Tantang Adrenalin Di Sungai Palayangan

Rafting Seru di Sungai Palayangan Yang Menegangkan

Sungai palayangan pangalengan bandung adalah sebuah sungai yang berada di dalam kawasan situ Cileunca, Bandung Jawa Barat. Sungai ini menjadi salah satu objek wisata yang harus dikunjungi saat berada di situ Cileunca. Rafting di sungai ini mampu meningkatkan adrenaline siapapun yang mencobanya.

Sungai Palayangan merupakan wisata arung jeram yang menjadi favorit wisatawan di Bandung. Sungai ini terkenal dengan jeramnya yang beragam. Keberagaman jeram itu tercermin dari keamanan arum jeram ini bagi pemula.

Lokasi Sungai Palayangan

Rafting Sungai Palayangan

Lokasi sungai ini berada dalam kawasan objek wisata situ Cileunca. Tepatnya di desa Wanasari, kecamatan Pengalengan, Bandung Selatan. Jika dari kota Bandung maka pengunjung bisa mengambil jalan ke arah selatan sejauh 45 kilometer.

Sumber air sungai ini berasal dari danau buatan Cileunca. Airnya mengalir dari situ Cileunca dan berakhir di hutan pinus Rahong. Berada di ketinggian sekitar 1200 meter diatas permukaan laut membuat suhu disekitar sungai ini berkisar 18 – 26 derajat celcius.

Lihat juga Sunrise Point Cukul Bandung

Dikarenakan sumber air sungai ini berasal dari danau buatan maka debit air di sungai ini cukup stabil. Maka pengunjung tidak perlu khawatir jika sungai ini kering atau bahkan terkena air bah. Sehingga sangat cocok bagi para pemula untuk menikmati rafting.

Harga Tiket Sungai Palayangan

Untuk menikmati rafting di sungai ini pengunjung diharuskan membayar tiket. Harga tiket ini biasanya berbeda-beda tergantung dari fasilitator outbond yang dipilih pengunjung. Setiap fasilitator outbond sendiri juga menawarkan beberapa paket yang bisa dipilih pengunjung.

Setiap paketnya menawarkan berbagai fasilitas yang bisa dipilih oleh pengunjung. Paket termurah berada dikisaran harga Rp. 150.000 per orang. Harga itu sudah termasuk dengan tiket masuk objek wisata situ Cileunca, pelatihan arung jeram, instruktur dan pastinya arung jeram selama 2 jam. Selain itu pengunjung juga mendapatkan peralatan arung jeram lengkap, satu kali traditional snack , gazebo dan fasilitas pendukung lainnya.

Jika pengunjung merasa akan lapar setelah bermain arung jeram, maka pengunjung bisa memilih paket lainnya. Paket seharga Rp. 175.000 per orang ini selain sudah termasuk tiket masuk situ Cieunca, bermain arung jeram selama 2 jam serta mendapatkan fasilitas pendukung lainnya. Juga memberikan satu kali makan siang prasmanan untuk setiap pengunjungnya.

Masih merasa belum cukup bermainnya maka pengunjung bisa menambah permainan flying fox dan paint ball. Paket lengkap ini dikenakan biaya sebesar Rp. 225.000 per orangnya. Paket ini sangat cocok bagi pengunjung yang datang dalam jumlah yang banyak. Seperti gathering kantor ataupun acara organisasi kampus.

Fasilitas Sungai Palayangan

Sungai Palayangan

Fasilitas yang disediakan pun terbilang sudah lengkap. Sebagai bagian dari objek wisata situ Cileunca beragam fasilitas sudah tersedia. Parkir bersama yang cukup luas tentu akan sangat memudahkan pengunjung.

Selain itu ketersediaan toilet dan mushola semakin membuat nyaman pengunjung. Tak lupa gazebo tempat istirahat bagi yang telah lelah bermain menjadi fasilitas yang paling banyak dicari.

Jika ingin bermalam maka di sini tersedia hotel Citere yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung. Tak lupa beragam outbond lainnya juga bisa di pilih oleh pengunjung. Mulai dari flying fox, paint ball hingga fun games lainnya.

Keunggulan

Sungai Palayangan ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan sungai-sungai lain yang ada di Bandung. Kelebihan itu antara lain :

  • Pemandangan yang indah di sepanjang tepi sungainya

Aliran sungai ini melewati tiga kawasan objek wisata alam. Mulai dari situ Cileunca, hutan pinus Rahong dan perkebunan teh Malabar. Ketiga objek wisata itu menawarkan rimbunnya pepohonan di sepanjang sungai Palayangan.

Keindahan tersebut didukung pula dengan suhu udaranya yang cukup dingin. Sehingga tidak hanya mengetes adrenaline namun pengunjung juga bisa merasakan ketenangan dan kenyamanan.

  • Sumber air dari aliran situ Cileunca

Sumber air yang mengalir di sungai ini berasal dari aliran danau situ Cileunca. Aliran danau ini relatif stabil sepanjang tahunnya. Sehingga pengunjung bisa menikmati arung jeram pun sepanjang tahun. Tidak perlu khawatir sungai akan mengalami kekeringan ataupun terkena air bah. Oleh sebab itu pula sungai ini sangat cocok untuk bermain arung jeram bagi  pemula ataupun anak-anak usia di atas 10 tahun.

  • Variasi jeram yang beragam

Sungai ini memiliki 7 jeram grade III dan 11 jeram grade II. Dengan total panjang jeram mencapai 7 kilometer. Adapun variasi jeramnya antara lain drop, double drop dan turbulence.

Drop terjadi akibat adanya penurunan dasar sungai. Double drop terbentuk akibat aliran sungai melampaui batuan besar dibawahnya. Double drop bisa ditemui di jeram Kecapi.  Sedangkan turbulence berupa gelombang berpusar di bawah permukaan air. Turbulence bisa dinikmati di jeram Selamat Datang dan jeram Blender.

  • Basecamp berada di tepi danau

Basecamp yang terletak di tepi danau situ Cileunca ini semakin membuat pengunjung betah berlama-lama. Setelah lelah bermain arung jeram, pengunjung bisa menikmati pemandangan danau situ Cileunca yang indah sambil mengantri untuk membersihkan diri.

  • Penampang sungai tidak terlalu besar

Penampang sungai yang tidak terlalu besar ini memudahkan tim rescue untuk bergerak cepat jika ada sesuatu hal yang terjadi.

Lihat juga Jalan Asia Afrika Bandung

Sungai Palayangan menjadi destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Jawa Barat. Tidak hanya keindahan yang ditampilkan tapi lebih dari itu pengunjung bisa merasakan adrenaline saat bermain outbond di sini. Meskipun objek wisata ini sudah lama ada namum kesiapan fasilitas wisatanya baru dibuat sekitar tahun 2000an. Jadi tak perlu khawatir jika berkunjung kesini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *