Sanghyang Heuleut, Wisata Alam Legenda Bandung

Bandung sudah terkenal kaya akan objek wisata yang menenangkan. Sudah menjadi juaranya jika Bandung memiliki udara yang menyejukkan. Sayang sekali jika tidak pernah menginjakkan kaki di Bandung untuk mencoba beberapa destinasi wisatanya. Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Bandung yaitu Sanghyang Heuleut.

Lihat juga wisata populer di bandung

Pernah mendengar tempat mandi para bidadari? Disinilah tempatnya Sanghyang Heuleut memiliki pesona yang menakjubkan dan menarik untuk dikunjungi. Tak heran banyak wisatawan berkunjung kesini saat akhir pekan untuk merehatkan pikiran sejenak dari kebisingan kota. Berikut akan diulas bagaimana pesona yang menakjubkan beserta informasi perjalanannya.

Sejarah Dari Sanghyang Heuleut

Arti dari tempat ini sendiri adalah tempat suci yang berada pada dua waktu. Warga sekitar percaya di tempat inilah para bidadari yang turun dari khayangan singgah untuk mandi. Para bidadari itu turun dengan bantuan pelangi yang indah. Tempat ini juga dipercayai dimana ibu Sangkuriang mengambil air, mandi dan mencuci pakaiannya.

Legenda Sanghyang Heuleut sudah menjadi kontroversi. Dengan legenda inilah yang sangat menarik para wisatawan berkunjung sekedar untuk menikmati kesegaran dan indahnya pemandangan dari danau yang ada. Tempat yang mempesona ini sangat unik dengan legenda yang dimilikinya.

Lihat juga: NuArt Sculpture Park Bandung

Sanghyang heuleut berupa danau yang konon katanya hasil dari letusan gunung api purba. Hal ini dapat dilihat di sekeliling danau terdapat bebatuan besar yang menjulang tinggi. Tambahan air terjun kecil yang unik menambah pesona ini berkali lipat.

Keunikan Dan Pesona Yang Dimiliki Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut sangat terkenal dengan pesona yang dapat memanjakan mata. Pesona danaunya ini memang juara. Wisatawan berlomba-lomba untuk menempuh perjalanan yang tidak sebentar hanya untuk menikmati indahnya pesona pemandangan sekitar. Banyak keunikan dan pesona yang akan didapatkan disini.

1. Perjalanan Dengan Pemandangan Yang Menarik

Tempat wisata ini dapat dikunjungi dengan melalui Kota Bandung khususnya di Cimahi bagian Padalarang. Banyak sekali pusat oleh-oleh khas Priangan yang memenuhi pinggiran jalanan sekitar. Pemandangan yang disungguhkan pun kian menyejukkan. Hamparan pegunungan yang menyejukkan dan pepohonan karet akan menjadi tontonan gratis saat melakukan perjalanan menuju Sanghyang Heuleut.

Perlu dilakukan trekking saat mendekati daerah ini karena kondisi jalanan yang tidak memungkinkan untuk ditempuh dengan kendaraan. Panorama ciptaan Tuhan akan membentang menuntun pengunjung di sepanjang jalan. Indahnya pepohonan hutan yang hijau berpadu dengan bebatuan purba yang unik. Pengunjung tak akan merasakan lelah saat menapaki perjalanan menuju danau tersembunyi nan mempesona.

2. Keindahan Danau Yang Memukau

Hamparan danau yang terhampar dibumbui gemericik air terjun kecil menambah pesonanya berkali-kali lipat. Pasalnya, air di danau yang terlihat menyegarkan ditambah bebatuan purba disekitarnya dapat memanjakan pengunjung yang datang. Danau ini kadangkala berwarna biru atau hijau toska, memberi nilai tambah objek wisata ini.

Disini, pengunjung dapat bersantai menikmati pesona yang tersedia atau pun bermain air di danau ini. Pemandangan danau dijamin dapat menyegarkan mata. Cocok diabadikan dalam foto dengan tema panorama alami mempesona.

3. Dikelilingi Bebatuan Alami Yang Indah

Ada danau yang tersembunyi di balik bebatuan yang besar nan indah dengan rimbunan pepohonan hijau. Eksotisme tebing yang berupa bebatuan akan mendukung sebagai tempat bersantai sejenak. Suasana yang menyejukkan didukung pepohonan yang rindang akan terasa disini.

Bebatuan yang mengelilingi danau ini merupakan sisa letusan gunung “Mangkuk Besar” yang dikelilingi bebatuan ini memang sangat mempesonakan pengunjung yang ada.

4. Tempat Bermandinya Para Bidadari

Sanghyang heuleut memang letaknya cukup terpencil dan membutuhkan usaha agar dapat menikmati pesona danaunya. Pemandangan alami mampu memancing mitos yang ada. Mitos yang merupakan tempat mandi para bidadari sudah akrab dengan objek wisata ini. Seringkali tempat objek wisata nan indah di Indonesia dikaitkan dengan legenda dahulu kala.

Belum ke Bandung kalau belum kesini: Kebun Bunga Cihideung Bandung

Sanghyang Heuleut sendiri sebenarnya belum ditemukan makna aslinya. Tetapi jika diartikan per katanya Sanghyang artinya tempat suci dan Heuleut artinya selang antara dua waktu. Jadi Sanghyang Heuleut adalah tempat suci yang dikunjungi para bidadari yang ada di dua dunia.

Tips Berwisata Di Sanghyang Heuleut

Memang membutuhkan waktu dan perjalanan yang beresiko untuk dapat menikmati pemandangan ini. Namun pemandangan yang akan didapatkan setelah mencapai lokasi akan terbayar dengan perjalanan yang dilakukan. Ada beberapa tips yang mungkin dapat berguna ketika akan melakukan perjalanan.

1. Membawa Bekal Makanan Dan Minuman Yang Cukup

Tak ada salahnya membawa bekal makan dan minuman. Jangan lupa sediakan air minum yang cukup. Walaupun banyak warung makan dan pedagang yang menjajakan makanan, buatlah bekal agar tidak terlalu mengeluarkan banyak uang. Biaya perjalanan pun akan terasa lebih ringan dengan minimnya pengeluaran.

2. Persiapkan Pakaian Ganti

Pakailah pakaian yang dapat membuat tubuh leluasa bergerak. Medan yang akan ditempuh memungkinkan akan cukup ekstrim. Gunakan juga sepatu yang tidak licin. Persiapkan juga pakaian ganti untuk berenang mengarungi “mangkuk raksasa” di Sanghyang Heuleut. Pengunjung pastinya tidak akan melewatkan untuk merasakan kesegaran air danau dan pesonanya.

3. Jangan Lewatkan Mengabadikan Foto Dengan Kamera

Banyak spot yang dapat ditangkap dengan kamera. Warna danau yang kadang kehijauan atau kebiruan akan menambah pesona pemandangan sekitar. Pengunjung dapat berfoto ria bersama pemandangan yang ada.

4. Berkunjunglah Saat Cuaca Cerah

Medan perjalanan cukup berisiko. Saat hujan mungkin debit air akan meningkat. Akibatnya, perjalanan pun akan sulit dilalui. Lebih baik lakukan perjalanan saat hari cerah. Mulailah perjalanan di pagi hari sehingga waktu untuk memanjakan mata dengan hamparan pemandangan dapat lebih lama.

5. Latihan Fisik Sebelum Berangkat

Lakukan beberapa latihan kecil agar saat melakukan perjalanan tubuh tidak akan mudah lelah. Memang pengunjung tidak melalui tanjakan pegunungan yang berat. Tidak ada salahnya melakukan latihan kecil seperti jogging untuk mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Lokasi Dan Harga Wisata Sanghyang Heuleut

Lokasi wisata ini berada di Kecamatan Saguling. Letaknya berada di PLTA Saguling yang merupakan di barat Kota Bandung perlu melalui daerah Padalarang. Pengunjung harus trekking selama kurang lebih 1 hingga 2 jam untuk sampai di PLTA Saguling. Dari perjalanan inilah akan didapatkan pemandangan yang tak kalah mempesona di sepanjang jalan.

Sanghyang Heuleut merupakan salah satu objek wisata dari tiga bagian di Sanghyang. Ada Sanghyang Tikoro dan Sanghyang Poek yang lokasinya tidak jauh dari Sanghyang Heuleut. Ketiga objek wisata ini memiliki keunikan tersendiri yang tak kalah mempesona. Datang ke tempat ini bisa dengan sewa mobil bandung atau sewa bus untuk rombongan yang dimiliki tourbandung.id, yang juga melayani plus driver.

Untuk memasuki kawasan wisata ini, cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp. 10.000 per orangnya. Di sekitar daerah ini juga terdapat pedagang dan warung yang berjualan. Memang objek wisata ini belum dipegang oleh pemerintah. Pesona yang dimiliki Sanghyang Heuleut akan menarik pengunjung untuk datang lagi dan lagi.

Tertarik melakukan trip ke Sanghyang Heuleut? Tak ada salahnya berkunjung ke daerah ini. Banyak hal yang dapat dilakukan seperti berenang, memancing, berfoto, ataupun sekedar menikmati pesona Sanghyang Heuleut. Persiapkan diri dengan latihan dan bawa perbekalan yang cukup. Pesona menakjubkan disini akan menyambut pengunjung yang datang.

Kami juga menyediakan berbagai paket wisata bandung lainnya mulai dari 1 hari 2 hari bahkan 3 hari baik kelompok maupun untuk keluarga, semua lengkap kami sediakan untuk liburan anda yang menyenangkan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *