Situ Patenggang, Sejarah, Lokasi Dan Tiket Masuk Objek Wisata

Situ Patenggang adalah sebuah objek wisata danau yang terletak di Bandung Selatan, Jawa Barat. Nama tempat wisata ini terdengar asing. Namun, sangat menyenangkan untuk menghabiskan sisa liburan di tempat ini. Panorama danau Situ Patenggang terkenal sangat indah dan mempesona.

Dikelilingi dengan kebun-kebun teh yang sangat hijau luas membentang, memberikan aura alam yang sangat kental. Nah, penasaran seperti apa bentuk keindahan Situ Patenggang ini. Simak ulasan berikut:

Lagenda Situ Patenggang

Dahulu kala, tersebutlah sebuah kisah yang melatarbelakangi keindahan situ patenggang ini. dikisahkan terdapat sepasang manusia yang sedang jatuh cinta. Merekalah Ki Santang dan Dewi Rengganis. Ki Santang merupakan keponakan dari seorang Raja Padjajaran yang terkenal arif dan bijaksana dalam memerintah.

Lihat juga wisata kawah putih bandung

Sementara Dewi Ranggis hanyalah seorang gadis desa yang hidup di daerah pegunungan. Kisah jalinan cinta yang sangat kuat dari pasangan ini, sayangnya harus terpisahkan akibat terjadinya peperangan dalam jangka waktu yang lama.

Mereka terpisah dan selalu berusaha untuk mencari satu sama lain. Sampai satu ketika, mereka berhasil dipertemukan di sebuah tempat yang terdapat sebuah batu besar. Batu inilah yang kemudian di kenal dengan nama Batu Cinta. Setelah pertemuan kedua insane yang saling jatuh cinta ini.

Dewi Rangganis meminta kepada sang kekasih Ki Santang untuk membuat danau kecil ditengah pulau tersebut. Pulau inilah yang kemudian dikenal dengan nama Pulau Sasuka yang berarti Pulau Asmara. Karena keromatisan kisah ini, beredarlah mitos yang mengatakan, siapa saja yang berkunjung di Situ Patenggang  hubungan asmaranya akan langgeng.

Aktivitas Seru Untuk Dilakukan Di Situ Patenggang

Berwisata di tempat ini dijamin pengunjung akan merasa puas dan menyenangkan. Selain menikmati suasana alamnya yang indah. Situ Patenggang ini memiliki deretan aktivitas seru yang wajib di coba. Berikut aktivitas seru untuk dilakukan di Situ Patenggang:

1. Memancing Ikan Sepuasnya

Di sini pengunjung akan menikmati rasanya memancing ikan diatas perahu maupun di atas batu-batuan di pesisir danau. Uniknya danau ini memiliki bentuk hati, sesuai dengan namanya yang dikenal dengan nama danau hati. Di tempat ini pengunjung bisa memancing dengan bebas, ikan di sini sangat banyak.

Jenis-jenis ikan yang terdapat di sini ikan Mas, Nila, dan Mujair. Keunikan ikan di tempat hanya memakan umpan bakwan. Ikan di sini sangat kuat, karena itu harus berjaga-jaga agar ikannya tidak lepas.

2. Bermain Sepeda Air

Salah satu aktivitas seru yang wajib dilakukan saat beriwisata, di Situ Patenggang ini adalah bermain sepeda air. Mengelilingi danau hati bersama teman maupun keluarga. Bermain sepeda air akan sangat menyenangkan. Pengunjung bisa menikmati langsung serunya mengeksplore danau asmara dengan air beningnya. Mengambil portrait sisi berbeda dari Situ Patanggang ini.

Lihat juga wisata alam yang sejuk ini: Perkebunan Teh Rancabali Bandung

3. Mengelilingi Danau Dengan Perahu

Belum lengkap rasanya jika belum mengelilingi danau ini dengan perahu. Mendayung perahu sendiri sambil mengelilingi dan menikmati gemercikan air danau yang bersih. melihat ikan-ikan berenang di tengah danau. Pengunjung juga dapat mengambil gambar dengan berlatarbelakang pemandangan danau yang indah.

4. Mengelilingi Kebuh Teh

Keunikan dari Situ Patenggan ini, terletak pada panorama alamnya, seperti karpet hijau yang terbentang di alam. Pemandangannya sangat menyejukkan mata dan sangat menenangkan. Kebun teh di Situ Patenggang sangat indah untuk di jadikan sebagai spot foto yang sangat instagramable. Selain itu, pengunjung juga dapat menemukan kebun-kebun stroberi di sini, langsung bisa memetik buah stroberi dari pohonnya.

5. Mengunjungi Batu Cinta

Tempat wisata yang tidak dapat dilewatkan adalah mengunjungi batu cinta Situ Patenggang. Menurut cerita masyarakat setempat, setiap pasangan yang mengunjungi tempat ini akan memiliki hubungan yang langgeng. Karena itu, tidak heran jika batu cinta ini sangat ramai dikunjungi anak muda yang sedang jatuh cinta.

Rute Menuju Danau Situ Patenggang

Untuk berwisata di tempat ini, para pengunjung dapat mengakses rute jalan ke danau Situ Patenggang dengan beberapa alternatif jalur transportasi jika berada di pusat kota bandung. Jika membawa kendaraan pribadi, bisa langsung saja mengakses di google maps atau menggunakan aplikasi waze.

Jika pengunjung menggunakan kendaraan umum. Bisa menaiki kendaraan ke Cipularang masuk ke pintu tol kopo. Keluar menuju Cidiwey sekitar 15 km tiba di Danau Situ Patenggang. Pengunjung bisa juga mengikuti jalar kedua, yaitu menaiki kendaraan menuju Cipularang dan masuk ke tol Buah Batu. Ikuti petunjuk arah, dari Banjaran menuju Soreang lalu ke Cidiwey. Dari cidiwey ini kemudian menuju Danau Situ Patenggang.

Nah, dari pada bingung paling mudah untuk menuju objek wisata ini dengan sewa mobil di Bandung. Tentunya mencari jasa sewa yang menyediakan supir untuk mengemudikan mobilnya. Salah satu tempat sewa mobil yang memenuhi kriteria tersebut adalah tourbandung.id. Selain paket mobil dengan driver, juga ada paket plus BBM.

Harga Tiket Situ Patenggang

Untuk menikmati suasana alam danau Situ Patenggang, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 15.000,- sementara untuk wisatawan asing akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 50.000,- jika pengunjung ingin menikmati suasana berperahu di tengah danau cinta yang tenang ini.

Pengunjung dapat menyewa perahu dengan harga Rp. 15.000,- sementara untuk perahu angsa sebesar Rp. 40.000,- jika untuk pengunjung ingin menginap di tempat ini akan dikenakan biaya sebesar Rp. 600.000,-

Tips Berwisata Di Situ Patenggang

Sebelum berkunjung ditempat wisata ini, sebaiknya pengunjung memperhatikan beberapa tips berikut. Agar pengunjung dapat berwisata dengan santai dan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan. Simak ulasan berikut:

1. Menggunakan Jaket Yang Tebal

Situ Patenggang terletak di pegunungan karena itu tidak heran jika tempat ini memiliki suhu yang sangat dingin. Karena itu pastikan pengunjung mengenakan jaket yang tebal. Agar tidak kedinginan dan mengganggu kegiatan wisata yang menyenangkan.

2. Datang Pada Pagi Hari

Jika ingin menikmati suasana keindahan Situ Patenggaran yang indah ini, berangkatlah pada subuh hari agar bisa tiba di lokasi tepat pada momen sunrise. Jika jarak rumah pengunjung sangat jauh dari tempat wisata ini, disarankan untuk menginap agar bisa menikmati suasana alam Situ Patenggaran yang asri dan sangat menyenangkan.

3. Berliburlah Saat Weekend

Jika dipenuhi dengan kesibukan kerja dan di memiliki sela waktu untuk refreshing, disarankan untuk berlibur ke tempat ini pada saat weekend. Dijamin akan merasa puas dan tidak ingin pulang. Keindahan alam Situ Patenggaran ini terbilang langka, terutama kehijauan alamnya yang masih terjaga. Objek wisata Situ Patenggran ini sangat segar embun di pagi harinya.

Kunjungi juga destinasi menarik lainnya: wisata renang bandung

4. Bawalah Camera

Hal yang tidak bisa dilewatkan adalah berfoto ria, mengabadikan momen kebersamaan yang tidak dapat diulang kembali. Menaiki perahu, memancing, mengunjungi batu cinta, memetik stroberi dan mengelilingi kebun teh yang hijau. Terdapat banyak sekali spot foto yang unik dan instagramable. Di setiap sisi tempat wisata ini, akan terdapat banyak sekali spot foto yang menarik.

5. Bawalah Oleh-Oleh

Berlibur tidak lengkap rasanya tanpa membawa pulang oleh-oleh khas dari tempat wisata yang dikunjungi. Karena itu ketika berwisata di Situ Patenggaran ini jangan lupa mampir untuk membeli oleh-oleh khas Situ Patenggaran yang super unik tentunya. Jika harganya terlalu tinggi, ditempat ini pengunjung bisa menawarkan harga hingga mencapai kesepakatan

Untuk menghindari dehidrasi pengunjung, disarankan untuk membawa air putih yang cukup. Karena suhu yang dingin, pengunjung tidak akan merasa haus. Tetap saja harus minum air yang banyak agar stamina tubuh tetap terjaga.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *