Stadion Siliwangi

Kompleks Stadion Siliwangi Cocok Untuk Olahraga

Stadion Siliwangi menjadi salah satu stadion olahraga yang terletak di Bandung. Stadion yang melegenda ini telah dibangun sejak tahun 1954 langsung oleh Kodam Siliwangi yang dulunya sebagai tempat kegiatan olahraga militer. Stadion terus diperbaiki mengenai pembangunannya agar layak dijadikan sebagai stadion olahraga bagi Nusantara khususnya masyarakat Bandung.

Lokasi dan Rute Perjalanan Menuju Stadion Siliwangi

Stadion Siliwangi terletak di Jalan Lombok, Desa Merdeka, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung. Stadion terletak tepat di sisi sebelah tengah dari pusat kota Bandung. Dapat dikatakan bahwa lokasi stadion sangat strategis yaitu dekat dengan GOR Saputra, pasar Cihapit, Kodam III, Masjid Pusdai, Masjid Istiqomah, dan Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution. Anda bisa mudah sampai di lokasi tersebut.

Jika Anda ingin pergi ke stadion Siliwangi dengan titik utama kota Bandung tentu sangat mudah. Dari kota bandung anda bisa mengendarai kendaraan umum yang menuju ke arah jalan aceh. Kemudian berhenti menuju ke Jalan Lombok. Nah, Stadion Siliwangi ini berada di Jalan Lombok. Anda tinggal mengatakan pada sopir jika Anda ingin berhenti ke stadion tersebut. Tentu sopir sudah paham dan akan mengantarkan anda tepat di depan stadion.

Ketika titik awal perjalanan Anda dimulai dari Stasiun Kiaracondong, Anda bisa menaiki salah satu angkot 01A jurusan kepon Kelapa. Setelah sampai di Cicaheum via Binong, Anda bisa naik angkot 07 jurusan Ciawastra sampai di Cicaheum kemudian naik angkot 08 jurusan Cibaduyut. Setelah itu naik angkot 31 jurusan Antapati sampai di Ciroyom kemudian turun di Stadion Siliwangi.

Lihat juga villa isola bandung

Jika Anda dari Jakarta dengan kendaraan pribadi, Anda bisa memilih tol Jakarta – Cikampek kemudian menuju tol Purbaleunyi. Kemudian lanjut di jalan Dr. Djunjunan sampai di Flyover Pasupati. Setelah itu ambil Jalan Surapati lanjut ke Jalan Sentot Alibasyah dan Jalan Diponegoro. Selanjutnya Jl. Cisangkuy, Jl. Citarum dan Jalan Taman Citarum. Setelah sampai di Jl. Taman Citarum, ambil Jl. Lombok dan sampailah di Stadion.

Stadion Siliwangi

Di era teknologi yang semakin maju, kini letak stadion Siliwangi sudah terdapat di aplikasi google map. Anda bisa memanfaatkan aplikasi tersebut untuk mengarahkan perjalanan Anda agar bisa sampai di Stadion. Pemakaiannya pun cukup mudah yaitu mengarahkan titik awal dari lokasi Anda dan titik tuju pada Stadion.

Fasilitas Lengkap dan Aktivitas Menarik di Stadion Siliwangi

Stadion Siliwangi merupakan stadion olah raga yang awal dibangunnya digunakan untuk memperingati 8 tahun Bandung Lautan Api. Kodal Siliwangi membangun stadion untuk kegiatan latihan jasmani militer kodam siliwangi dan kegiatan olahraga masyarakat Bandung.

Beberapa tahun stadion ini telah mengalami beberapa renovasi sehingga stadion yang bisa Anda masuki sekarang ini sudah cukup baik. Di pinggir stadion telah tersedia toilet umum yang bisa digunakan oleh orang-orang yang memasuki stadion. Keadaan toilet pun bersih dan terawat.

Kapasitas dari Stadion Siliwangi cukup banyak yaitu mampu menampung hingga 40000 penonton. Stadion sering digunakan sebagai stadion kandang atau homebase bagi klub sepakbola Persib Bandung. Namun kini Klub sepakbola lokal dipindah di stadion lain yaitu Stadion Gelora Bandung Lautan Api dan Stadion Si Jalak Harupat.

Sebelum adanya beberapa stadion di Nusantara, Stadion Siliwangi sering digunakan untuk pertandingan tingkat nasional maupun internasional. Pada komplek stadion terdapat beberapa bagian seperti stadion sepak bola, lapangan squash, golf driving range, lapangan tenis, fitnes, dan kolam renang.

Pada kompleks Stadion Siliwangi  tepatnya di persimpangan Jalan Banda dan jalan belitung terdapat Siliwangi Squash Club (SSC) yang berhasil melahirkan atlet-atlet squash berbakat. Mereka yang berlatih di SSC berhasil menjadi atlet nasional bahkan atlet internasional yang berbakat.

Pada SSC ini tersedia tiga lapangan kaca. Selain terdapat lapangan yang luas,SSC juga tersedia kamar ganti yang lengkap dengan kamar mandinya. Air di dalamnya terdapat dua jenis yaitu air panas dan air dingin. Di sekeliling stadion juga terdapat penjual minuman, makanan ringan dan alat-alat squash. Sehingga kebutuhan olahraga Anda akan terpenuhi. SSC sendiri terbuka baik untuk anggota maupun untuk umum.

Di Kompleks Stadion Siliwangi juga terdapat kolam renang dengan nama Graha Tirta Siliwangi. Kolam renang ini memiliki kedalaman air dari 1,1 m hingga 2 m. Jika Anda datang bersama keluarga, tentu tidak perlu khawatir karena ada kolam renang untuk sang buah hati. Kolam renang anak ini memiliki kedalaman 30 cm hingga 80 cm. Kolam anak dilengkapi dengan wahana air seperti water gun, water spash, water boom dan tempat bermain pasir.

Bagi Anda yang suka bermain tenis, di Kompleks Stadion Siliwangi juga terdapat area untuk berolahraga tenis. Lapangan tenis ini tepatnya berada di Jalan Manado yang masih satu komplek dengan Stadion.

Lihat juga taman pasupati bandung

Ada dua lapangan tenis yang tersedia disana yaitu lapangan indoor dan outdoor. Lapangan tenis luar berada di Outdoor Tennis. Sedangkan lapangan tenis dalam yaitu berada di Indoor Tennis Court yang sekaligus terdapat tempat kebugaran yang bernama SOSI Sport Club. Tempat kebugaran ini menawarkan peralatan fitness dan bodybuilding yang lengkap, berkualitas dan berstandar internasional.

Stadion Siliwangi bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang sedang mencari tempat untuk olahraga. Olahraga akan semakin seru jika Anda bersama dengan teman Anda. Tidak hanya lapangan sepak bola saja, komplek stadion juga menyediakan berbagai tempat untuk olahraga seperti fitnes, renang, tenis dan masih banyak lagi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *