Arung Jeram Situ Cileunca

Situ Cileunca Pangalengan Bandung

Situ Cileunca Pangalengan merupakan salah satu wisata menarik yang berada Bandung Selatan dengan eksotisme dan suasana romantis yang tak tergantikan. Jika kalian merupakan penikmat wisata alam dengan suasana yang tenang, damai maka disinilah tempatnya.

Pemandangan yang hijau, udara yang segar dan keindahan alam yang membentang akan membuat jiwa terasa lebih tenang. Maka jika kalian tengah mengalami kejenuhan, kesuntukan kerja,dan membutuhkan tempat untuk menenangkan diri, maka disinilah tempat yang paling tepat

Situ Cileunca sendiri merupakan danau buatan dengan luas sekitar 1400 hektar berada di dataran tinggi. Selain keindahan alamnya dengan suasana yang sejuk, Situ Cileunca merupakan sumber air pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Air dari situ ini kemudian dialirkan melalui Sungai Palayangan yang terkenal dengan wisata outboundnya.

Dari cerita masyarakat setempat,Situ Bandung merupakan areal hutan belantara. Namun kemudian pada tahun 1918 kawasan ini dialihfungsikan menjadi sumber air. Situ ini tercatat memiliki kedalaman hingga 17 meter.

Fasilitas Situ Cileunca Pangalengan

Situ Cileunca Camp

Sebagai salah satu kawasan wisata, banyak pengunjung yang datang kesini. Banyak di antara mereka yang datang kesini tidak hanya sekali namun berkali-kali. Hal ini dikarenakan banyaknya fasilitas yang tersedia disini seperti camping ground Situ Cileunca Smart Camp dan rafting.

Biasanya anak-anak muda menyukai menghabiskan masa liburannya dengan camp bersama di Situ Cileunca. Berbeda dengan camp seperti biasanya, jika Anda menghabiskan malam dengan camp di sini, Anda akan dibuat takjub dengan berbagai keindahan alamnya, keeksotisan Situ Cileunca di malam hari yang romantis dan dingin.

Di Situ Cileunca disediakan areal camping yang cukup luas sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk kehabisan tempat. Karenanya Situ Cileunca ini dijadikan sebagai salah satu Bumi Perkemahan di Bandung Selatan. Anda akan menikmati ragam sensasi alam i pinggir danau di malam hari. Cobalah sesekali untuk datang kesini.

Lihat juga Goa Pawon Bandung

Sementara itu, untuk fasilitas rafting di Situ Cileunca ini sangat disenangi karena dianggap menantang. Ini adalah manfaat lainnya Situ Cileunca selain menjadi sumber pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Dan untuk kegiatan rafting di sini menggunakan air keluaran dari bendungan Cileunca (PLTA) yang sangat deas. Jika Anda menyukai tantangan dan hendak menantang adrenalin Anda, datanglah kesini dan rafting.

Di lokasi ini Anda bisa menaiki perahu untuk berkeliling danau sembari menikmati keindahan danau. Selain itu, di tempat ini Anda juga bisa mendapatkan buah strawberry dan arbei segar langsung dari pohonnya. Namun untuk bisa mencapai kebun tersebut, Anda perlu menggunakan perahu untuk menyebrang dengan tarif sekitar Rp 5000.

Jika kalian ingin membawa pulang buah strawberry sebagai oleh-oleh teman, saudara di rumah maka Anda akan dikenakan biaya tambahan. Untuk 1 kg arbei, Anda perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 25,000 seentara untuk 1 kg buah strawberry Anda di bandrol harga sekitar Rp 30,000.

Harga Tiket Masuk Situ Cileunca

Sayangnya, untuk bisa menikmati Situ Cileunca ini, Anda diharuskan membeli tiket masuk sekitar Rp. 2500 dan untuk Anda yang datang dengan mobil atau kendaraan pribadi maka ada biasa parkir sekitar Rp 3000. Anda tertarik untuk datang berlibur kesini? Anda bisa datang langsung ke Desa Wanasari Kecamatan Pangalengan, Bandung Selatan, Jawa Barat.

Rute Jalan menuju Situ Cileunca

Kabut Situ Cileunca

Jika Anda benar-benar tertarik untuk berkunjung ke sini, Anda tidak perlu khawatir sebenarnya. Karena, ada berbagai paket tour yang tersedia yang menawarkan liburan kesini. Anda bisa datang dengan menggunakan tour wisata, menyewa bus pariwisata, dengan kendaraan pribadi, ataupun dengan rental mobil yang banyak tersedia.

Selain itu Anda juga diuntungkan karena lokasinya mudah dijangkau karena terdapat bus yang menghubungkan Bandung dengan Pagalengan. Untuk waktu tempuhnya sekitar 2-2.5 jam perjalanan jika menggunakan kendaraan pribadi.

Jika Anda berangkat dari Bandung, maka selanjutnya Anda akan melewati Katapang, Banjaran lalu Pangalengan. Dari Banjaran ke Pangalengan jaraknya sekitar 35 km. Setelah Anda melewati pertigaan Pangalengan, Anda bisa mengambil arah sebelah kanan arah Garut. Tidak kurang dari 5 km kemudian, Anda akan menemukan tujuan Anda yakni Siu Cileunca.

Kemudahan Berlibur ke Situ Cileunca Pangalengan Bandung

Selain tempat yang asyik dan sangat recomended, lokasi yang mudah dijangkau, Anda juga dimudahkan dengan mengakses transportasi baik dengan sewa, travel, kendaraan umum ataupun dengan kendaraan pribadi. Keuntungan lainnya, Anda akan menemukan berbagai penginapan murah di Situ Cileunca Pangalengan Bandung sehingga Anda tidak perlu ragu untuk menghabiskan liburan beberapa hari di sini.

Tak hanya itu, di sekitar Situ Cileunca Anda juga bisa mendapati berbagai lokasi wisata. Jadi, Anda bisa mengambil liburan beberapa hari, dengan menyewa mobil ata mobil pribadi, membawa serta keluarga atau dengan teman-teman tercinta dan quality time. Jika bosan, Anda bisa berpindah lokasi wisata di sekitarnya.

Ada Curug Dewa dan Curug Panganten, lokasi wisata air terjun di Bandung yang menawarkan eksotisme dan romantisme alam yang sangat cantik. Wisata lainnya yakni Cukul Pangalengan, sebuah kebun teh di Bandung yang merupakan perbukitan cantik  dengan view menarik dan instagramable. Dijamin Anda tidak akan rugi.

Lihat juga Bus Street Gourmet Bandung

Selain itu, Anda Bisa juga sekaligus berkunjung ke hutan pinus di Cikole Lembang, atau objek wisata Cibolang Hot Spring, dan ada beberapa lokasi pemandian air panas. Jadi boleh dong mulai dari sekarang memanage waktu kapan datang ke Situ Cileunca. Sebelum libur lebaran tiba.

Beri peringkat untuk posting ini
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *