Taman Tegalega

Taman Tegalega, Tempat Wisata Luas yang Indah

Taman Tegalega merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di desa Astananyar yang menyuguhkan berbagai wahana menarik siap menemani liburan Anda. Ketika hari biasa atau hari kerja tempat wisata ini ramai dikunjungi. Apalagi ketika Anda mengunjungi ketika hari liburan atau weekend, tentu wisata akan dipadati oleh para pengunjung.

Lokasi dan Rute Menuju Taman Tegalega

Taman Tegalega berada di Jalan Otto Iskandar Dinata Nomor  592, Desa Astananyar, Kec. Regol, Kota Bandung. Tegalega diambil dari bahasa sunda artinya lapangan yang luas. Taman yang ada di Kota Bandung ini sudah melewati tahap renovasi. Sangat disayangkan jika Anda sebagai warga Bandung tapi belum pernah menginjakan kaki di taman Tegalega ini.

Anda bisa menggunakan kendaraan umum untuk menuju ke Taman Tegalega dengan mudah. Menggunakan bus umum atau angkutan lainnya bukan masalah yang besar. Karena Anda bisa berhenti tepat di terminal bus kota maupun desa tujuan Anda. Dengan teknologi yang semakin maju, Anda bisa memanfaatkan ojek online untuk sampai di lokasi.

Lihat juga Taman Miniatur Kereta Api

Lokasi wisata yang ada di kota Bandung ini menjadikan taman tegalega mudah untuk didatangi. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 52 menit saja dari Gym Master. Dari gym Anda jalan menuju Jalan Raya Baros 57 kemudian naik bus Cimahi-Cangkorah atau Soreang-Cimahi. Setelah itu turun di Jalan Sriwijaya Raya E18 dan menaiki bus Cimahi-Stasiun Hall kemudian turun di Pasar Induk Caringin. Nah, dari pasar ini naik kendaraan sekitar 7 menit untuk sampai di taman Tegalega.

Jika Anda mengendarai kendaraan pribadi, rute perjalanan yang akan Anda tempuh tentu cukup mudah. Anda bisa membuka aplikasi google map kemudian ketikan Taman Tegalega. Nah, Anda tinggal mengikuti petunjuk arah yang sudah tergambar di google maps tersebut.

Daya Tarik Indah Taman Tegalega

Taman Tegalega Bandung

Banyak hal yang bisa Anda lakukan di Taman Tegalega. Daya tarik dari taman yang berhasil memikat hati membuat taman tidak pernah sepi dari pengunjung. Pesona terpancar dari wisata tidak ada duanya. Tidak hanya pemandangan yang indah saja, tetapi penduduk loka sangar ramah tamah sehingga pengunjung akan semakin betah berlama-lama disana.

Pengunjung yang datang tidak hanya dari dalam negeri saja, tetapi juga banyak ditemukan pengunjung dari luar negeri. Taman ini bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda dan keluarga menghabiskan liburan akhir pekan. Nikmati indahnya taman bunga dan berdiri diatas tanah yang luasnya sekitar 16 hektar ini.

Tega dalam bahasa Sunda artinya sebuah lapangan dan Lega berarti luas. Sehingga Teman Tegalega mempunyai arti lapangan yang sangat luas. Taman dulunya pernah dijadikan sebagai pacuan kuda. Lapangan Tegalega saat ini tidak hanya menyuguhkan sisi cerita sejarah mengenai Museum Sri Bagunda, Museum Geologi dan Observarium Bosscha saja.

Monumen bersejarah yang berdiri tegak di Taman Tegalega menjadi simbol bagaimana gigih dan heroiknya warga Bandung ketika merebut dan mempertahankan NKRI. Monumen berjeraha tersebut tidak lain adalah Monumen Bandung Lautan Api.

Di Taman yang luas ini juga terdapat lapangan khusus yang digunakan untuk olahraga atletik. Masyarakat Bandung biasanya melakukan olahraga atletik disana. Jika Anda ingin mencoba berolahraga di lapangan khusus tersebut, Anda akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp. 3.000 per jam pada hari biasa. Jika ingin mengunjungi ketika hari libur atau akhir pekan, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000 saja perjamnya.

Taman Tegalega menyuguhkan berbagai wahana wisata dan spot foto menarik yang siap menemani pose foto Anda. Di tengah-tengah wisata terdapat 20 replika dinosaurus. Replika Dinosaurus ini berfungsi sebagai lampion ketika malam tiba.

Selain itu, taman bunga yang indah tertata rapi di sekitar taman. Sehingga pengunjung akan betah berlama-lama disana. Selain taman dengan berbagai objeknya, Tegalega juga menyuguhkan kolam yang bernama Tirtalega. Kolam tersebut menjadi destinasi wisata air yang populer di kalangan masyarakat kota Bandung. Di dalam kolam renang juga menawarkan beberapa wahana air seperti Karang Setra dan Penghegar Waterboom.

Fasilitas Memadai di Taman Tegalega

Fasilitas di Taman Tegalega

Fasilitas di Taman Tegalega cukup memadai dan terawat dengan baik. Fasilitas umum yang selalu ditanyakan oleh pengunjung atau wisatawan adalah kamar mandi atau toilet umum. Nah, pada taman yang luas ini juga terdapat toilet umum yang bisa digunakan oleh para pengunjung.

Bagi umat muslim yang ingin berlama-lama di Taman Tegalega tentu sangat bisa dilakukan tanpa perlu meninggalkan ibadahnya. Taman ini menyediakan mushola umum lengkap dengan mukena dan sarung yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung.

Teman Tegalega memang memiliki tanah yang sangat luas, tentunya anda tidak perlu khawatir dengan kendaraan pribadi Anda. Karena area parkir di Taman Tegalega juga memiliki area yang luas. Taman tegalega juga dekat dengan beberapa tempat wisata lain sehingga pengunjung bisa bermalam di penginapan yang ada disekitar taman.

Jika Anda suka dengan wisata air, Taman Tegalega pun juga memfasilitasinya yaitu dengan adanya kolam renang Tirtalega. Kolam renang memiliki area yang cukup luas yaitu sekitar 1,65 hektar. Kolam renang ini juga terdapat wahana air seperti Karang Setra, Panghegar Waterboom dan sebagainya.

Lihat juga Taman Film Bandung

Taman Tegalega bisa menjadi alternatif liburan Anda bersama keluarga. Anda bisa sekedar bersantai sambil menikmati pemandangan bunga yang indah. Ataupun melakukan kegiatan lain seperti berolahraga dan berenang. Selain taman tegalega, Anda juga bisa singgah sejenak di beberapa wisata yang letaknya tidak jauh dari taman ini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *