Wisata Taman Miniatur Kereta Api

Taman Miniatur Kereta Api Terbesar di Lembang

Taman Miniatur Kereta Api yang berada di Lembang, Bandung ini merupakan  salah satu yang terbesar. Taman ini tepatnya terletak di Jalan Grand Hotel no 33 E atau bisa ditemukan di floating market Lembang. Taman miniature ini adalah taman miniatur kereta api yang terbesar di Indonesia dan hanya ssatu-satunya. Taman ini berada di floating market Bandung.

Desain taman yang sangat eksotis ini menambah keindahan dan juga menarik para pengunjung. Selain mengunjungi floating market, taman miniatur kereta api ini juga menjadi primadona. Banyak anak-anak yang menyukai taman miniature ini.

Sesungguhnya, taman miniature ini adalah salah satu wahana atau atraksi tambahan yang ada di floating market. Miniatur kereta api pada taman ini di desain dengan perbandingan 1 : 24 sehingga membuat taman ini menjadi tampak nyata.

Taman ini merupakan miniatur atau replika stasiun dan jalur kereta api. Salah satu yang menjadi daya tarik dari taman ini adalah beberapa kereta api. Kereta-kereta tersebut sedang berada di atas rel yang di desain melingkar dan berkelok.

Atraksi dalam Taman Miniatur Kereta Api

Taman Miniatur Kereta Api

Taman yang berada di dalam floating market Lembang ini merupakan salah satu gagasan wali kota Bandung. Ridwan Kamil atau yang lebih dikenal sebagai Kang Emil merupakan penggagas pembangunan taman di Kota Bandung.

Lihat juga Taman Film Bandung

Kreativitas dan juga inovasi yang ditawarkan memang sangat bermanfaat bagi warga masyarakat Bandung. Seluruh taman yang telah dibangun di Bandung ini memiliki fungsinya masing-masing. Terlebih lagi, taman di Bandung merupakan tempat wisata dan juga edukasi.

Selain Taman miniatur kereta api, di dalam floating market ini juga terdapat beragam atraksi dan wahana lainnya. Sebagai tempat rekreasi, memang sudah selayaknya dibangun bermacam-macam wahana dan atraksi yang dapat menarik minat pengunjung.

Jadi, di sekitar Taman miniatur kereta api ini terdapat beberapa atraksi. Atraksi tersebut yakni kereta air, flying fox, paddle Boat, sepeda air, taman kelinci, dan sebagainya. Atraksi-atraksi tersebut bisa dinikmati baik bagi anak-anak maupun dewasa. Jadi, tempat ini memang sangat cocok untuk rekreasi bersama keluarga. Pilihan atraksi yang banyak ini membuat pengunjung juga nyaman dan tidak bosan.

Dengan banyaknya atraksi yang ditawarkan di sini, maka pengunjung akan semakin betah. Selain itu, banyaknya atraksi juga akn menarik pengunjung untuk datang. Hal ini juga akan membawa dampak positif atas inovasi di era pemerintahan Ridwan Kamil.

Berlibur Sambil Belajar di Taman Miniatur Kereta Api

Taman Miniatur Kereta Api Bandung

Miniature yang dibangun di taman ini terlihat sangat nyata. Misalnya bangunan stasiun yang didesain sedemikian rupa sehingga menyamai bentuk dan rupa aslinya. Selain itu, bangunan-bangunan tersebut juga sangat menarik untuk dilihat.

Taman Miniatur Kereta Api terkesan rapi dan indah karena detail di setiap bangunan. Terlebih ketika anak-anak mengunjungi taman ini, mereka akan merasa takjub dengan semua yang ada di taman miniatur kereta api ini. Anak-anak tidak hanya merasa terhibur dengan melihat miniature tersebut. Tapi mereka juga akan memiliki satu pengalaman yang tak akan terlupakan.

Selagi melihat miniatur kereta api dan semua bangunannya, pengunjung juga bisa mempelajari sejarah kereta api. Sejarah tersebut dapat dibaca di setiap miniatur kereta dan bangunan stasiun. Terdapat informasi yang lengkap tak hanya tentang kereta api, tapi juga sejarah perkeretaapian di Indonesia.

Selain bangunan dan kereta, di taman ini juga di desain dengan sangat jelas setiap rumput, bebatuan, bukit, dan jalanan. Tak kalah pentingnya juga beberapa ornamen menara pengawas kereta, pabrik, pom bensin, terowongan, dan lainnya. Ornamen dekorasi inilah yang juga menjadikan taman miniatur kereta api ini lebih hidup.

Selain memiliki fungsi edukasi, taman miniature ini juga menjadi salah satu spot foto terfavorit. Banyak para pengunjung yang juga mengambil foto dengan latar belakang taman ini. Taman ini juga dipenuhi tidak hanya oleh pelanggan tapi juga penjual oleh-oleh. Oleh-oleh tersebut bisa jadi cinderamata, pernak-pernik khas Bandung, hingga kuliner khas.

Waktu yang Tepat untuk Berkunjung ke Taman Miniatur Kereta Api

Taman miniatur kereta ini berada di area floating market. Sehingga, bagi para pengunjung yang ingin ke Taman ini, haruslah membeli tiket terlebih dahulu. Tiket dapat dibeli saat masuk di pintu masuk floating market. Satu tiket ini sudah cukup untuk menikmati berbagai atraksi dan wahana di dalam floating market.

Untuk harga tiket masuk ke floating market, adalah sebesar Rp 15.000 per orang. Dengan harga yang cukup terjangkau ini, pengunjung juga akan mendapatkan minuman gratis.  Tempat rekreasi keluarga ini buka di hari senin hingga minggu. Namun terdapat jam operasional tertentu yang harus dicermati.

Pada hari Senin hingga Kamis, tempat ini buka dari pukul 9 pagi hingga jam 5 sore. Kemudian, pada hari Jumat dan Sabtu, jam operasionalnya adalah jam 9 pagi hingga jam 8 malam. Untuk hari minggu, tempat ini mulai beroperasi jam 8 pagi hingga jam 8 malam. Biasanya pengunjung lebih ramai akan datang di hari minggu.

Lihat juga Curug Siliwangi Bandung

Taman Miniatur Kereta Api bukan hanya sekedar tempat berlibur bersama keluarga. Taman ini juga bisa menjadi salah satu sarana edukasi bagi anak. Pengunjung dapat mengenalkan berbagai macam kereta, nama stasiun, jalur kereta, dan sebagainya kepada anak. Di era sekarang, anak lebih memilih gadget daripada melakukan hal yang bermanfaat. Dengan mengunjungi taman miniatur kereta api ini diharapkan anak-anak akan lebih kreatif dan inovatif.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *