Penangkaran Ranca Upas Bandung

Ranca Upas Bandung, Spot Wisata Alam Yang Menarik Untuk Dikunjungi!

Ranca Upas Bandung merupakan salah satu destinasi wisata yang menjadi primadona di Kota Kembang. Ya, destinasi wisata ini menawarkan spot alam terbuka yang sangat sayang untuk dilewatkan. Berada di dataran tinggi, membuat Ranca Upas semakin mempesona dengan pemandangan alamnya yang menawan. Tak cukup sampai disitu, sepanjang perjalanan anda akan ditemani oleh hawa sejuk yang menyegarkan.

Lokasi Ranca Upas

Lokasi Ranca Upas Bandung

Bandung, memang menjadi objek wisata tujuan di kalangan para pelancong dari berbagai kota. Hal ini tentu didukung oleh banyaknya kawasan wisata yang bisa dikunjungi di kota dengan julukan Paris Van Java ini. Semua tersaji lengkap, mulai dari wisata alam, permainan, belanja, hingga kulinernya. Ranca Upas salah satunya.

Ranca Upas terletak di Bandung Selatan, tepatnya di Jalan Ciwidey- Patengan KM. 11, Rancabali. Selain sebagai spot wisata panorama alam, Ranca Upas juga dijadikan sebagai bumi perkemahan. Didirikan di area hutan lindung dengan luas mencapai 251 hektar, tempat ini difungsikan sebagai tempat konservasi. Dengan begitu, tentunya pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai macam flora dan fauna langka yang ada.

Untuk menjangkau lokasi, tidaklah sulit hanya berjarak sekitar 50 km dari Kota Bandung. Apalagi dengan dibukanya Jalan Tol Soroja, membuat jarak tempuh lebih singkat yaitu sekitar 1,5 hingga 2 jam dengan kendaraan bermotor. Tepat berada di pinggir jalan raya Ciwidey- Patengan. Dari arah Ciwidey, pintu gerbang masuk ke objek wisata tersebut berada di sebelah kanan, tidak jauh dari wisata Kawah Putih.

Lihat juga Kampung Batu Malakasari Bandung

Lain halnya jika anda melewati tol, setelah keluar dari pintu gerbang tol Soreang, belok kanan ambil arah menuju CIwidey. Begitu tiba di pasar Ciwidey, lanjutkan perjalanan menuju arah Rancabali atau Situ Patengan. Sepanjang perjalanan anda akan menjumpai banyak wisata lain yang tak kalah menarik. Mulai dari Patuha Resort, Kawah Putih, hingga gerbang menuju Kampung Cai Ranca Upas yang terletak di sebelah kanan jalan.

Berbagai Aktivitas Menarik Yang Dapat Dilakukan di Ranca Upas

Ranca Upas Bandung Camp

Berlibur ke Ranca Upas, tentu tidak ada bosannya. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Ya, itulah yang akan anda rasakan selama berada di Ranca Upas. Pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas dalam satu kawasan. Selain populer sebagai tempat perkemahan, Ranca Upas juga menyediakan beraneka ragam fasilitas penunjang untuk mendukung aktivitas wisatawan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Berkemah di area Camping Ground

Sejak dibuka sebagai destinasi wisata, Ranca Upas memang terkenal sebagai tempat camping yang asyik untuk bermalam. Area camping ground ini mampu menampung sekitar 10.000 orang. Sangat luas bukan? Maka tidak mengherankan jika pengunjung bebas mendirikan tenda dimana saja, saking luasnya lahan yang tersedia.  Meskipun begitu, view alam yang tersaji begitu menawan.

Anda dapat menyaksikan dari dekat panorama gunung yang nampak gagah berdiri tegak dikelilingi oleh hijaunya pepohonan yang rindang. Beningnya air danau semakin mempercantik pemandangan alam yang dimilikinya. Tak jauh dari perkampungan, terdapat area hutan lindung yang ditanami pohon Kurai, Pasang, dan pohon Huru. Ketiga pohon ini sudah jarang ditemukan saat ini.

Tidak cukup sampai disitu, jika beruntung, anda dapat menyaksikan burung-burung yang tengah berkicau indah di dahan-dahan pohon. Jika anda ingin camping disini, jangan lupa membawa jaket atau baju hangat. Mengingat udara di Ranca Upas sangatlah dingin. Suhu udara di malam hari bisa mencapai 0 derajat Celcius, sedangkan di siang hari suhu berkisar antara 17- 20 derajat.

Hal ini dikarenakan Ranca Upas Bandung berada di dataran tinggi sekitar 1.700 meter dari permukaan air laut. Bagi yang tidak membawa perlengkapan camping, jangan khawatir karena telah tersedia tempat penyewaan alat perkemahan. Anda dapat menyewa sleeping bag, matras, tenda, peralatan masak, bahkan kayu bakar untuk membuat api unggun.

  1. Menyaksikan lebih dekat penangkaran rusa

Selain digunakan sebagai area camping bersama keluarga ataupun teman, destinasi wisata Kampung Cai Ranca Upas juga merupakan tempat penangkaran rusa. Saat berlibur kesini, pengunjung dapat melihat penangkaran rusa dari dekat. Hal ini tak terlepas dari fungsinya sebagai tempat konservasi fauna.  Rusa-rusa ini dibiarkan hidup dan berkembang bebas di alam liar sesuai dengan habitatnya.

Jenis rusa yang ditangkarkan ialah rusa Jawa atau Cervus timorensis. Wisatawan dapat menikmati suasana dingin dan hawa sejuk sembari menikmati alam pegunungan yang terhampar luas. Menyaksikan kehidupan rusa lebih dekat, dengan naik ke tempat yang sudah disediakan. Tak selang beberapa lama, rusa-rusa tersebut akan menghampiri kita untuk meminta makanan.

Tidak perlu membawa makanan sendiri dari rumah, pihak pengelola telah menyediakan wortel dan sayuran untuk makan rusa. Selain itu, warnanya yang elok merah kecoklatan sangat indah jika diabadikan. Jadi, jangan lupa sempatkan waktu untuk berfoto bersama rusa-rusa ini. Tentunya akan menjadi momen menyenangkan yang tak akan terlupakan.

  1. Melakukan outbond dengan berbagai kegiatan yang menarik. Seperti halnya tracking di hutan, fun games, dan team building.
  2. Berendam di kolam air panas.
  3. Menikmati sensasi menegangkan bermain paintball.

Tiket Masuk Ranca Upas

Meskipun menyuguhkan keindahan alam yang menawan, tak lantas membuat Ranca Upas dibanderol dengan harga mahal. Bagi pengunjung domestic hanya dikenakan tarif masuk sebesar Rp 15.000,- dan Rp 25.000,- untuk wisatawan mancanegara. Jika ingin camping cukup mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp 10.000,-/orang setiap malamnya. Sementara itu untuk parkir kendaraan roda 2 sebesar Rp 5.000,-, roda 4 Rp 10.000,- dan kendaraan roda 6 Rp 25.000,-

Lihat juga Gunung Malabar Bandung

Bagaimana? Menarik bukan aktivitas yang dapat anda lakukan jika menyambangi objek wisata Ranca Upas Bandung? Banyak pengalaman baru yang akan anda rasakan. Waktu yang paling tepat untuk berangkat menuju ke Ranca Upas adalah saat pagi hari dengan mengendarai kendaraan bermotor. Jangan lupa persiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan.

Beri peringkat untuk posting ini
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *