Patung Taman Lansia

Taman Lansia Sebagai Destinasi Wisata Free Terbaik di Bandung

Taman Lansia Bandung atau lebih dikenal juga dengan taman cisangkuy merupakan taman yang mempunyai konsep revitalisasi dan lansia. Namun keberadaan taman tersebut mempunyai makna lain dan bukan hanya sekedar taman belaka. Fasilitas yang tersedia di taman sangat kompleks dan mempunyai keunikan tersendiri.

Lokasi Taman Lansia Bandung

Lokasi Taman Lansia

Lansia Park Bandung terletak di Jl Cisangkuy, Citarum, Bandung Wetan, Bandung. Ada berbagai macam rute jalan untuk menuju ke Lansia Park Bandung atau taman Cisangkuy. Dapat menggunakan kendaraan pribadi dan angkutan umum.

Untuk pengguna kendaraan pribadi lebih baik memanfaatkan petunjuk jalan Google map. Selain lebih praktis, rute jalan yang tersedia juga sangat tepat. Bahkan dapat memilih rute jalan tercepat. Ataupun dapat menunjukkan jalan pintas ketika jalan yang dilalui macet.

Sementara pengguna angkutan umum dapat menggunakan bus. Ada 3 buah halte terdekat dengan destinasi wisata tersebut.

Halte pertama adalah halte Perpustakaan Kementerian ESDM yang terletak di Jalan Diponegoro. Lansia Park terletak di seberang jalan tersebut, jadi hanya tinggal menyeberang untuk menuju ke destinasi. Dapat juga mengunjungi Perpustakaan Kementerian ESDM dahulu. Sebab gedung perpustakaan berada tepat di depan Lansia Park Bandung.

Lihat juga Danau Situ Cisanti Bandung

Halte kedua adalah halte taman sendiri. Halte tersebut juga terletak di Jl Diponegoro. Walaupun lokasi Lansia Park Bandung terletak di Jl Cisangkuy, taman tersebut juga melintasi jalan Diponegoro.

Sementara halte yang terakhir adalah halte Anak kecil FO. Halte tersebut terletak di Jl Hayam Wuruk. Untuk menuju ke lokasi, hanya berjalan kaki selama beberapa menit menuju ke arah Lansia Park Bandung.

Selain jalan Cisangkuy, Lansia Park juga terdapat di beberapa sepanjang jalan lain. Jalan tersebut adalah jalan Diponegoro, jalan Cilaki dan jalan Cimanuk.

Tarif Tiket Masuk Taman Lansia Bandung

Waktu operasional Lansia Park adalah 24 jam non stop. Taman tersebut juga merupakan taman umum yang bebas. Sehingga siapa pun dapat mengunjungi taman tersebut setiap saat.

Namun jarang ada pengunjung yang berada di taman tersebut ketika larut. Selain kondisi taman yang remang – remang hanya dengan cahaya lampu. Pada larut malam juga sama sekali tidak terdapat angkutan umum sama sekali. Jadi harus menunggu hingga pagi supaya mendapat angkutan umum untuk pulang.

Fasilitas Taman Lansia Bandung

Fasilitas di Taman Lansia

Lansia Park terdapat fasilitas yang sangat lengkap. Mulai dari fasilitas anak – anak hingga fasilitas khusus untuk para lansia. Walaupun taman tersebut bernama Lansia, namun taman Cisangkuy adalah taman yang dapat dipergunakan segala usia.

Salah satu fasilitas yang tersedia di taman tersebut adalah akses Free wifi. Layanan free wifi tersebut juga tidak memerlukan nama akun pengguna dan kata sandi apapun. Jadi hanya tinggal login dan menghubungkan koneksi.

Dengan adanya akses Free wifi membuat taman tersebut menjadi buronan remaja untuk berkumpul. Entah untuk keperluan komunitas, sekolah ataupun pekerjaan.

Di taman tersebut juga tersedia berbagai spot foto yang menarik dan kekinian. Jadi dapat menghadiri sepanjang hari untuk mengeksplorasi taman tersebut. Dengan lokasi taman yang cukup luas, membuat para pengunjung dapat leluasa dan bebas memilih tempat yang paling nyaman.

Salah satu spot foto yang menjadi pusat perhatian adalah patung dinosaurus. Dengan mempunyai ukuran yang besar membuat patung tersebut menjadi spot utama. Jenis dinosaurus dari patung tersebut adalah T Rex atau tirano saurus. Tampilan dari patung juga menggambarkan deskripsi T Rex yang khas dengan hewan predator.

Walaupun jenis dinosaurus tersebut adalah raja hewan purbakala, tetapi patung T Rex di taman sama sekali tidak menakutkan. Bahkan menjadi spot foto utama setiap pengunjung yang datang.

Taman Lansia juga terdapat 2 buah danau buatan. Pembuatan danau pun dipelopori secara langsung oleh wali kota Bandung Ridwan Kamil. Pembuatan danau sendiri bertujuan untuk penanggulangan banjir dan penampungan air hujan.

Sehingga air hujan tidak menyebar ke jalanan dan menyebabkan banjir. Hal tersebut sangat bermanfaat dan resiko banjir di daerah Ciluencang pun dapat teratasi.

2 buah danau buatan di wilayah taman mempunyai ukuran yang berbeda. Danau pertama dengan ukuran luas sebesar ±1.397 m. Sementara danau kedua mempunyai ukuran yang lebih kecil, yaitu sekitar ±698 m.

Fasilitas lain yang tersedia di Lansia Park Bandung adalah Cafe yang menyediakan berbagai macam olahan makanan. Mulai dari kreasi makanan tradisional maupun kuliner kekinian tersedia di Cafe.

Di sepanjang jalan taman merupakan area jogging track dan cycling. Selain itu juga terdapat sewa kuda dan sepeda. Jadi pengunjung dapat berkeliling taman dengan bersepeda atau menunggangi kuda.

Jalan setapak taman juga dipenuhi dengan batu kecil. Jalan tersebut diperuntukkan bagi para lansia. Sebab berjalan di atas batu refleksi dapat menurunkan hipertensi dan baik untuk kesehatan jantung serta kebugaran tubuh dan tulang.

Di taman juga terdapat berbagai fasilitas umum seperti bangku, tempat sampah, area parkir hingga toilet umum. Lalu tersedia juga berbagai macam fasilitas penunjang lain yang dapat digunakan umum.

Things To Do At Lansia Park Bandung

Ada berbagai macam aktivitas yang dapat dilakukan di wilayah taman, seperti jogging dan cycling. Lalu para lansia juga dapat terapi pijat refleksi kaki dengan berjalan di atas jalan setapak yang penuh dengan batu refleksi. Para pengunjung juga dapat hunting foto sepuasnya di berbagai macam area spot foto seperti spot T Rex dan robotics.

Lihat juga Glamping Lakeside Rancabali

Dengan berbagai macam fasilitas yang tersedia, taman Lansia merupakan destinasi wisata utama dari kota Bandung. Terlebih lagi dengan tidak ada tiket masuk dalam destinasi wisata tersebut.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *