Pemandian Air Panas Cimanggu Bandung, Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Pemandian Air Panas Cimanggu Bandung merupakan salah satu destinasi wisata yang terdapat di Bandung. Di tempat ini, pengunjung dapat merelaksasi diri di kolam pemandian air panas. Seperti apakah pemandian air panas itu dan apa saja fasilitas yang terdapat disana? Silahkan simak informasi di bawah ini yang telah disajikan secara lengkap.

Lokasi Pemandian Air Panas Cimanggu Bandung

Pemandian Air Panas Cimanggu Bandung berlokasi di jalan Ciwidey- Ranca Bali Kilometer 12, Rancabali, Patengan, Bandung, Jawa Barat. Tempat ini cukup jauh dari pusat kota Bandung. Dari pusat kota hingga Pemandian Air Panas Cimanggu ini sendiri memiliki jarak sepanjang 46 KM.

Diperkirakan untuk menjangkau tempat ini bila dimulai dari pusat kota Bandung membutuhkan waktu kira-kira selama 1,5 jam. Selain itu, pemandian ini berada di lokasi pegunungan dengan ketinggian 1600 mdpl. Jika anda tidak ingin capek berkendara sendiri anda bisa sewa mobil plus supir di Bandung, anda tinggal duduk dan sampai di tempat tujuan.

Jam Buka, Tiket Masuk Dan Biaya Parkir

Untuk menjangkau tempat ini, pengunjung tidak perlu khawatir tidak keburu atau tidak cukup waktu. Hal tersebut dikarenakan pemandian ini buka selama 24 jam. Jadi, pemandian ini tidak pernah tutup. Sehingga, jam berapa pun pengunjung tiba, pengunjung tetap bisa mandi sepuasnya.

Sementara itu, harga tiket di tempat ini cukup unik karena membedakan antara turis lokal dan asing. Selain itu, harga tiket masuk di akhir pekan juga lebih mahal di hari biasa. Berikut disajikan daftar harga tiket masuk beserta biaya parkir.

1. Harga Tiket Masuk Dan Biaya Parkir Hari Biasa / Weekday

Untuk hari biasa, harga tiket lebih murah ketimbang akhir pekan. Berikut merupakan daftar harganya :

  • Wisatawan lokal                                 : Rp. 16.000,- / orang
  • Wisatawan asing                                : Rp. 100.000,- / orang
  • Biaya parkir kendaraan roda 2       : Rp. 6.000,-
  • Biaya parkir kendaraan roda 4       : Rp. 13.500,-
  • Biaya parkir kendaraan roda 6       : Rp. 67.500,-

2. Harga Tiket Masuk Dan Biaya Parkir Akhir Pekan / Weekend

Sementara itu, untuk akhir pekan, harga tiket lebih murah ketimbang hari biasa. Berikut merupakan daftar harganya :

  • Wisatawan lokal                               : Rp. 23.500,- / orang
  • Wisatawan asing                              : Rp. 100.000,- / orang
  • Biaya parkir kendaraan roda 2     : Rp. 8.500,-
  • Biaya parkir kendaraan roda 4     : Rp. 18.500,-
  • Biaya parkir kendaraan roda 6     : Rp. 92.500,-

Fasilitas Di Pemandian Air Panas Cimanggu Bandung

Pemandian Air Panas Cimanggu Bandung memiliki berbagai fasilitas yang menunjang kegiatan wisata pengunjung. Terdapat fasilitas yang berbayar ataupun fasilitas yang gratis untuk setiap pengunjung. Fasilitas di tempat ini juga dirawat dengan sangat baik. Sehingga tidak heran apabila banyak sekali turis lokal maupun turis asing yang mengunjungi tempat ini. Kira-kira apa sajakah fasilitas yang terdapat di tempat ini ? Silahkan simak penjelasan berikut ini:

1. Kolam Air Panas

Sesuai dengan namanya, kolam air panas merupakan fasilitas pokok yang terdapat di Pemandian Air Panas Cimanggu. Kolam di pemandian ini memiliki suhu kisaran 40-60 derajat celcius. Terdapat 3 kolam yang dapat digunakan pengunjung di tempat ini. Ketiga kolam tersebut juga memiliki ukuran yang berbeda-beda. Masing-masing kolam memiliki ukuran sebesar 5 x 10 meter, 5 x 17 meser, dan 5 x 11 meter.

Kolam di Pemandian Air Panas Cimanggu juga memiliki perosotan yang bisa dinaiki oleh anak-anak. Sehingga, tempat ini cocok untuk kalangan dewasa, tua, maupun anak-anak. Bahkan beredar gosip bahwa air kolam tersebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti penyakit kulit dan kutu air.

2. Kamar Rendam Cimanggu / Kolam VIP

Buat pengunjung yang merasa tidak betah karena kondisi ketiga kolam yang tadinya terlalu ramai ataupun pengunjung yang memang tidak menyukai keramaian, disini ada solusinya. Pengelola Pemandian Air Panas Cimanggu menyediakan fasilitas kamar rendam Cimanggu. Kamar rendam Cimanggu ini juga dikenal dengan sebutan kolam VIP.

Jadi, di kolam ini pengunjung dapat berendam sendiri secara bebas tanpa gangguan orang lain. Hal tersebut dikarenakan kolam ini memang dibuat untuk 1 orang per kolamnya dan dibuat dalam bentuk kamar. Untuk tarifnya sangatlah murah. Pengunjung hanya perlu membayar Rp. 5.000,- untuk selama 15 menit. Misalnya apabila pengunjung ingin berendam selama 1 jam, maka pengunjung hanya perlu membayar Rp 20.000,- saja.

3. Kolam Pancing

Selain fasilitas kolam air panas yang sangat memadai, juga terdapat fasilitas kolam untuk memancing di Pemandian Air Panas Cimanggu ini. Tempat ini juga cocok dijadikan sebagai pelarian apabila kolam air panas terlalu ramai. Biaya untuk memasuki kolam pancing ini adalah Rp. 25.000,-. Alat pancing dan umpan untuk ikan dapat kita siapkan sendiri.

Liburan di Bandung belum seru kalau belum kesini: Curug Maribaya Bandung

Bila ketika kita menebarkan umpan ke kolam pancing dan disambut oleh ikan, maka kita berhak untuk membawa pulang ikan tersebut. Namun, untuk membawa pulang ikan, kita juga dikenakan biaya. Biaya yang dikenakan adalah sebesar Rp 35.000,-. Setelah membayar, maka ikan tersebut sudah menjadi milik kita.

4. Penginapan

Di Pemandian Air Panas Cimanggu juga terdapat penginapan khusus berupa cottege. Di sekitar cottege juga ditumbuhi berbagai pepohonan rindang seperti pohon pinus. Sehingga tempat ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin menikmati malam yang tenang dan sejuk.

Cottege di Pemandian Air Panas Cimanggu ini juga memiliki berbagai jenis tipe. Masing-masing tipe memiliki ukuran, fasilitas, dan kapasitas yang berbeda-beda. Sehingga, pengunjung dapat menyesuaikan dan memesan cottege sesuai kebutuhan mereka. Harga cottege ini juga beragam tergantung jenis kamar yang kita pilih.

5. Fasilitas Umum Lainnya

Masih terdapat berbagai fasilitas umum lainnya yang terdapat di Pemandian Air Panas Cimanggu. Bila fasilitas yang tadi kita bahas bersifat berbayar dan lebih bersifat pribadi, maka kali ini kita akan membahas yang bersifat umum dan gratis. Fasilitas umum yang ada diantaranya seperti :

  • Gazzebo.
  • Taman Bermain untuk anak kecil bermain.
  • Shelter, apabila hujan bisa berteduh.
  • Toilet.
  • Pusat Informasi.
  • Warung yang menjual makanan dan minuman.

Tips Untuk Berlibur Di Pemandian Air Panas Cimanggu Bandung

Untuk berlibur di pemandian air panas Cimanggu saya akan memberikan sedikit tips tambahan. Tentunya dengan membaca tips ini, liburan anda mungkin akan berjalan lebih lancar. Seperti apa sajakah tips tersebut, silahkan baca penjelasannya di bawah ini.

1. Menggunakan Jaket

Mengingat kondisi geoGrafis pemandian yang satu ini, anda disarankan untuk menggunakan jakaet selama perjalanan. Hal tersebut dikarenakan, mengingat ketinggian hingga 1600 mdpl pastinya angin pun terasa sangat sejuk.

Oleh karena itu, orang yang akan berkunjung ke tempat ini disarankan untuk menggunakan jaket supaya tidak kedinginan. Mungkin ini tidak masalah bagi beberapa orang, tetapi akan menjadi masalah bagi yang memiliki tubuh yang agak sensitif terhadap suhu.

2. Reservasi Kamar Cottege Terlebih Dahulu

Untuk menghindari kekecewaan tidak mendapat kamar karena sudah penuh, pengunjung yang ingin menginap dianjurkan untuk membooking kamar cottege terlebih dahulu. Hal tersebut dikarenakan, ada saat-saat tertentu dimana pengunjung membludak seperti musim liburan sekolah ataupun akhir tahun.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasinya, dianjurkan untuk mereservasi cottege terlebih dahulu. Reservasi dapat dilakukan beberapa hari sebelum keberangkatan.

Nah, itulah pembahasan mengenai Pemandian Air Panas Cimanggu Bandung. Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi? Jangan lupa juga kunjungi destinasi lain di Bandung, jika anda tidak tahu rute anda bisa menggunakan paket wisata yang dimiliki tourbandung.id. Banyak sekali pilihan wisata yang menarik, Anda bisa mencoba salah satu dari paket wisata yang dimiliki seperti paket wisata bandung 1 hari (City Tour).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *