Taman Cempaka Bandung

Taman Cempaka Bandung: Lokasi dan Fasilitasnya

Taman Cempaka: Siapa bilang Bandung tidak memiliki taman terbuka hijau seperti kota Jakarta dan Bogor? Jika Anda berkunjung ke Bandung maka Anda akan menemukan sebuah taman terbuka hijau dan sangat indah dan menarik. Taman Cempaka menjadi sebuah taman terbuka hijau di Bandung yang masih jarang dikunjungi wisatawan baik akhir pekan maupun hari biasa. Biasanya taman ini dikunjungi oleh masyarakat sekitar ketika menjelang sore hari untuk sekedar bersantai sambil menikmati suasana sore.

Bicara tentang taman di Bandung, pasti Anda sudah sering mendengar bahwa Kota Bandung memiliki banyak taman yang sangat menarik. Umumnya beberapa taman tersebut memiliki view yang masing-masing berbeda. Nah, bagi Anda yang berkunjung ke Bandung jangan lupa untuk menyempatkan berkunjung ke taman Cempaka ini. Selain menikmati suasana sore, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di sana. Apa saja itu? Simak beberapa alasannya berikut ini.

Tentang Taman Cempaka

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Taman Cempaka atau biasa disebut Taman Foto merupakan sebuah taman yang cukup populer di Bandung. Taman cempaka sendiri merupakan 1 dari 600 taman yang masuk dalam program revitalisasi 600 taman yang ada di Kota Bandung. Sesuai dengan namanya, taman yang satu ini mengusung konsep atau tema fotografi yang memang sengaja dibuat oleh Pemerintah Daerah. Tujuan dibangunnya taman ini yaitu untuk mendukung kegiatan komunitas fotografi yang ada di Bandung. Sebenarnya taman ini masih belum begitu lama didirikan yakni pada tahun 2013.

Lihat juga stadion si jalak harupat

Pemerintah Daerah Kota Bandung pun berharap dengan adanya taman fotografi ini, komunitas fotografi yang terdapat Bandung mampu berkarya dengan maksimal. Selain itu taman ini juga sebagai wadah bagi mereka untuk menghasilkan karya misalnya sebagai tempat untuk belajar seni fotografi. Karena taman ini ditujukan pada komunitas fotografi, tidak heran jika dikelola langsung oleh komunitas fotografi yang ada di Bandung.

Lokasi Taman Cempaka Bandung

Sesuai dengan namanya yaitu taman Fotografi atau taman cempaka, taman ini berada di jalan Taman Cempaka. Sebenarnya lokasi dari taman ini tidak jauh dari jalan Riau. Lokasi tepatnya taman cempaka ini berada di jalan Anggrek yang mana jaraknya sekitar 2,6 km dari kantor Balai Kota Bandung. Berbeda dengan taman-taman lainnya, lokasi taman ini bisa dikatakan kurang strategis. Salah satu kekurangan dari lokasi taman fotografi yakni tidak adanya kendaraan umum yang melaluinya.

Sehingga untuk bisa mencapai lokasi, para pengunjung harus menggunakan kendaraan pribadi atau rental avanza bandung yang diparkir di sekitar taman. Meski begitu taman fotografi ini masih bisa diakses dengan berjalan kaki. Sebenarnya ditelusuri lebih jauh bukan tanpa alasan mengapa pemerintah Kota bandung membangun taman ini ditempat tertutup. Hal tersebut karena bentuk taman nya yang segitiga dan dipenuhi oleh bunga serta pepohonan yang rindang.

Taman Cempaka

Hal ini dimaksudkan untuk menyesuaikan dengan tema dari fotografi itu sendiri. Meski tidak dilewati oleh kendaraan umum, taman ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Banyak sekali pengunjung yang datang baik pada akhir pekan maupun hari biasa.

Fasilitas Taman Cempaka

Apa saja fasilitas yang bisa didapatkan oleh pengunjung taman cempaka ini? Walaupun taman ini dibuka gratis untuk umum, namun bukan berarti taman cempaka ini tidak didukung oleh fasilitas lengkap. Perlu diketahui bahwa selain bisa menikmati suasana yang nyaman, pengunjung juga bisa menjumpai pemandangan yang dijamin menarik.

Beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati seperti galeri terbuka, spot foto yang menarik, dan taman yang begitu nyaman. Selain itu disini juga tersedia tempat bermain anak yang bisa dikatakan cukup lengkap. Adanya koneksi internet gratis juga menjadi alasan mengapa Anda perlu mengunjungi taman ini saat liburan tiba nanti.

1. Ruang Terbuka Hijau (RTH)

Fasilitas pertama yang dapat Anda nikmati adalah ruangan terbuka Hijau atau biasa disebut dengan RTH. Sesuai dengan namanya, ruangan terbuka, fasilitas ini dapat Anda nikmati di ruangan outdoor. Di sana, ada banyak sekali tanaman hijau yang membuat rileks. Selain itu, terdapat tulisan “Taman Cempaka” di tembok yang cocok sekali dijadikan spot foto.

2. Jogging Track

Bukan jogging track biasa, di sana Anda dapat berkesempatan melakukan jogging di area berbukit. Lokasinya sangat bersih dan menyejukkan. Hal ini dikarenakan petugas sekitar selalu menjaga kebersihan setempat demi kenyamanan pengunjung.

3. Fitness Outdoor

Apakah Anda suka melakukan fitness? Jika benar, tempat ini bisa jadi referensi tempat wisata sekaligus fitness. Ruangannya memang didesain outdoor dengan beberapa alat fitness yang dapat digunakan.

4. Arena Bermain Untuk Anak

Jika kebetulan Anda membawa buah hati Anda ke taman ini, Anda tidak perlu khawatir ketika anak Anda ingin bermain. Ada tempat yang khusus disediakan untuk arena permainan anak. Tentu, ini akan sangat menyenangkan sekali, bukan?

5. Toilet

Nah, fasilitas umum yang tidak boleh terlewatkan adalah toilet. Anda tidak perlu khawatir dengan kebersihannya. Toilet yang disediakan cukup bersih. Letaknya pun tidak jauh dari objek-objek alam yang ada di sana.

Danau Buatan di RTH Taman Cempaka

Jembatan Taman Cempaka
Satu lagi fasilitas yang tidak boleh terlewatkan, yakni Danau buatan di RTH. Ternyata, di sana, tidak hanya menyaksikan pemandangan alam, Anda juga dapat menikmati kesegaran air danau buatan.

Lihat juga stadion siliwangi bandung

Demikian ulasan mengenai Taman Cempaka yang perlu Anda ketahui. Taman ini memang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Itu mengapa, jangan heran jika tempat ini selalu ramai pengunjung. Selamat menjalani liburan seru!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *