Perbukitan Karst Citatah Bandung

Perbukitan Karst Citatah Yang Mempesona Keindahanya

Perbukitan Karst Citatah merupakan salah satu destinasi indah Bandung yang tak banyak orang tahu. Dimana, selain dapat menyaksikan pemandangan alam dari bukit, Anda juga dapat berfoto di bawah tebing. Di sana, Anda juga akan menjumpai sebuah gunung kapur yang unik. Tentu, dengan adanya gunung tersebut, pemandangan alam di sana menjadi lebih menarik.

Jika Anda menyukai aktivitas panjat tebing, maka tempat ini bisa jadi referensi yang tepat. Hal ini dikarenakan, pengunjung dapat melakukan aktivitas panjat tebing di sana. Uniknya, ketika Anda sampai di puncak tebing, Anda akan disambut oleh tugu besar yang dinamai sebagai Tugu Pisau Belati. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang objek wisata ini, simak informasi penting tentang perbukitan ini!

Gambaran Umum Perbukitan Karst Citatah

Perbukitan Karst Citatah

Wisata Perbukitan Karst atau biasa disebut dengan Kapur Citatah ini beralamat di desa Citatah, Bandung, Jawa Barat. Tempatnya sejuk dan menarik. Di sana pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang menakjubkan. Setiap harinya, selalu ada saja wisatawan yang datang, puncaknya adalah hari libur. Anda bisa mengajak keluarga atau teman Anda untuk berkunjung ke sana.

Lihat juga Kawah Kamojang Garut

Satu hal yang membuat banyak wisatawan tertarik ke sana adalah karena adanya tebing yang tak biasa. Ya, tebing yang di atasnya ada pedang raksasa. Panjangnya sekitar 9 meter dan cukup menyita banyak perhatian. Masyarakat setempat percaya bahwa pedang tersebut telah jatuh dari langit yang mana bertepatan dengan tsunami Aceh. Tempat di mana pedang itu tertancap di atas gunung yang bernama Gunung Manik dianggap keramat.

Namun, pendapat lain mengatakan bahwa pedang yang tertancap tersebut dulunya adalah pedang milik Koppasus. Mereka sengaja menancapkannya di atas gunung Manik karena itu adalah milik orang tionghoa dulunya. Dengan ditancapkannya pedang tersebut, maka orang akan mengetahui ciri khasnya, ciri Koppasus. Hal ini dibuktikan dengan adanya kandungan besi cor pada pedang dan beton.

Daya Tarik Perbukitan Citatah

Perbukitan ini memiliki daya tariknya sendiri sehingga membuat siapapun tertarik untuk ke sana. Ada beberapa spot foto yang dapat Anda jadikan background foto Anda. Salah satu spot terbaik adalah spot dimana pedang peninggalan di sama ditancap.

Anda juga berfoto di bawah tebing ataupun melakukan kegiatan panjat tebing. Namun, sebelum Anda melakukan panjat tebing, Anda wajib memperoleh izin dari Pusat Pendidikan Latihan Pasukan Khusus atau Pusdipassus. Mereka bermarkas di Batu Jajar, Bandung Barat.

Ada tiga tebing yang berdiri kokoh di sana, yakni Tebing Citatah 48, Tebing Citatah 90, dan Tebing Citatah 125. Mereka sama-sama terletak di satu wilayah yaitu di Padalarang, Bandung. Tebing Citatah 90 memiliki ketinggian 90 meter dengan material Karst atau batu kapur.

Dari ketiga tebing yang telah disebutkan tadi, salah satu tebing yang memiliki tingkat kesulitan lebih adalah Tebing Citatah 125. Ada sekitar 4 hingga jalur pemanjatan buang dapat dipakai untuk memanjat tebing ini. Tebing ini sendiri memiliki julukan sebagai Gunung Pabeasa.

Fasilitas Perbukitan Citatah

karst citatah padalarang

Ada beberapa fasilitas yang dapat digunakan di Perbukitan ini. Beberapa fasilitas dan pelayanan tersebut di antaranya:

  • Area Parkir untuk kendaraan

Jika Anda datang ke sana, Anda tidak perlu khawatir mencari tempat untuk memarkir kendaraan kalian. Hal ini dikarenakan disana sudah disediakan area parkir khusus baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

  • Mushola

Jika kebetulan Anda mengunjungi tempat ini mendekati waktu sholat, maka Anda bisa menyempatkan untuk beribadah terlebih dahulu. Jangan khawatir, disana sudah tersedia Mushola untuk umum maupun pengunjung.

  • Kamar Mandi atau Toilet

Fasilitas umum yang juga sangat penting adalah kamar mandi. Kamar mandi ini bisa digunakan oleh pengunjung di sana karena sifatnya umum.

  • Penginapan

Nah, jika Anda datang dari luar kota, tidak ada salahnya untuk menginap di homestay yang ada di sana. Sebaiknya, sebelum menginap, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu mengenai biaya menginap di sana.

Akses Ke Perbukitan Citatah

Bagi Anda yang bertempat tinggal di sekitar bukit mungkin sudah tidak asing dengan tempat ini. Namun, bagi Anda yang belum pernah sama sekali ke sini dan datang dari luar kota mungkin sedikit bingung. Anda tidak perlu risau. Lokasi perbukitan ini cukup mudah untuk diakses. Untuk mengetahui panduan ke sananya, Anda dapat membuka Google Map Anda dan mengikuti panduannya.

Untuk transportasi nya sendiri Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Namun, agar liburan Anda lebih menyenangkan, ada baiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi. Jika kondisinya urgen tidak ada kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan kendaraan umum. Kendaraan umum yang dapat Anda Naoki seperti bis umum ataupun angkutan lainnya.

Jika Anda bermaksud untuk naik bis, Anda dapat menunggunya di terminal bus. Setelah itu, langsung mengarah ke tujuan Anda yaitu Wisata Perbukitan Karst atau Kapur Citatah Padalarang, Bandung, Jawa Barat.

Perbukitan Karst Citatah memang memiliki daya tarik yang cukup memikat. Walaupun tempat wisata ini tidak sepopuler tempat wisata lainnya, tidak ada salahnya untuk mampir ke tempat ini saat liburan. Tentu, Anda akan memperoleh pengalaman memanjat tebing yang tidak terlupakan.

Lihat juga Monumen Perjuangan Rakyat

Demikian adalah pembahasan mengenai Perbukitan Karst Citatah. Jika Anda tertarik untuk ke sana, sebaiknya Anda sudah mempersiapkan keperluan Anda selama liburan. Beberapa bagian barang yang cukup dibutuhkan adalah kamera, peralatan mandi, peralatan kesehatan dan obat-obatan. Semoga perjalanan Anda ke sana lancar.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *