Tebing Citatah Bandung, Keunikan Batu Kapur Sayang Untuk Dilewatkan

Sudah sangat terkenal bahwa banyak spot wisata alam yang ada di kota Bandung. Salah satu spot wisata yang cukup memacu andrenalin di daerah tersebut yaitu panjat tebing, tepatnya di tebing citatah Bandung.  Tempat wisata tebing citatah ini memang telah sejak lama menjadi salah satu favorit para pencinta olahraga panjat tebing. Selain itu juga menjadi bagian sejarah perkembangan olahraga panjat tebing di Indonesia.

Citatah merupakan tempat wisata  Bandung yang wajib dikunjungi bagi para wisatawan yang hobi panjat tebing. Tebing ini memiliki karakteristik batuan kapur ini dapat menjadi alternatif wisata  untuk mengisi liburan panjang. Tebing Citatah Bandung ini memiliki karakteristik batuan kapur yang aman untuk di panjat.

 Lokasi Dan Akses Tebing Citatah Bandung

Banyak sekali tempat panjat tebing di Bandung yang merupakan tujuan para wisatawan dan Tebing Citatah masuk dalam daftar tujuan favorit wisatawan. Sehingga  tidak heran jika tebing citatah ini selalu ramai untuk dikunjungi para pemanjat tebing dari dalam  maupun luar kota.

Lokasi tebing citatah tepatnya berada di dusun Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Untuk tiba lokasi tebing citatah ini, dapat ditempuh menggunakan kendaraan sepeda motor roda dua ataupun roda empat. Untuk ke lokasi ini sebaiknya anda sewa mobil di Bandung karena nanti perjalanan akan lebih nyaman dan mudah.

Jika dari luar kota seperti halnya Kota Jakarta perjalanan dapat dimulai dari Terminal Kampung Rambutan dengan menggunakan bus menuju Bandung. Perjalanan dapat melewati  Tol Ciawi ataupun dari Tol Cipularang, minta bus untuk berhenti di depan sebuah Pabrik Multi Marmer Alam. Selain itu bisa juga melalui akses pintu keluar Tol Padalarang (Pintu keluar Tol Cipulalarang dari arah Jakarta).

Kemudian dilanjutkan menggunakan angkutan umum kota menuju Raja Mandala minta untuk turun di depan Pabrik Marmer Alam. Dari Jakarta menuju ke tebing Citatah membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 3 hingga 4 jam perjalanan. Dengan biaya tarif bus sekitar 30.000 hingga 50.000 perorang.

Untuk anda yang datang ke tempat ini dengan rombongan, maka akan sangat sulit jika harus naik angkutan umum. Maka solusinya anda bisa sewa bus di Bandung. Salah satu jasa yang terpercaya dan dapat di andalkan di Bandung yaitu tourbandung.id. Banyak pilihan mobil serta sudah tersedia sopir juga plus BBM.

Keunikan Tebing Citatah Bandung

Wisata Perbukitan Citatah – Padalarang merupakan tempat wisata yang harus dikunjungi karena menawarkan pesona keindahannya yang tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah tebing citatah juga begitu ramah tamah terhadap para wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Tebing Citatah adalah suatu lokasi tebing yang ada di lokasi Citatah di Kabupaten Bandung Barat, tepatnya di 5 km Padalarang. Dengan morfologi kawasan yang cukup berbukit dan terbentuk dari kapur sebagian besar menjadikan tebing Citatah terlihat berbeda dengan bukit-bukit yang ada pada umumnya.

Jangan lupa untuk kunjungi juga: Tebing Keraton Bandung

Selain terkenal dengan beragam spot yang cukup menarik untuk dijadikan foto Perbukitan Karst/Kapur Citatah juga cukup terkenal dengan adanya gunung kapurnya yang masih  produktif. Kalau para pecinta olahraga panjat tebing nantinya akan cukup familiar dengan tebing Citatah 48.

Tebing Citatah 48 ini  mempunyai ciri khas yang membedakannya dengan beberapa tebing-tebing yang lainnya. Ciri khas tersebut yaitu terdapatnya sebuah tugu berbentuk pisau belati yang menancap tepat di puncak tebing. Tugu Pisau belati raksasa ini merupakan ciri khas yang sangat mencolok.

Karakteristik Tiga Jenis Tebing Citatah Bandung

Terdapat tiga tebing utama yang dapat digunakan untuk pemanjatan, yaitu tebing Citatah 48, tebing Citatah 90 serta tebing Citatah 125. Tebing tersebut diberi nama sesuai ukuran ketinggiannya.

Tebing Citatah 125 ini adalah tebing yang paling populer dari ketiga tebing lainnya di kalangan pemanjat. Hal tersebut dikarenana tebing memiliki ketinggian yang ideal untuk pemanjatan dan jalur pemanjatan yang variatif. Di ketinggian 30 meter dari tebing  ini goa alami yang dapat digunakan untuk melakukan kepentingan pemanjatan. Selain itu bisa juga sebagai tempat beristirahat bagi para pemanjat. Untuk lebih jelasnya berikut ini karaktersistik tebing Citatah Bandung :

1. Tebing Citatah 48

Kawasan tebing citatah 48 memiliki nama resmi Gunung Manik yang terletak di Jl. Pamucatan Raya Bandung. Dinamakan tebing Citatah 48 karena memiliki ketinggian tebing di kawasan ini yang berkisar antara 40 hinnga 50 meter, Tebing berjenis batuan karst yang ini mempunyai sekitar 25 jalur panjat dengan tingkat kesulitan yang cukup bervariasi.

Sebuah tugu yang berbentuk pisau belati akan berada di puncak tebing sekaligus menjadi ciri khas kawasan tebing citatah 48 ini.  Jika memanjat dari Tebing Citatah 125 akan membutuhkan waktu 15 menit perjalanan menuju ke Citatah 48 ini.

Untuk dapat memanjat tebing yang terkenal dengan nama tebing komando ini terlebih dahulu harus mendapatkan izin dari Pusat Pendidikan Latihan Pasukan Khusus atau PUSDIPASSU. Kawasan tebing citatah 48 ini memang sering dijadikan tempat latihan bagi para prajurit yang berada dibawah pengawasan Kopassus di Batu Jajar. Surat izin kegiatan tersebut harus diajukan jauh-jauh hari sebelumnya, lebih kurang sekitar 1 bulan karena akan melewati proses yang cukup lama.

2. Tebing Citatah 90

Lokasi tebing yang satu ini letaknya tidak jauh dari jalan raya Bandung – Cianjur, jika dari jalan arah menuju Cianjur terletak disebelah kanan, nanti akan terlihat 3 tower yang berbeda dengan ketinggian, tower yang berada di tengah itulah tebing citatah 90 dengan ketinggiannya kurang lebih sekitar 90 meter.

Nama resmi lokasi area panjat tebing ini adalah Gunung Pabeasa, tebing yang memiliki karakter batuan Karts ini merupakan jalur alternatif para pemanjat yang berada diantara 2 lokasi tebing lainnya. Yaitu antara tebing citatah 48 yang agak sulit perizinannya dengan tebing Citatah 125 yang selalu ramai oleh para pemanjat.

Untuk saat ini hanya terdapat sekitar 4 hingga 5 jalur yang dapat dilewati untuk memanjat tebing ini. Jalur panjat di kawasan tebing ini lumayan banyak, namun hanya jalan masuknya sebagian perlu di rebolt, karena kawasan tebing citatah 90 ini, lokasinya sudah banyak yang tergusur pabrik.

Tebing di kawasan ini, juga banyak ditumbuhi pepohonan. Oleh sebab itu, mengapa lokasi tebing citatah 90 kurang dimintai oleh para pemanjat untuk digunakan dan tidak terlalu populer dari 2 lokasi tebing lain yang menjadi tetangganya. Untuk memanjat tebing 90 ini tidak perlu perizinan dari instansi khusus. Namun hanya perlu ke warga setempat yang berada di warung – warung dan di pinggir jalan dekat lokasi tebing.

3. Tebing Citatah 125

Lokasi tebing citatah 25 berada di kawasan Gunung Singgalang dan menjadi lokasi tertinggi dari lokasi tebing lainnya di kawasan Citatah yaitu dengan ketinggian sekitar 125 meter serta menjadi lokasi paling difavoritkan pagi para pemanjat tebing dibanding dua lokasi lainnya.

Sering pula, tempat ini dijadikan tempat pendidikan atau pelatihan bagi para pemanjat yang berada di seputaran Bandung maupun  Jabodetabek. Untuk dapat menggunakan Tebing Citatah 125 ini, tidak perlu perlu perizinan khusus dari instans, hanya perlu meminta izin kepada ketua RT ataupun pengurus Karang Taruna Pabeasan yang tinggal di sekitar tebing citatah 125.

Lihat juga wisata sejarah bandung

Ciri khas tebing citatah 125 ini adalah pada ketinggian 30 meter ada sebuah goa tembus yang ada di picth yang dapat di jadikan sebagai tempat peristirahatan ketika memanjat sambil menikmati panorama alam sekitar kawasan tersebut. Terdapat pula banyak jalur di lokasi tebing ini dengan tingkat kesulitan yang cukup variatif sehingga sangat cocok bagi pemanjat pemula maupun pemanjat yang sudah mahir.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *