selain menyajikan suguhan menikmati sensasi bermain paralayang, Anda juga akan disuguhi beberapa macam wisata lainnya. Misalnya deretan villa yang membentang, kolam renang yang cocok untuk bermain anak-anak, fasilitas outbond, dan lain-lain.

Fasilitas-fasilitas wisata tersebut bisa Anda dapatkan di sebuah kampung di Sumedang selatan, yaitu kampung Toga. Penasaran seperti apa profil kampung toga dan bicara lebih jauh tentang fasilitas paralayang di bukit toga? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Paralayang Bukit Toga Sumedang

Paralayang Bukit Toga

Sebelum kita membahas tentang apa yang bisa dinikmati di bukit Toga, ada baiknya kita ulas dulu asal-usul kampung Toga. Setelah itu kita akan lanjutkan dengan membahas khusus wisata Paralayang di bukit Toga.

Kampung toga atau yang disebut juga dengan kampung tanaman obat-obatan di Sumedang merupakan salah satu perkampungan yang dibuat untuk tujuan wisata.

Berada di wilayah Sumedang bagian selatan, kampung toga menawarkan eksotisme pemandangan alam luar biasa di Jawa Barat. Pengunjung bisa menikmatinya sembari naik paralayang atau gantole yang tersedia. Dan yang tidak kalah serunya, di kampung toga ini jug tersedia fasilitas outbond yang bisa dipesan dalam bentuk paket.

Lihat juga Kawah Rengganis Ciwidey Bandung

Bicara soal paralayang di bukit toga, setiap pengunjung boleh mencobanya. Hanya saja ini diperlakukan untuk kalangan usia remaja hingga dewasa saja. Sebab, permainan ini berkaitan dengan keselamatan penggunanya jadi harus benar-benar hati-hati.

Paralayang sendiri merupakan salah satu alat berbentuk parasut yang biasa dipakai untuk olahraga udara. Dengan konsep lepas landas, paralayang akan terbang di bukit toga dan mendarat di pemurahan toga.

Memanfaatkan angin yang cukup besar di atas persawahan dan perbukitan kota Sumedang, bermain Paralayang seakan memberikan sensasinya tersendiri.

Nah, setidaknya ada dua jenis permainan paralayang berdasrkan metode terbangnya yaitu dinamic lift dan thermal lift. Dynamic lift berarti parasut terangkat naik disebabkan oleh angin yang bergerak dinamis diantara lereng perbukitan. Sementara thermal lift, parasut paralayang naik ke atas disebabkan oleh angin yang dipengaruhi oleh suhu di sekitarnya.

Lokasi dan Rute Menuju Lokasi Wisata Paralayang Kampung Toga

Seperti sudah saya singgung di awal, kampung toga berada di kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang.

Alamat lengkapnya ada di jalan Makam Cut Nyak Dien, Gunung Puyuh Desa Sukajaya, kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Rute menuju kampung Sumedang khususnya bukit Toga juga cukup mudah. Dari pusat kota Sumedang hanya butuh waktu sekitar 21 menit untuk sampai di lokasi, tentunya dengan berkendara roda empat pribadi.

Ada 3 alternatif jalan yang bisa dilalui jika ingin menuju bukit Toga ini.

Pertama, jalur tercepatnya yaitu via jalan Bandung-Palimanan; rute yang harus dilalui yaitu dari jalan Bandung-Palimanan menuju jalan Anggrek. Dari jalan Anggrek belok kiri menuju jalan Tampomas. Ikuti jalan menuju Sumedang selatan di jalan Dr Saleh. Setelah itu ambil arah Gunung Puyuh Nagorak/ jalan Ciloa dan tempuh perjalanan sekitar 3 km hingga ke desa Sukajaya.

Kedua, via jalan Gajah Agung; rute ini akan membawa Anda ke jalur yang sama ke arah Gunung Puyuh Nagorak. Selanjutnya Anda bisa langsung menuju ke desa Sukajaya. Sementara itu, alternatif rute ketiga adalah via Jalan Gajah Agung namun melalui jalan Anggrek ke selatan lewat depan STIE Sebelas April Sumedang. Titik pertemuannya ada di pertigaan jalan Cut Nyak Dien dan DR Shaleh. Selanjutnya bisa melanjutkan perjalanan ke desa Sukajaya.

Fasilitas Wisata di Kampung Toga Selain Paralayang

Lokasi Paralayang Bukit Toga

Di kampung Toga Anda bisa menikmati beragam jenis wisata dan hiburan seperti paralayang yang sudah kita bahas sedikit di atas. Namun tidak hanya itu, pengunjung yang datang ke kampung Toga ini juga bisa melakukan aktivitas wisata lainnya seperti family gathering, outbond, dan berenang.

Di tempat lain, disewakannya juga cottage atau penginapan di kampung Toga juga menambah antusiasme wisatawan dalam merencanakan misi berkunjung mereka. Area wisata yang bisa dijadikan tempat berkumpul selalu menjadi buruan wisatawan, termasuk kampung Toga ini.

Seperti halnya mayoritas penyedia layanan penginapan. Soal kuliner juga tidak perlu dikhawatirkan oleh pengunjung. Di kampung toga tersedia restoran dengan berbagai macam makanan dan minuman khas kota Sumedang. Yang jelas apapun kebutuhan Anda bisa dilayani dengan baik di meja reservasi.

Untuk harga sewa cottage sendiri berkisar di angka 200 ribu hingga 2 juta rupiah per hari. Jika ingin menyewa ruang pertemuan Anda harus merogoh kocek tambahan sekitar 1,5 hingga 2,5 juta rupiah.

Tarif Wisata Khusus Paralayang Bukit Toga

Untuk Anda yang berniat ke kampung toga untuk bermain paralayang jangan lupa untuk menyiapkan dana sebesar Rp 250.000 ya. Tarif tersebut berlaku untuk pengunjung yang akan mencoba terbang dengan paralayang di atas bukit toga sekali terbang. Tenang, saat terbang Anda akan didampingi oleh trainer profesional.

Sementara jika Anda ingin mengikuti pendidikan agar mahir untuk mernerbangkan paralayang sendiri bisa membayar paket pendidikan sebesar 3,5 juta rupiah.

Lihat juga Curug Anom Natural Hill Cisarua

Nah, itu dia sedikit gambaran tentang wisata Paralayang Bukit Toga yang ada di Sumedang. Semoga ulasan ini bermanfaat sebagai referensi Anda sebelum mengagendakan kesana.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *