Taman Kupu-Kupu Cihanjuang Bandung

Keindahan Taman Kupu-kupu Cihanjuang Bandung

Adakah diantara kalian yang sudah pernah mendengar istilah Taman Kupu-Kupu Cihanjuang Bandung?. Sebelumnya taman kupu-kupu ini merupakan sebuah lokasi wisata edukasi untuk anak-anak, sayangnya sekarang tempat ini sudah ditutup karena suatu hal. Jadi jika Anda sudah merencanakan liburan kesana membawa anak-anak, maka sebaiknya di cancel karena taman ini kini sudah beralih fungsi menjadi lokasi wedding dan lain hal.

Namun sebelum kita berbicara lebih lanjut mengenai taman kupu-kupu sebagai lokasi wedding, sebaiknya kita membahas Taman Kupu Kupu Cihanjuang Bandung ini lebih dalam lagi.

Seperti Apa Taman Kupu kupu Cihanjuang?

Taman Kupu-kupu Cihanjuang

Pada mulanya, Cihanjuang ini adalah objek wisata yang sangat populer di Lembang Bandung. Bahkan, jika hari libur sekolah tiba atau tanggal merah, tempat ini menjadi salah satu tujuan utama. Tempat ini menjadi tempat wisata edukasi anak-anak. Taman ini menjadi salah satu tempat konservasi serangga dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik.

Jika Anda datang kesini, Anda akan menemukan ragam fasilitas seperti Ballroom, Cafe, Taman, Area Bermain anak-anak Warung Green House, Gedung yang menarik dan lain-lain. Karena itu sebelumnya tempat ini menjadi favorit tempat wisata anak-anak dan keluarga.

Ide pertama kenapa dibuatkan taman kupu-kupu yakni karena populasi atau keberadaan kupu-kupu hampir punah. Karena itu dibuatlah taman kupu-kupu di Cihanjuang ini. Anda bisa bayangkan waktu Anda kecil dulu, betapa mudahnya Anda menjumpai kupu-kupu di udara bebas, namun kini kapan terakhir kali Anda menjumpainya? Karena itulah, dibuatkan museum atau lokasi pemeliharaan kupu-kupu.

Lihat juga Museum Geologi Bandung

Sebelumnya, taman kupu-kupu Cihanjuang  ini dibangun di lahan seluas 1.800 meter persegi di lokasi yang sejuk. Selain itu lokasinya memiliki desain yang modern dan asyik untuk berwisata bersama keluarga. Banyak dari orang tua yang datang kesini berharap bahwa anak-anaknya bisa belajar langsung mengenai metamorfosis kupu-kupu. Dari mulai bibit larva hingga sempurna sebagai kupu-kupu.

Di lokasi ini anak-anak bisa menjumpai aneka bentuk, warna dan jenis kupu-kupu yang ada. Menarik bukan? Selain anak-anak bisa berwisata, mereka juga sekaligus belajar mengenai sesuatu tentang alam,  tentang kupu-kupu. Jika ini dilakukan, anak-anak bisa belajar mencintai lingkungan hidup dan mencintainya. Sebuah model pendidikan yang pantas untuk di contoh. Sayangnya wisata taman kupu-kupu ini sudah tidak lagi beroperasi.

Namun meski tidak lagi menjadi taman kupu-kupu, tidak ada salahnya mengetahui taman kupu-kupu ini sebelum ditutup. Dahulu, perkembangbiakan kupu-kupu di sini menggunakan jangkar. Selain itu, wisatawan yang datang kesini akan diperlihatkan ragam jenis kupu-kupu yang sudah dikategorikan sebagai jenis kupu-kupu langka. Selain itu, di tempat ini juga tersedia ragam souvenir kupu-kupu yang tentu sangat menyenangkan untuk anak-anak.

Salah Satu Lokasi Wedding Recommended

Setelah wisata edukasi Taman Kupu-kupu ditutup, taman ini kini berubah menjadi lokasi wedding dan berbagai acara. Bahkan jauh sebelum di tutup pun, tempat ini sudah menjadi lokasi foto pre-wedding atau juga sebagai lokasi pernikahan. Banyak pasangan muda-mudi yang hendak melangsungkan janji suci mereka memilih tempat ini.

Seperti yang sudah disinggung di awal jika taman ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas dimana salah satunya yakni adanya ruang serbaguna. Di ruang inilah biasanya dilangsungkan upacara resepsi pernikahan atau berbagai acara lainnya.

Alasan Memilih Taman Kupu-kupu Sebagai Lokasi Wedding

Lokasi Taman Kupu-Kupu Cihanjuang

Biasanya di musim-musim pernikahan, banyak yang kehabisan tempat untuk melangsungkan acara pernikahan. Nah, jika hal ini terjadi pula dengan Anda, jangan dahulu putus asa karena ternyata di taman kupu-kupu ini Anda juga bisa melangsungkan pernikahan yang tidak kalah meriah dengan acara pernikahan yang terjadi di gedung-gedung mewah.

Di sini, Anda bisa melangsungkan pernikahan dengan bertemakan garden wedding. Selain itu, lokasi ini cukup ramah di kantong untuk melangsungkan pernikahan dibandingkan dengan gedung-gedung atau lokasi wedding lainnya.

Selain itu, arsitektur gedungnya yang berupa pendopo sangat artistik dan instagrammable. Semua sisi-sisi yang ada dilengkapi dengan kaca dan bisa dibuka sehingga nuansa outdoornya masih terasa. Anda bahkan tidak perlu menyewa tenda sebab pelaminan dan catering bisa langsung menggunakan pendopo. Selain itu, AC juga tidak diperlukan di sini karena sirkulasi udara cukup baik. Sementara itu, untuk foto booth, Anda bisa menggunakan area taman.

Selain bertemakan wedding garden, di lokasi ini juga sangat tepat untuk pernikahan model private party. Harga gedung disini sekitar Rp 7-10 juta sudah termasuk dengan parkir yang luas, listrik, kursi 100 cs dan berbagai baya lainnya seperti biaya kebersihan. Itulah kenapa banyak yang menggunakan Taman Kupu-Kupu Cihanjuang Bandung ini sebagai lokasi wedding party atau bahkan sekadar untuk pengambilan foto pre-wedding.

Lokasi Taman Kupu-kupu Cihanjuang

Jika Anda tertarik untuk datang kesini, Anda bisa langsung datang ke lokasinya yang terletak di Jl. Cihanjuang KM 3.3N. 58 Desa Cibaligo, Porongpong, Bandung. Lokasinya tidak begitu sulit untuk dijangkau dan Anda bisa dengan mudah menemukannya. Apalagi zaman sekarang yang sudah tersedia google map, dan berbagai aplikasi penunjuk jalan. Dan untuk transportasi, tidak perlu risau karena banyak tersedia transportasi online yang memudahkan Anda.

Lihat juga Legok Kondang Glamping

Jadi begitu teman-teman, tidak perlu kecewa karena Taman Kupu-Kupu sudah tidak lagi menjadi tempat wisata edukasi anak-anak. Karena, di sini Taman Kupu-Kupu Cihanjuang Bandung kini digunakan untuk hal lainnya yakni sebagai lokasi wedding seperti yang sudah dijelaskan di paragraf sebelumnya. Namun lokasi ini bisa juga digunakan untuk hal lainnya seperti event-event tertentu, birthday party dan berbagai event lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *