Lokasi Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda

Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda

Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda merupakan salah satu destinasi wisata terkenal yang ada di Bandung. Tempat wisata ini menyuguhkan pesona indah dan elok yang tersembunyi. Bagi Anda yang berada di daerah Bandung Utara tentunya tidak boleh melewatkan tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Lokasi dan Rute Menuju Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda

Tiket Masuk Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda

Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda terletak di Kompleks Taman Hutan Raya Ir. Djuanda Nomor 99, Desa Dago Pakar, Kecamatan Ciburial, Cimenyan, Kota Bandung. Lokasi taman yang strategis membuat warga Bandung memilih tempat wisata sebagai tempat berwisata liburan akhir pekan.

Anda tidak perlu khawatir mengenai rute untuk menuju ke THR Ir. H. Juanda. Tempat wisata di Bandung ini bisa Anda datangi menggunakan kendaran umum misalnya angkutan. Anda bisa menggunakan angkutan dari terminal Dago kemudian melalui pintu masuk 1 Dago. Rute tersebut  menjadi rute tercepat dan termudah yang bisa Anda lewati. Selain terminal Dago, Anda juga bisa menggunakan jalan cilumbeuit, jalan lembang, dan mariabaya.

Selain menggunakan kendaraan umum, Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Jika Anda kebingungan mengenai jalan menuju THR Ir. H. Juanda, Anda bisa memanfaatkan aplikasi google map. Tempat wisata tersebut telah terdaftar di aplikasi google maps untuk memudahkan para wisatawan menemukan petunjuk arah.

Lihat juga Amazing Art World 3D

Caranya mudah yaitu membuka aplikasi google maps di Android Anda. Kemudian tentukan lokasi awal Anda dan lokasi tujuan Anda yang tertuju pada RHR IR. H. Juanda. Setelah itu, google maps akan memperlihatkan beberapa petunjuk arah yang dengan jarak yang paling dekat dan beberapa jalan alternatif lainnya.

Harga tiket untuk memasuki kawasan taman hutan terjangkau untuk seluruh kalangan. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 12.000 saja untuk wisatawan dalam negeri. Sedangkan biaya masuk untuk wisatawan luar negeri yaitu sebesar Rp. 76.000.

Selain tiket masuk, bagi Anda yang ingin mengikuti beberapa kegiatan disana akan akan dikenakan biaya mulai dari Rp. 50.000 hingga Rp. 150.000. Jam operasional tempat wisata yaitu mulai dari jam 06.00 hingga 18.00 WIB. Anda bisa berlibur sepuasnya di sana.

Objek Wisata Seru di Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda

Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda

  • Goa Jepang

Salah satu objek wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan yaitu Goa Jepang yang jaraknya hanya 600 meter dari pintu masuk. Objek wisata ini merupakan hasil jerih payah para pejuang yang dipaksa bekerja saat penjajah Jepang datang. Ketika penjajah jepang melakukan sistem kerja paksa atau Romusha. Bangunan ini sudah ada sejak tahun 1942 dengan goa yang memiliki 4 pintu dengan 2 saluran udara.

  • Curug Lalay

Curug Lalay memiliki ketinggian sekitar 30 meter yang lokasinya tersembunyi di kawasan lembah Taman Hutan Raya. Pada bagian sisi curug lalay terdapat sebuah cerukan yang mirip dengan Goa. Pada cerukan inilah banyak ditemukan binatang kelelawar, sehingga curug dinamakan dengan Curug Lalay.

  • Curug Omas

Curug Omas menyuguhkan pemandangan alam eksotis dengan keindahan air terjun yang memiliki tinggi sekitar 30 meter. Ditambah lagi dengan udara sejuk yang menemani membuat setiap orang ingin berlama-lama disana. Curug menjadi titik pertemuan dua aliran sungai yang ada di Bandung. Kedua aliran sungai tidak lain adalah sungai Cikawari dan sungai Cigulung kemudian menyatu membentuk jalur menjadi sungai Teras Cikapundung.

Anda perlu menempuh jarak sekitar 7 kilometer dari pintu masuk untuk sampai di Curug Omas. Jika Anda suka hiking, anda bisa memilih berjalan kaki untuk sampai di lokasi. Tetapi jika Anda ingin lebih menghemat waktu dan tenaga, Anda bisa menggunakan transportasi ojek dengan tarif sekitar Rp. 70.000 per orangnya.

  • Tebing Keraton

Selain ketiga objek tersebut, Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda juga memiliki tebing keraton yang tidak kalah menariknya. Tebing Keraton menjadi objek wisata di Bandung yang instagramable. Tidak heran jika banyak muda mudi yang berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. Tebing Keraton menawarkan keindahan matahari terbit dan matahari terbenam yang begitu eksotis.

  • Penangkaran Rusa

Bagi Anda yang ingin mengenalkan hewan pada sang buah hati, penangkaran rusa bisa menjadi pilihan yang tepat. Penangkaran Rusa yang ada di Taman Hutan Raya ini memperbolehkan para wisatawan untuk lebih dekat dengan rusa. Wisatawan juga diperbolehkan untuk memberikan makan binatang yang satu ini. Jenis rusa yang ada di penangkaran yaitu jenis rusa tutul.

  • Prasasti Batu Raja Thailand

Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda juga menawarkan benda sejarah seperti prasasti Batu Raja Thailand. Berdasarkan bukti sejarah, prasasti ini dibuat pada tahun 1818 Masehi oleh dua orang Raja yang berasal dari kerajaan Thailand.

Kedua raja pertama kali sampai di Curug Dago, kemudian begitu terpesona dengan keindahan yang disuguhkan oleh curug tersebut. Nah, untuk mengabadikan kunjungan kedua raja tersebut, dibuatlah prasasti yang langsung dibuat oleh kedua Raja. Kedua Raja tersebut bernama Raja Rama V dan Raja Rama VII dari dinasti kerajaan Chakri.

Lihat juga Wisata Curug Cimahi Di Bandung

Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda jadi pilihan terbaik untuk mengisi liburan Anda bersama keluarga. Selain menjadi wisata rekreasi, taman hutan raya ini menjadi pilihan baik sebagai wisata edukasi bagi sang buah hati. Sang buah hati tidak hanya sekedar berlibur saja, tetapi sekaligus mendapatkan wawasan luas mengenai berbagai hewan, penampakan alam dan sebagainya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *