Rumah Makan Legoh Bandung, Wisata Kuliner Yang Unik

Berbicara bandung, tentu tidak akan habisnya jika membahas terkait wisata kulinernya. Selain tempat wisata, bandung juga memiliki beragam wisata kuliner yang menyajikan varian menu yang menarik. Satunya adalah Kuliner Rumah Makan Legoh Bandung. Rumah Makan ini sudah sangat terkenal bagi masyarakat Bandung karena tidak hanya saja lezat masakannya namun tempatnya juga sangat mengasyikan.

Sejarah Kuliner Rumah Makan Legoh Bandung

Sebelum membahas terkait awal mula berdirinya Rumah Makan Legoh ini marilah bahas terkait Leon sang pemiliknya. Leon adalah seorang penggebuk bedug Inggris pada sebuah band  yang berasal  dari Bandung yaitu Band Koil. Selain drummer, dia juga seseorang yang memiliki hobi memasak. Sehingga, sekitar tahun 2004 Leon memberanikan diri untuk membuka bisnis kuliner dengan nama Kedai Bambu.

Lihat juga wisata museum mandala bandung

Empat tahun kemudian yaitu tahun 2008, bisnis kuliner ini mulai ramai dan berubah nama menjadi Rumah Makan Legoh Bandung. Bukan hanya saja cita rasa masakan yang lezat, tetapi konsep yang diusungnya  juga sangat menarik untuk dikunjungi. Legoh sendiri berasal dari sebuah marga orang Manado.  Sehingga resmilah Rumah Makan Legoh Bandung berdiri hingga saat ini.

Lokasi Dan Akses Kuliner Rumah Makan Legoh Bandung

Hingga saat ini Rumah Makan Legoh Bandung telah memiliki dua tempat di Bandung. Yang pertama berada di jalan Sultan Agung no. 9 Bandung dan juga di jalan Taman Cibeunying Selatan no. 3  Bandung. Yang pertama kali dibangun adalah Rumah Makan Legoh yang berada di jalan sultan agung, kuliner ini lebih terkenal di banding yang di jalan Taman Cibeunying.

Untuk akses menuju Rumah Makan Legoh yang di Jalan Sultan Agung dapat menggunakan angkutan pribadi maupun umum. Rumah makan ini dekat dengan Riau, tinggal tanya pada beberapa orang sekitar akan mengetahuinya.

Lebih mudahnya tanya saja tentang Sekolah Alloysius Sultan Agung, letak Rumah Makan Legoh Bandung berada tepat di seberang sekolah Alloysius atau cara yang lebih praktis adalah menggunakan google maps. Ada cara yang sangat direkomendasikan yaitu dengan sewa mobil dengan driver di Bandung, maka driver siap mengantar kemana pun tujuan anda. Jasa tour and travel di Bandung yang recommended hanya tourbandung.id, dapatkan fasilitas menarik dan pilihan mobil yang beragam.

Waktu Operasional Kuliner Rumah Makan Legoh Bandung

Rumah Makan Legoh ini buka setiap hari tanpa hari libur. Jam buka resminya mulai pukul 9 pagi hingga 12 malam. Namun rumah makan tidak pernah terlihat sepi, semakin malam pengunjung yang memadati rumah makan ini semakin bertambah. Lebih dari terutama ketika weekend tiba, tidak mudah mendapat tempat di Rumah Makan Legoh Bandung ini. Pengunjung biasanya akan melakukan reservasi terlebih dahulu.

Daya Tarik Kuliner Rumah Makan Legoh Bandung

Rumah makan legoh ini saat ini hampir tidak pernah sepi pengunjung. Hal tersebut tentu menjadi sesuatu yang unik dengan daya tariknya sehingga banyak peminat yang mengunjungi Rumah Makan Legoh Ini. Berikut 4 Daya Tarik Kuliner Rumah Makan Legoh Bandung yang perlu diketahui :

1. Rumah Makan Nyaman Dan Aman

Rumah Makan Legoh Bandung ini  memiliki ruang santap yang terbagi menjadi dua yaitu ruang indoor dan juga outdoor. Semua ruangan mempunyai ukuran yang sangat luas. Dan yang lebih penting lagi dibagian ruangan outdoornya masih tetap diberi atap, sehingga pengunjung tidak perlu merasa khawatir   ketika asyik menyantap makanan tiba-tiba turun hujan. Semua ruangan telah aman dan nyaman untuk disinggahi tanpa rasa cemas.

2. Rumah Makan Yang Sesuai Kantong Pelanggan

Tidak hanya menu makan besar saja yang tersedia di rumah makan legoh ini. Terdapat pula menu varian makan kecil dan camilan yang dapat dinikmati hanya untuk sekedar bersantai disini salah satu menu camilannya yaitu keju aroma.

Lihat juga: Tebing Citatah Bandung

Bahkan untuk semua menu yang tersedia di Rumah Makan Legoh walaupun memiliki ukuran porsi yang cukup besar, namun harga yang dibandrolnya masih tergolong murah meskipun tidak terlalu meriah banget. Yang pasti sangat cocok untuk kantong baik di kantong mahasiswa,  pelajar maupun pegawai kantoran

3. Pramusaji Yang Ramah

Salah satu daya tarik dari sebuah rumah makan adalah pelayanannya yang memuaskan. Begitupun di Rumah Makan Legoh ini memiliki banyak pelayan yang sangat ramah dan sering mengajak pelanggan bercanda ria. Sehingga tidak jarang, para pengunjung memberikan uang tips di meja setelah membayar bill.

Respon para pramusaji yang cukup cepat dan mampu menghafal pesanan dengan baik. Yang penting lagi, pelayan tersebut telah menghafal pesanan tanpa menulis pesanan pada kertas atau notes/buku/pda, tapi dihafal.

4. Tempat Nyaman Untuk Nongkrong

Rumah makan legoh Bandung dapat dibilang menjadi tempat yang sangat cocok untuk kongkow-kongkow, tapi jika menjadikan tempat ini sebagai tempat pacaran sangatlah tidak cocok sekali. Karena rumah makan ini begitu sangat ramai, terutama pada malam hari.

Ditambah lantunan alunan musik yang akan membuat menjadi sangat berisik di tempat ini. Tapi bagi yang suka nongkrong, ngopi dan juga merokok tempat ini sangat pas sekali. Semua bagian di rumah makan ini tempatnya adalah smoking area, jadi untuk yang tidak suka asap rokok mau tidak mereka yang harus mau mengalah.

Macam Menu Andalan Kuliner Rumah Makan Legoh Bandung

Rumah Makan Legoh Bandung memiliki banyak menu pilihan yang disajikan kepada pengunjung. Kuliner yang ditawarkan ada yang halal da nada yang tidak. Salah satu varian menu yang cukup diandalkan adalah Bacuk atau Babi Cuka serta banyak lagi menu kuliner lainnya. Berikut 3 menu andalan di Kuliner Rumah Makan Legoh Bandung :

1. Menu Bacuk Babi Cuka

Bacuk adalah salah satu nama menu non halal yang jadi andalan di rumah makan legoh bandung ini. Masakan ini yaitu berupa daging babi yang telah dipotong kotak  kecil-kecil kotak lalu selanjutnya akan digoreng dan kemudian akan dicampur bersama kuah. Kuah bacuk sendiri terdiri dari beberapa campuran tomat yang telah dipotong kecil-kecil, bawang merah, cabe,dan juga tidak ketinggalan, yaitu cuka yang menjadi bumbu utama.

Rasanya yang dihasilkan merupakan kombinasi antara gurih yang berasal dari daging babi serta juga terdapat rasa asam serta pedas yang muncul dari kuahnya. Bacuk yang disediakan di Rumah Makan Legoh ini terdiri dari bermacam varian. Terdapat bacuk biasa yang biasa dicicipi, dan ada pula bacuk rica, bacuk lada garam, bacuk mentega, bacuk cabe ijo, bacuk kecap, dan juga bacuk cabe rawit.

2. Menu Makanan Lele Lada Garam

Menu andalan yang selanjutnya di Rumah Makan Legoh Bandung adalah lele lada garam. Makanan ini sudah pasti berbahan utama ikan lele. Ukuran lelenya besar sekitar 2,5 kali dari ukuran lele pada umum di menu makanan pecel lele pinggiran. Dalam menu makanan tersebut terlihat ada taburan bubuk-bubuk yang berasal dari cacahan bawang putih yang digoreng bersama dengan lada dan garam.

Belum ke Bandung jika belum ke tempat ini: Kebun Bunga Cihideung Bandung

3. Menu Makanan Nasi Goreng Hitam

Salah satu menu andalan yang halal di Rumah makan Legoh ini adalah nasi goring. Terdapat berbagai macam nasi goreng yang ditawarkan oleh Rumah Makan Legoh ini, salah satunya nasi goreng hitam. Nasi goreng ini warnanya benar-benar  sangat hitam. Hitamnya  tentu  berasal dari tinta.

Tepatnya yaitu dari tinta cumi-cumi. Rasanya gurih khas bagai makanan laut pada umumnya. Karena memang berasal dari tinta cumi-cumi, maka  sangat nikmat jika menyantap nasi goreng hitam ini secara langsung saat masih panas. Jika makan saat nasinya sudah dingin, maka rasanya akan menjadi sedikit amis saat dimakan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *