Nikmatnya Belanja Barang Murah Di Pasar Baru Bandung

Salah satu tempat yang bisa dipilih wisatawan untuk melakukan perburuan belanja adalah Pasar Baru Bandung. Seperti layaknya tempat wisata lainnya, pasar ini banyak sekali dikunjungi oleh wisatawan yang berasal dari luar Kota Bandung. Hal ini juga dikarenakan banyaknya barang-barang murah yang dijual secara ecer maupun grosir di Pasar Baru Bandung ini.

Sejarah Pasar Baru Bandung

Pasar Baru Bandung merupakan sebuah pasar modern yang paling tua di Kota Bandung. Pusat perbelanjaan ini ternyata sudah berdiri pada tahun 1884 semenjak zaman penjajahan Belanda. Berdasarkan sejarahnya, pasar yang dulunya bernama Pasar Baroeweg ini dibangun oleh Belanda guna menjadi pengganti Pasar Tjigoeriang yang mengalami kebakaran dalam Peristiwa Munada pada bulan Desember tahun 1842.

Pasar ini terus menerus mengalami perkembangan hingga pada tahun 1906 banyak sekali bermunculan gerai-gerai dagangan mulai dari lokasi depan sampai lokasi belakang pasar. Sehingga, pasar ini kemudian dibangun secara permanen dan bertingkat. Hingga pada akhirnya, pasar ini kemudian berganti nama dari Pasar Baroeweg menjadi Pasar Baru Bandung di tahun 1970 pasca kemerdekaan Indonesia.

Semenjak pengubahan nama tersebut, Pasar Baru Bandung menjadi pasar modern pertama yang ada di Kota Bandung. Meskipun disebut sebagai pasar modern, pasar ini tetap mampu mempertahankan suasana tradisional yang memang menjadi ciri khasnya sejak dahulu.

Lokasi Pasar Baru Bandung

Pasar Baru Bandung berlokasi di Jalan Otto Iskandar Dinata, Bandung yang tidak jauh dari Jalan Asia Afrika. Selain itu, lokasi pasar ini juga dekat dengan salah satu tempat lokalisasi di Bandung yang kini telah berubah menjadi Pesantren Saritem. Kemudian, pasar ini juga dekat dengan Kompleks kawasan Alun-Alun Kota Bandung dan Masjid Raya Bandung. Sehingga, mudah sekali bagi wisatawan untuk menemukan pusat perbelanjaan ini.

Cara Menuju Pasar Baru Bandung

Dikarenakan lokasinya dekat dengan berbagai objek terkenal dan populer di Bandung, maka menemukan tempat perbelanjaan ini pun juga sangat mudah. Wisatawan yang ingin berkunjung ke lokasi ini bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Jika wisatawan berada di Bandara Husein Sastranegara dan ingin menuju ke Pasar Baru Bandung, maka wisatawan lebih disarankan untuk menggunakan jasa transportasi online maupun jasa taksi bandara. Agar ongkos menuju pasar ini tidak terlalu mahal, wisatawan juga disarankan untuk melakukan negosiasi langsung dengan sopir taksi dan tidak menggunakan argo.

Lebih mudahnya sebaiknya anda sewa mobil plus driver yang dimiliki tourbandung.id, dengan sewa mobil di jasa ini selain plus driver juga sudah plus BBM. Anda juga bisa sekalian berkeliling di kota Bandung dengan menyewa mobil ini.

Jika wisatawan ingin menuju ke tempat perbelanjaan ini dari Stasiun Hall Bandung, maka wisatawan harus mengambil jalan keluar stasiun melalui pintu sebelah utara. Dari sini, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan dengan menaiki angkot berwarna hijau muda jurusan Gede Bage – St. Hall dan kemudian turun tepat di depan pasar ini.

Jika wisatawan datang dari Terminal Bis Leuwipanjang, maka wisatawan bisa menggunakan kendaraan umum angkot trayek Kebon Kelapa kemudian berhenti di ITC. Dari sini, wisatawan harus menaiki angkot lagi yang berwarna biru jurusan Kelapa – Sukajadi, lalu turun di Pabrik Kopi Aroma kemudian menuju lokasi pasar dengan berjalan kaki melewati jalan kecil.

Jam Buka Pasar Baru Bandung

Wisatawan yang berkunjung ke tempat perbelanjaan ini tidak perlu khawatir dan terburu-buru karena pasar ini memiliki waktu buka yang cukup lama yaitu 10 jam. Pasar ini mulai dibuka pada pukul 07.00 dan berakhir pada pukul 17.00 WIB.

Gambaran Mengenai Pasar Baru Bandung

Pasar yang berada di pusat kota Bandung ini selalu dikunjungi oleh para wisatawan karena selalu menjual barang dagangan dengan harga yang miring alias murah. Apalagi, tempat ini menyediakan berbagai macam barang dagangan trendy dengan harga yang masih bisa ditawar. Berikut beberapa hal yang bisa diketahui mengenai Pasar Baru Bandung :

1. Pusat Perbelanjaan Busana Yang Lengkap

Kota Bandung sudah dikenal sebagai salah satu kiblat fashion setelah Kota Jakarta, maka tak heran jika kota ini dijadikan surga wisata belanja busana bagi para pengunjungnya. Selain memiliki kualitas barang yang cukup bagus, harga busana yang dijual pun juga bisa ditawar.

Lihat juga: Museum Sri Baduga Bandung

Wisatawan yang suka dengan dunia fashion bisa menikmati senangnya belanja di tempat ini. Hal itu dikarenakan banyak sekali gerai toko yang menjual berbagai jenis busana baik untuk pria maupun wanita. Tempat dimana busana banyak dijual adalah di lantai D1, D2, L3, dan L4. Di keempat lantai tersebut wisatawan bisa menemukan berbagai busana muslim dan fashion.

2. Tempat Belanja Grosir Tas

Tempat perbelanjaan ini juga menyediakan beberapa barang grosiran yang bisa dijual lagi di luar Bandung. Oleh karena itu, terkadang ada wisatawan asing yang berasal dari negara Afrika dan Asia yang datang ke tempat ini untuk membeli tas grosir sebagai oleh-oleh atau untuk dijual kembali.

Barang dagangan tas ini tersedia di lantai D2 dan lantai L3 Pasar Baru Bandung. Seperti halnya busana, barang ini juga dijual dengan harga yang cukup murah dan masih bisa ditawar lagi.

3. Tempat Belanja Berbagai Macam Aksesoris Dan Oleh-Oleh

Selain menjual berbagai macam busana dan tas, tempat perbelanjaan ini juga menjual berbagai macam aksesoris hingga kain batik. Aksesoris di tempat ini dijual di lantai D1 dan L4. Selain itu, di bagian luar tempat belanja ini juga banyak dijual berbagai macam oleh-oleh dan camilan khas bandung seperti peuyeum, dodol, basreng, wajik cililin, dan keripik.

4. Tempat Belanja Berbagai Perlengkapan Rumah Tangga

Disini wisatawan tidak hanya bisa berbelanja busana, aksesoris, dan tas saja, melainkan juga bisa berbelanja berbagai perlengkapan rumah tangga seperti perlengkapan bayi, karpet, sprei, bahkan furniture. Jika ingin mendapatkan beberapa barang perlengkapan rumah tangga ini wisatawan bisa mengunjungi lantai L1, L3, dan L6.

5. Menjual Berbagai Macam Makanan Dengan Harga Murah

Setelah penat berkeliling mencari berbagai macam barang belanja, wisatawan bisa beristirahat sejenak di lantai L6 untuk menikmati berbagai makanan dan minuman mulai dari khas Bandung hingga menu cepat saji western food.

Tips Belanja Murah Di Pasar Baru Bandung

Setiap wisatawan yang datang ke tempat belanja pasti ingin mendapatkan barang dengan harga sesuai kantong. Untuk mendapatkan barang dengan harga yang murah di pusat perbelanjaan ini, wisatawan disarankan untuk melakukan tips sebagai berikut :

  • Jangan Datang Saat Hari Libur. Jika ingin mendapatkan harga yang murah, wisatawan disarankan untuk datang pada hari kerja biasa dan menghindari hari libur, utamanya hari libur panjang.
  • Jangan Ragu Untuk Menawar. Di tempat belanja ini, meskipun harga barang dagangan telah ditentukan tetapi harga tersebut masih bisa berkurang lagi dengan cara ditawar.
  • Mengajak Teman Atau Saudara Yang Bisa Berbahasa Sunda. Biasanya akan lebih berhasil menawar suatu barang jika menggunakan bahasa Sunda. Oleh karena itu, ajaklah teman atau saudara yang bisa bahasa Sunda menemani Anda berbelanja disini.
  • Usahakan Belanja Di Satu Toko. Jika wisatawan ingin membeli barang dengan jumlah yang sangat banyak, usahakan hanya berbelanja di satu toko saja untuk mendapatkan diskonan harga yang besar.
  • Usahakan Membeli Barang Serian. Jika tujuan wisatawan datang ke tempat ini guna membeli barang untuk dijual lagi, maka usahakan membeli barang serian saja agar wisatawan mendapatkan harga grosir bukan harga ecer.
  • Jangan Takut Berbelanja Di Emperan Pasar Baru. Jangan pernah takut untuk berbelanja di emperan pasar baru karena mereka cenderung menjajakan dagangannya dengan harga yang lebih murah. Tetapi, wisatawan harus tetap jeli dan teliti dalam berbelanja supaya tidak kena tipu pedagang tersebut.

Itulah beberapa penjelasan mengenai pasar Baru Bandung. Semoga ulasan diatas bisa menjadi informasi bagi wisatawan yang memiliki rencana untuk datang ke lokasi ini. Tetap hati-hati dan telitilah dalam membeli supaya mencegah dari hal-hal buruk yang tidak diinginkan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *