Si Jalak Harupat

Stadion Si Jalak Harupat Megah Siap untuk Dikunjungi

Stadion Si Jalak Harupat merupakan salah satu stadion olahraga yang ada di Bandung. Nama dari stadion diambil dari julukan salah seorang pahlawan nasional yang berasal dari Bojongsoang yaitu Otto Iskandar Dianata. Stadion ini menjadi salah satu stadion megah yang ada di Indonesia. Pembangunan stadion sendiri menghabiskan anggaran sebesar 67,5 miliar.

Lokasi dan Rute Menuju Stadion Si Jalak Harupat

Stadion Si Jalak Harupat dibangun pada Januari 2003 kemudian diresmikan pada 26 april 2005 yang sekaligus menjadi hari jadi Kabupaten Bandung. Stadion ini berada di Soreang Simpang Selegong, Desa Kopo, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung. Tepatnya berada di 2.37 km dari Kutawaringin yang ada di Jalan Raya Soerang Cipatik.

Stadion Si Jalak Harupat menjadi milik Pemerintah Kabupaten Bandung sejap Persikab Bandung menjadikan stadion sebagai kandangnya. Begitu juga dengan tim sepakbola daerah Bandung yang telah menjadikan stadion ini sebagai home base mereka.

Stadion Si Jalak Harupat Bandung

Anda hanya memerlukan waktu sekitar 20 menit saja untuk sampai di Stadion Si Jalak Harupat dengan titik awal di Terminal Leuwi Panjang. Letak terminal dianggap sebagai tempat strategis karena mudah dijangkau dan diketahui banyak orang. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan kota.

Lihat juga stadion siliwangi bandung

Setelah keluar dari terminal, Anda bisa mengikuti arah jalan hingga menemukan jalan lingkar selatan kemudian memilih jalan Leuwi Panjang- Cibaduyut. Ciri ketika Anda sampai di jalan tersebut yaitu ada sepatu berukuran besar. Kemudian lurus hingga menemukan perempatan jalan Cibaduyut-Soekarno Hatta atau lebih dikenal dengan Jalan By Pass. Setelah itu ambil kanan terus hingga sampai di Jalan K.H Wahid Hasyim atau jalan Terusan Kopo.

Setelah itu Anda akan melewati jembatan Tol Purbaleunyi, dan pastikan melewati komplek AURi Lanud Sulaiman. Kemudian lurus mengemudi menuju jalan terusan Kopo Soreang dan melewati Jembatan Sungai Citarum.  Setelah itu Anda akan melintasi Jalan Soerang-Cipatik dan sampai di Stadion Si Jalak Harupat.

Harga Tiket Masuk

Ketika memasuki tempat wisata tentu harga tiket masuk ketika hari libur, hari biasa maupun hari spesial lainnya akan berbeda-beda. Seperti halnya dengan Stadion Si Jalak Harupat ini yang juga menjual harga tiketnya berbeda.

Ketika ada sebuah perbandingan antartim sepak bola, maka ketika Anda ingin masuk akan dikenakan sedikit biaya. Harga tiket pun belum tentu sama kepada setiap pertandingannya. Harga tiket yang berbeda dilihat dari pemain sepakbola. Semakin bagus tim sepakbola, maka harga tiket akan semakin besar.

Namun berbeda jika Anda mengunjungi ketika tidak adanya pertandingan. Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 0 atau gratis. Entah pada hari kerja maupun ketika hari libur. Untuk info lebih lengkapnya, pengunjung sebaiknya menghubungi call center dari pihak pengelola stadion si Jalak Harupat ini.

Jam Operasional

Setiap tempat wisata mempunyai jam operasional yang berbeda-beda. Biasanya tergantung kepada ramainya pengunjung. Jam operasional Stadion Si Jalak Harupat yaitu mulai dari jam 00.00 hingga 24.00 WIB atau buka 24 nonstop. Namun pihak pengelola juga berhak untuk mengubah jam operasionalnya sewaktu-waktu

Fasilitas Lengkap di Stadion Si Jalak Harupat

Selain pembangunan pertama yang dikerjakan pada tahun 2003, stadion juga merenovasi pada tahun 2010 agar sarana dan prasarana menjadi semakin lengkap. Fasilitas akan jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya. Fasilitas seperti toilet umum tentu sudah diperbaiki dan keadaannya menjadi bersih serta terawat.

Fasilitas stadion yang utama yaitu tribun penonton yang semakin baik, ruang ganti pemain yang cukup luas, dan loket tiket yang diperlebar serta diperbaiki. Selain itu, bagian-bagian sekitar stadion pun juga diperbaiki sehingga pengunjung yang datang akan semakin aman dan nyaman.

Lokasi Stadion Si Jalak Harupat

Dengan perbaikan yang dilakukan pada tahun 2010 ini menjadikan Stadion Jalak Harupat layak atau memenuhi standar yang ditetapkan. Penetapan tersebut berdasarkan atas Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) yang tentunya dalam lingkup wilayah negara Asia.

Agar stadion semakin bagus dan berkualitas, renovasi kembali dilakukan untuk kembali memperbaiki dan menambah fasilitas yang ada. Stadion direnovasi pada juli hingga Agustus 2016 menjelang perhelatan PON XIX di Jawa Barat. Awalnya stadion direncanakan sebagai tempat pembukaan perhelatan pesta olahraga tersebut. Namun hal tersebut tidak jadi dilakukan.

Rumput yang digunakan di lapangan Stadion Si Jalak Harupat yaitu rumput berjenis zoyzia matrella lin mer. Rumput tersebut mampu meminimalisir atau memperkecil terjadinya cedera yang dialami oleh pemain sepak bola. Lampu yang dipasang untuk lapangan yaitu berkekuatan 1.000 lux. Sehingga sangat memungkinkan untuk melakukan pertandingan ketika malam hari.

Tribun penonton pada stadion mampu menampung 27.000 hingga 40.000 penonton. Sangat banyak bukan? Sehingga anda tidak perlu khawatir kehabisan tiket ketika ingin menonton pertandingan sepakbola yang Anda sukai. Fasilitas pendukung lainnya yaitu kantin, ruang wasit dan sebagainya tersedia disana.

Lihat juga villa isola bandung

Luas bangunan dari stadion yaitu 20.177 m2 dengan lapangan bola seluas 7.500 m3 dan lansekap 13.000 m2. Pihak pengelola Stadion Si Jalak Harupat juga menyediakan tribun penonton untuk kaum difabel. Tribun penonton yang disediakan yaitu sebanyak 120 kursi. Selan 120 kursi untuk kaum difabel, stadion juga menyediakan 40 kursi untuk insan pers. Tidak heran jika stadion ini menjadi stadion kebanggaan masyarakat di Kabupaten Bandung.

Stadion Si Jalak Harupat bisa menjadi pilihan anda ketika ingin berolahraga khususnya sepakbola pada tim Anda. Bagi Anda yang datang sebagai penonton, Anda tentu akan sangat nyaman berada di sana karena fasilitas dari stadion yang satu ini tergolong lengkap.

Beri peringkat untuk posting ini
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *