Taman Begonia Bandung: Lokasi, Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Mendekati waktu liburan, banyak orang mulai mencari referensi tempat wisata yang apik. Terutama bagi yang telah berkeluarga, pasti mencari tempat wisata yang cocok dikunjungi satu keluarga. Misalnya seperti pantai atau taman safari. Tapi kali ini, Bandung menawarkan tempat wisata yang berbeda dari biasanya, yang dinamai Taman Begonia Bandung. Mengapa tempat wisata ini cocok untuk tempat berlibur keluarga? Berikut ulasan lengkapnya:

Mengenal Lebih Dekat Taman Begonia Bandung

Taman Begonia Bandung terletak di daerah Lembang, Kabupaten Bandung. Tepatnya di ketinggian 1200 Mdpl di atas laut. Banyak orang yang menyebut taman ini sebagai Kebun Begonia Lembang atau Taman Begonia Glory. Berbeda dengan wahana wisata Bandung yang kebanyakan indoor, Taman Begonia ini menawarkan pengalaman berlibur outdoor di antara bunga-bunga nan cantik.

Taman ini pertama kali didirikan oleh walikota Bandung, Ridwan Kamil, pada tahun 2013. Sejak saat itu, Taman Begonia menjadi tempat wisata yang hits, terutama di kalangan pemuda dan keluarga. Seperti namanya, Taman Begonia didominasi bunga balinea, salah satu varian bunga begonia asal Bali.

Selain balinea, ada beraneka jenis bunga lainnya seperti salvia, impatiens, geranium, dan celosia. Saking indahnya Taman Begonia ini, banyak orang yang menyebutnya setara dengan taman Himawari no Sato di Jepang.

Wahana Wisata Yang Terdapat Di Taman Begonia Bandung

Tujuan utama pendirian Taman Begonia adalah untuk pelestarian jenis bunga (pengayaan florikultura). Meski demikian, taman ini juga memiliki wahana-wahana wisata yang mengagumkan. Wahana ini bisa Anda nikmati sejak saat masuk taman hingga menuju arah pulang. Apa saja wahana-wahana itu? Ini beberapa di antaranya:

1. Gerbang Bunga Balinea

Sebelum masuk Taman Begonia, pastikan kamera Anda sudah siap di tangan. Pasalny, Anda akan langsung disambut dengan gerbang bunga raksasa saat masuk. Gerbang ini tersusun atas bunga-bunga balinea yang masih hidup, dikombinasikan dengan daun-daun hijau nan asri. Tepat di sebelahnya, terdapat papan besar bertuliskan “Welcome to Kebun Begonia”.

2. Sepeda Roda Tiga Raksasa

Bagi Anda yang sudah memiliki pasangan atau berkeluarga, wahana wisata satu ini benar-benar pas dikunjungi. Di dalam Taman Begonia terdapat sebuah sepeda roda tiga raksasa berwarna putih, dengan hiasan bunga yang memenuhi sekelilingnya. Letak sepeda raksasa ini tepat di tengah-tengah kebun bunga. Pemandangan itu benar-benar serasi. Selain itu, di sekitarnya juga terdapat patung-patung hewan yang makin menjadikan spot itu tampak hidup.

3. Bunga Dan Mobil Cinta

Spot ini bahkan lebih romantis dibanding sepeda roda tiga raksasa. Taman Begonia juga memiliki bunga dan mobil cinta. Seperti namanya, bunga cinta adalah wahana wisata berupa bangku panjang dengan bunga berbentuk hati di atasnya. Bentuk hati ini dibuat dari kawat. Sedangkan mobil cinta memiliki konsep bahan yang sama, yakni dari kawat. Bedanya, mobil cinta dibentuk menyerupai kerangka mobil. Di kerangka itulah, bunga-bunga mulai menjalar dan bermekaran.

4. Keong Raksasa

Salah satu spot terunik taman ini adalah bangunan berbentuk cangkang keong raksasa. Karena ukurannya yang sangat besar, bangunan ini dapat dimasuki siapapun. Spot cangkang raksasa merupakan salah satu spot yang paling dicari untuk dijadikan selfie.

5. Landscape Bunga Aneka Warna

Tatanan landscape Taman Begonia dikerjakan dengan benar-benar matang. Maka dari itu, dari manapun pengunjung memandang/mengambil foto, pemandangan landscape yang diperoleh tetap ciamik. Selain dari segi penataan, aneka jenis dan warna bunga yang dipadu-padan membuat taman ini jadi semakin enak dipandang.

Lihat juga tempat wisata di bandung lainnya: Kebun Strawberry Ciwidey Bandung

Saat berkunjung ke taman ini, Anda tidak perlu takut menginjak bunga dengan sengaja. Karena hampir semua bunga di taman ditanam dalam polybag.

6. Wisata Petik Buah

Wisata petik buah menjadi salah satu primadona milik Taman Begonia Bandung. Uniknya wisata ini memperbolehkan pengunjungnya memetik buah dan sayuran dari kebun milik taman. Setelah memetik, Anda dipersilakan memakannya langsung atau memberikannya pada pengelola agar dimasak. Adapun buah dan sayur yang dapat Anda petik misalnya cabe, brokoli, terong, tomat, apel, dan sebagainya.

7. Outbond

Benar-benar wahana wisata yang lengkap. Selain wisata bunga dan petik buah, Taman Begonia masih memiliki satu wahana lagi, yakni wahana Outbond. Wahana ini bertemakan “Fun Treasure Hunt” (Petualangan Perburuan yang Menyenangkan). Outbond Fun Treasure Hunt memiliki games seperti scramble, puzzle, dan farm trekking. Benar-benar layak dikunjungi bersama keluarga.

Peta Lokasi Menuju Taman Begonia Bandung

Taman Begonia Bandung terletak di Jalan Maribaya No. 120 A Lembang. Untuk sampai ke tempat ini, Anda harus melewati rute Setiabudi terlebih dahulu sebelum sampai rute Maribaya. Rute alternatifnya adalah dengan melewati Dago—Lawang Wangi.

Apabila Anda datang menggunakan angkutan umum, dari kota Anda bisa turun di Pasar Lembang. Lalu naik angkutan desa jurusan Cibodas. Untuk menuju lokasi ini agar mudah anda sebaiknya menggunakan rental mobil innova di bandung.

Harga Masuk ke Taman Begonia Bandung

Harga masuk Taman Begonia Bandung tergolong sangat murah. Hanya dengan Rp. 10.000,-, Anda sudah bisa masuk taman dan mengikuti kegiatan outbond. Jika Anda tidak memiliki atau membawa kamera bagus, Anda juga bisa meminjam saat tiba di tempat wisata. Biaya pinjam kamera juga murah, hanya Rp. 50.000,- untuk SLR. Ketika ingin membawa pulang bunga, Anda bisa membelinya dengan harga Rp. 20.000,-

tiket masuk taman begonia

Selain wisata, Taman Begonia juga bisa disewa untuk foto pre-wedding. Harga masuk untuk aktivitas pre-wedding adalah Rp. 250.000,- per 2 jam. Nah cukup murah kan? Jika anda tertarik untuk mengunjungi beberapa wisata anda bisa menggunakan paket wisata dan jasa tour and travel terpercaya dengan pilihan paket wisata 3 hari 2 malam ke bandung bisa anda temukan di tourbandung.id. Dengan menggunakan jasa ini dijamin liburan anda lebih puas.

Tips Berkunjung ke Taman Begonia Bandung

Sebelum berkunjung ke Taman Begonia Bandung, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Tips tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Jangan Lupa Membawa Kamera

Taman Begonia memiliki pemandangan yang luar biasa fantastis. Akan sayang jika Anda berkunjung tapi tidak mengabadikan apa-apa dalam foto. Jadi saat berkunjung, pastikan memiliki kamera yang memadai. Minimal kamera dari gawai. Tapi jangan membawa kamera yang terlalu besar juga. Karena pengelola menerapkan tarif tambahan Rp. 50.000,- untuk pengunjung yang membawa kamera resolusi tinggi.

2. Pastikan Tidak Punya Alergi Bunga

Sebelum berkunjung, pastikan Anda tidak menderita alergi serbuk bunga. Alergi tersebut termasuk alergi kronis, yang akan memburuk saat Anda berdekatan dengan alergen. Jika tidak menderita alergi serbuk bunga, Anda juga harus tetap menjaga kondisi tubuh. Serbuk bunga bukan hanya menimbulkan alergi, tapi juga bisa membuat bersin berulang kali.

3. Tidak Perlu Membawa Makanan

Taman ini menyediakan fasilitas super lengkap. Mulai dari café, tempat karaoke, hingga live music. Jadi saat Anda berkunjung bersama keluarga, dihimbau agar tidak perlu membawa makanan sendiri. Silakan membeli makanan yang terdapat di dalam taman.

4. Mengenakan Jaket Saat Berkunjung

Taman Begonia ini terletak di dataran tinggi. Suhu rata-rata dataran tinggi terbilang rendah. Maka dari itu saat datang, jangan lupa mengenakan jaket. Sehingga tubuh Anda tidak kedinginan dan jadi meriang.

5. Foto Boleh, Merusak Jangan

Kasus perusakan tempat wisata oleh pengunjung tidak satu-dua kali terjadi. Melainkan sangat sering. Salah satu yang paling mudah dirusak adalah bunga. Maka dari itu, sebisa mungkin Anda tidak melakukan hal-hal yang bisa merusak bunga di sana. Berfoto-foto, silakan. Tapi jangan sampai apa yang Anda lakukan berdampak buruk bagi tanaman-tanaman di sekitar.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *